Rossa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rossa
DIMP
Rossa Indonesia Diva
Rossa Indonesia Diva
Latar belakang
Nama lahir Rossa Roslaina Sri Handayani
Nama lain Teh Ocha / Teteh Ocha / Dato' Rossa (Negara Melayu Lain)
Asal Sumedang
Genre Pop
Pekerjaan Penyanyi, Pengusaha, Aktris
Instrumen Vokal
Tahun aktif 1986–sekarang
Label Trinity Optima Production
Situs web www.pecintarossa.com
Agama Islam

Rossa yang memiliki nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handayani atau juga disebut Dato' Rossa (lahir di Sumedang, 9 Oktober 1978; umur 37 tahun) merupakan penyanyi berkebangsaan Indonesia yang melejit lewat tembang-tembang sendunya seperti Nada-Nada Cinta, Tegar, Hati Yang Terpilih, Atas Nama Cinta, Kini, Ayat-Ayat Cinta, Hey Ladies, Hati Yang Kau Sakiti, Tega, Cerita Cinta, Pudar, Takdir Cinta, Memeluk Bulan, Ku Menunggu, Tak Sanggup Lagi, Hijrah Cinta dan One Night Lover. Ia adalah mantan istri Yoyo, anggota band Padi. Rossa bernaung di bawah label rekaman Trinity Optima Production (dulu bernama Dian Records), Jakarta. Rossa sendiri telah menjual lebih dari 5 Juta album di Indonesia, belum termasuk negara lainnya. Album Rossa sendiri juga dipasaran musik Asia Tenggara dan yang terakhir album "Love, Life and Music" di pasarkan sampai Jepang. The Best of Rossa (2011) merupakan salah satu album terlaris sepanjang masa di Indonesia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

Nama Rossa mulai dikenal setelah merilis album pertama bertajuk Nada-Nada Cinta (1996) tepatnya dirilis pada tanggal 27 Januari 1996 dengan lagu andalannya Nada-Nada Cinta dan Sebening Embun Dihatiku. Keberhasilan "Nada-Nada Cinta" diikuti album kedua yang berjudul Tegar (beredar awal tahun 1999) yang semakin melambungkan nama Rossa. Lagu "Tegar" juga menjadi lagu tema untuk sinetron Suami, Istri, dan Dia arahan Putu Wijaya produksi Star Vision yang ditayangkan RCTI. Rossa juga tampil sebagai wakil Indonesia di festival musik Vietnam My Love, 26-29 Oktober 2000 di Hanoi. Pada tahun 2000 Rossa kembali merilis album "Hati Yang Terpilih" yang mejadi soundtrack sinetron dengan judul yang sama, yaitu "Hati Yang Terpilih". Meski sibuk menyanyi dan manggung, Rossa berhasil menyelesaikan kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada Februari 2002. Pada tahun yang sama, Rossa merilis album Kini (2002) yang masih didominasi lagu-lagu sendu seperti pada album-album sebelumnya. Pada album Kini, Rossa menyanyikan sembilan lagu karya sembilan pencipta lagu, termasuk Iszur Muchtar, Yovie Widianto, dan Melly Goeslaw. Pada tahun 2003, Rossa kembali merilis repackaged album Kini dengan lagu baru "Malam Pertama" ciptaan Melly Goeslaw yang mendapat double platinum pada tahun 2004.

Berkas:Rossa World Music Awards (WMA) 2014.jpg
Rossa 5 Nomination World Music Awards (WMA) 2014

Pada September 2004, Rossa merilis album bertajuk Kembali. Dalam album ini, terdapat sembilan lagu dan masih dengan konsep musik pop progresif. Ada sejumlah musisi yang terlibat di antaranya Icha Jikustik dan Lucky Element. Tidak ketinggalan sang suami, Yoyo juga ikut membantu dalam mengaransemen lagu "Wanita Pilihan". Sebelum album dirilis pada bulan September 2005, dua lagu dalam album tersebut telah dijadikan soundtrack sinetron. Yang pertama lagu "Pudar" menjadi OST sinetron Doiku Beken (produksi MultiVision Plus untuk RCTI). Yang kedua, "Bicara Pada Bintang", untuk OST sinetron Pura-Pura Buta (produksi Soraya Intercine Films untuk Indosiar). Album ini mengandalkan lagu "Aku Bukan Untukmu" dan "Pudar". Baru tiga bulan dirilis, album Kembali telah mendapat plakat Platinum. Enam bulan kemudian, Rossa kembali diganjar double platinum untuk album Kembali. Bahkan single keduanya, "Pudar" yang diciptakan oleh adik bungsunya, Hendra Nurcahyo, membawa Rossa melanglang negara tetangga, Malaysia. Album tersebut kemudian dirilis di Malaysia pada 23 Mei 2005, dan Rossa juga mengadakan pertunjukan di Planet Hollywood Malaysia dalam rangka promosi albumnya.

