Armada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Armada - menurut kbbi[1] - diartikan sebagai rombongan (pasukan) kapal perang atau rombongan kapal-kapal dagang yang mengandung suatu kesatuan. Kata Armada lebih cenderung menunjukkan adanya suatu himpunan yang terdiri atas segala sesuatu dan orang yang dikelompokkan oleh alat angkut atau transportasi dan diwakili kesatuan itu oleh kendaraan tertentu

Armada selalu mengacu pada lebih dari dua unit kendaraan atau alat transportasi tertentu yang menunjukkan satu kesatuan.


  1. Armada dalam Kemiliteran, contoh: angkatan bersenjata, kelompok unit kompi alat berat atau kapal perang - dan sebagainya
  2. Armada dalam perdagangan, contoh: armada kapal dagang dari pulau malaka - dan sebagainya.
  3. Armada dalam sebutan - nama atau panggilan atas suatu pribadi atau kelompok.

Catatan: Dari pembagian ini, kata armada lebih mengena maknanya pada nomor (1) dan nomor (2). Penggunaan kata armada untuk tujuan nomor (3) jika bukan menunjukkan suatu kelompok atau kesatuan utuh dapat merusak makna dasar armada dan mengandung kesalahtafsiran. Dengan kata lain, armada untuk nomor (3) lebih bersifat istilah atau ungkapan bebas namun tidak sah atau tidak valid, baik mengacu pada perusahaan yang dengan kata itu digunakan sebutan bagi brand atau label perusahaan maupun pada judul buku, grup musik - dan sebagainya.

Armada dalam Kemiliteran[sunting | sunting sumber]

Mengacu pada kapal-kapal perang, alat transportasi laut lainnya yang digunakan untuk mengangkut tentara, akomodasi perang ataupun persenjataan perang.

Armada dalam Perdagangan[sunting | sunting sumber]

Mengacu pada kapal dagang, kapal pengangkut barang dagangan atau sekelompok kapal-kapal laut yang menyertai suatu kelompok dagang.

  • Kapal dagang, contoh: armada dagang dari kepulauan melayu Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Kapal-kapal tanker yang membawa minyak dan hasil tambang
  • Kapal laut dengan tujuan ekspor impor barang dagangan antar negara dan pulau

Armada dalam Sebutan[sunting | sunting sumber]

Mengacu pada brand, label atau sebutan bebas yang mewakili suatu kelompok;

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata armada - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2024-04-14.