Pinkan Mambo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pinkan Mambo
LahirPinkan Ratnasari Mambo
11 November 1980 (umur 41)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
AlmamaterUniversitas Trisakti
Pekerjaan
Suami/istri
  • Mayzal Reza Tobroni
    (m. 2004; c. 2004)
  • Sandy Sanjaya
    (m. 2005; c. 2009)
  • Steve Wantania
    (m. 2013)
Anak
  • Pernikahan dengan Sandy Sanjaya:
  • Alfa Rezel
  • Michelle Ashley Rezya
  • Pernikahan dengan Steve Wantania:
  • Queen Chara Wantania
  • King Luke Wantania
  • Queen Abby Wantania
Orang tuaYoke F. Mambo
Deetje Syarif
Karier musik
Genre
Tahun aktif1999–sekarang
LabelSony BMG Music Entertainment
Mantan anggotaRatu

Pinkan Ratnasari Mambo (lahir 11 November 1980) adalah penyanyi pop berkebangsaan Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ratu[sunting | sunting sumber]

Pinkan sebelumnya dikenal sebagai vokalis grup duo Ratu pada tahun 1999 bersama Maia Estianty. Sebelum bergabung dengan Ratu, Pinkan adalah penyanyi latar grup band Dewa 19, yang digawangi oleh suami Maia Ahmad, Ahmad Dhani. Pinkan kemudian mengundurkan diri dari Ratu akhir tahun 2004 dan memilih untuk bersolo karier. Bersama Ratu, Pinkan sempat menelurkan satu album, Bersama (2003).

Karier solo[sunting | sunting sumber]

Singel pertama Pinkan dalam karier solonya adalah "Cinta Takkan Usai" ciptaan musisi berbakat Glenn Fredly. Single tersebut merupakan bagian dari album kompilasi berjudul "Best Female Idol", yang secara resmi diluncurkan 1 Desember 2004.[1] Album ini berisi lagu-lagu dari penyanyi wanita kenamaan, antara lain Bukan Cinta Biasa (Siti Nurhaliza), Perempuan Ini (Audy), Tegar (Rossa), Bicara Cinta (Ruth Sahanaya), Kembali (Anggun), dan Kisah Sedih Di Hari Minggu (Marshanda).

Tahun 2006 akhirnya Pinkan merilis album perdananya bertajuk Aku Tahu Rasanya. Album ini merupakan sebuah rangkuman kisah hidupnya dua tahun belakangan yang dituturkan dalam indahnya warna warni Pop, disko, RnB hingga nuansa rock. Album ini diproduseri oleh Pinkan sendiri bersama Senior A&R Director SONY BMG Indonesia, Jan N Djuhana.

Single pertama dari album ini adalah lagu berjudul "Dirimu Dirinya". Musik dan lirik dari lagu ini digubah oleh penulis lagu mumpuni, Melly Goeslaw. Selain Melly, beberapa musisi ternama juga membantu dalam album ini antara lain, Trie Utami menulis lagu "Aku Tahu Rasanya" yang berirama rock, diaransemen oleh DJ Sumantri dan napas rock-eighties-nya semakin terasa oleh cabikan gitar Edi Kemput. Irama yang fun dan beat RnB yang kental terdengar di lagu "Menyentuh Awan" karya Adam Sheila on 7. Lagu "Caraku Mencintaimu" ditulis Yton Clubeighties dan "Biar Kau Tau Rasa" ditulis Rieka Roeslan.

Di album ini, Pinkan juga mengajak finalis Indonesian Idol, Delon,[2] untuk berduet lewat lagu romantis berjudul "Satu, Hanya Kamu". Lagu ini ditulis oleh Tantra, Mhala & Inu Numata yang tak lain adalah darah daging Tetty Kadi. Selain nama-nama besar tadi, album Pinkan ini juga dibantu oleh Dewiq yang menulis lagu "Seharusnya Tak Begini".

Pinkan mempunyai obsesi untuk go international. Jalan menuju ke sana telah terbuka, karena tembang "Kasmaran", dari album solo perdananya, menjadi hits di Malaysia dan Singapura.[3] Dia juga mereguk sukses saat manggung di dua negara tersebut.

Pada Juli 2008, Pinkan meluncurkan album keduanya berjudul Wanita Terindah, dengan hits single pertama berjudul "Kekasih Yang Tak Dianggap" yang pernah dipopulerkan oleh Armada.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Perjalanan cinta Pinkan terasa penuh liku. Pada tahun 2004 rencana pernikahannya dengan Mayzal Reza Tobroni. Tapi, pernikahan itu batal[4] karena Pinkan diketahui hamil dengan Sandy Sanjaya.[5] Pinkan yang saat itu masih memeluk Agama Islam, melahirkan anak pertamanya, Muhammad Alfa Rezel (setelah memeluk Agama Kristen mengikuti ibunya hanya memakai nama Alfa Rezel saja) pada tanggal 28 Januari 2005 tanpa didampingi ayah bayi tersebut dan belum dalam status menikah.[6]

Akhirnya Pinkan menikah dengan Sandy Sanjaya yang berlangsung 30 April 2005. Mereka dikaruniai anak kedua, Michelle Ashley Rezya pada tanggal 17 April 2006. Pernikahan ini pun sempat berada diambang kehancuran saat Sandy melayangkan gugatan cerai pada 1 Desember 2006.[7] Mereka akhirnya berdamai dan gugatan tersebut dicabut. Pada 14 Oktober 2009, Pinkan resmi bercerai dengan Sandy Sanjaya. Beberapa bulan setelah bercerai ia menjalin hubungan dengan DJ Steve namun pada akhirnya putus karena tidak mendapat restu dari ibu Pinkan.[8]

Pada tahun 2013, Pinkan yang telah berpindah agama menjadi Kristen bersama kedua anaknya dari pernikahan sebelumnya, menikah di Los Angeles dengan seorang pembuat video klip bernama Steve Wantania yang ditemuinya di Amerika Serikat.[9] Dari pernikahan ini, Pinkan melahirkan anak ketiganya, Queen Chara Wantania pada tanggal 17 Juni 2015.[10] Dan anak keempatnya, King Luke Wantania pada tanggal 17 Agustus 2017.[11] Dan anak kelima, Queen Abby Wantania pada tanggal 1 September 2018.[12]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2010 Selimut Berdarah Pinkan K2K Production

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]