Selama masa kehamilan Rizky, Rossa membuat album kompilasi bertajuk Yang Terpilih yang dirilis pada bulan Desember 2006. Dalam album kompilasi tersebut, Rossa memasang kembali hits-hits lawas seperti "Nada-Nada Cinta" karya Yongky Suwarno (1996), "Tegar" ciptaan Melly Goeslaw (1999), "Hati Yang Terpilih" dari kompilasi soundtrack Hati Yang Terpilih (2000), "Kini" ciptaan Yovie Widianto (2003), dan "Kembali" (2004). Tidak lupa Rossa juga menyertakan tiga hits baru, "Cinta Tak Termiliki", "Terlalu Cinta" karya Yovie Widianto dan "Atas Nama Cinta" ciptaan Melly. Meski rumah tangganya dirundung masalah, Rossa tetap bekerja profesional dengan merilis album Yang Terpilih di Malaysia pada 16 Mei 2007.

Kiprah Rossa selalu fenomenal, pada akhir tahun 2007 Rossa mengeluarkan single OST. Ayat-Ayat Cinta yang berjudul sama yakni Ayat-Ayat Cinta, lagu tersebut dengan cepat mencapai Penghargaan Platinum pada bulan Maret 2008. OST. Ayat-Ayat Cinta adalah album musik kompilasi yang dirilis akhir 2007 oleh Trinity Optima Production dan menjadikannya sebagai album Soundtrack dari Rossa. Lagu yang dibawakannya menghasilkan 3 hits, yaitu Ayat-Ayat Cinta, Takdir Cinta dan Tercipta Untukku (duet bersama UNGU). Sampai hari ini Album Ayat-Ayat Cinta terjual hampir 220.000 copy. Tahun 2008 lagu ini telah menjadi nominasi soundtrack film terbaik dalam Indonesia Movie Award 2008 serta mengantar Rossa meraih penyanyi luar Negara terbaik di Anugerah Industri Musik di Malaysia untuk kedua kalinya.

Akhirnya, impian Rossa untuk menggelar konser menjadi nyata. Pada 26 November 2008, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), ia menggelar konser dengan judul "Persembahan Cinta". Di dalam konser ini, Rossa dibantu oleh Erwin Gutawa dan Jay Subiakto sebagai komposer. Penjualan tiket pun ludes/sold out jauh sebelum hari H dan penonton pun terhanyut dengan suasana konser yang diaransemen oleh Erwin Gutawa Orchestra, mampu menghipnotis lebih dari 6000 penonton yang memadati Jakarta Hall Convention Center (JHCC) dan disiarkan oleh stasiun televisi SCTV pada hari Jumat 28 November 2008.

Setelah hampir tiga tahun tidak mengeluarkan album, maka pada 14 Januari 2009, Rossa kembali merilis album terbarunya, self title Rossa. Yang menarik di album kelimanya ini, Yoyo, sang suami menyumbangkan satu lagu, “Terlanjur Cinta”. Lagu ini dijadikan sebagai lagu andalan yang dinyanyikan secara duet dengan vokalis band Pasha Ungu.

Dalam rangka promosi album barunya self title Rossa; Rossa mengadakan konser mini, "Konser Cerita Cinta". Konser ini diadakan di 7 kota di Indonesia, Bandung (30 Mei 2009), Surabaya (6 Juni 2009), Palembang (13 Juni 2009), Bandung (20 Juni 2009), Padang (11 Juli 2009), Batam (17 Juli 2009) dan Medan (25 Juli 2009). Rossa secara eksklusif menampilkan 16 lagu pilihannya yang bercerita tentang pahit manisnya cinta lewat tembang-tembang hits seperti Nada-nada cinta, Tegar, Wanita Yang Kau Pilih, Pudar, Atas Nama Cinta, dan tentu saja Ayat-Ayat Cinta yang mencatat sukses luar biasa. Hits terbarunya Hey Ladies, Hati Yang Kau Sakiti, dan Tega dibawakan dengan apik dan tentunya kehadiran bintang tamu seperti Delon, Bams Samson memberikan nilai tersendiri pada pertunjukan Rossa kali ini.

Di antara sela-sela waktu konser mini yang berlangsung dari 30 Juni 2009 s.d 25 Juli 2009, Rossa juga mengadakan konser mini di Kuala Lumpur pada tanggal 27 Juli 2009 yang sukses ditonton 3000 orang penggemarnya. Sebelumnya, pada tanggal 26 Juli 2009 di Berjaya Mega Mall, Pahang Kuantan, Rossa mengadakan jumpa fans.

Untuk Karier selanjutnya, Rossa pada tahun 2010 mengadakan konser tunggal di Malaysia. Bertempat di Stadion Bukit Jalil, Malaysia pada tanggal 29 Mei 2010, Rossa menamakan konsernya, "Konser Melodi Cinta Rossa". Konser yang akan berlangsung 2 jam ini (mulai dari pukul 20.00 s.d 22.00) ditemani Ungu, ST12 dan bintang Malaysia, Aizat. Juga didukung oleh Permata Seni Choir, Permata Seni Muzik Tunas Budaya. Untuk pengarah musiknya, Rossa mempercayakan kepada Yovie Widyanto Orkestra dan tata tari oleh Jay Subiyakto. Rossa menjanjikan konser ini akan berbeda dengan konser Persembahan Cinta di Indonesia sebelumnya. Konser tersebut berhasil menjual tiket sebanyak 12.000 tiket & disiarkan di stasiun televisi TRANS TV Kamis, 17 Juni 20.00 WIB.

Rossa kembali merilis album "Harmoni Jalinan Nada dan Cerita" di Hard Rock Cafe, Jakarta, Senin (30/8/2010). Telah banyak lagu-lagu Rossa yang ikut menghiasi film dan sinetron Indonesia dan tak sedikit yang menjadi box office. Album "Harmoni : Jalinan Nada & Cerita" merupakan kompilasi soundtrack asli dan lagu tema untuk sinetron yang pernah dinyanyikan oleh Rossa. Dalam album kompilasi ini, terdapat 3 lagu baru, yaitu : ‘Memeluk Bulan’ diciptakan oleh Enda Ungu, digarap apik oleh Anto Hoed. Terdapat pula lagu ‘Jagad Khayalku’ ciptaan Titi DJ dengan Andi Rianto sebagai aransemen musiknya. Serta ‘Ku Menunggu’ karya composer muda Mery L.C

Pada tahun 2011 Rossa menggelar konser tunggal bertajuk "Harmoni Cinta" di Esplanade, Singapura pada 14 Oktober. Tempat ini adalah salah satu tempat prestisius di dunia, setiap musisi memimpikan bisa tampil di sana. Konser tunggal bertajuk Harmoni Cinta Rossa juga menuai sukses lantaran seluruh tiket konser habis terjual. Sejumlah selebritas Indonesia pun tampak hadir untuk menyaksikan penampilan wanita asal Sumedang, Jawa Barat itu. Rossa tampil memukau dengan membawakan sejumlah single andalannya seperti Tegar, Hati Yang Terpilih, Atas Nama Cinta, Kini, Ayat-Ayat Cinta, Hey Ladies, Hati Yang Kau Sakiti, Tega, Cerita Cinta, Pudar, Memeluk Bulan, dan Ku Menunggu yang disiarkan antv pada tanggal 29 oktober 2011 pukul 22.00-23.00.

Pada tanggal 30 November 2011, Rossa meluncurkan sebuah album kompilasi terbaik yang diberi judul The Best of Rossa. Dengan album berisikan 14 lagu terbaik sepanjang kariernya itu, Rossa siap kembali menyapa fans yang sudah lama menunggu album tersebut. Lagu-lagu yang ada di album tersebut adalah lagu yang dipilih secara pribadi dan menjadi nomor satu di radio Indonesia. Peluncuran album tersebut di KFC Kemang, Jakarta Selatan, pada hari Rabu 30 November 2011. Lagu-lagu lama seperti 'Atas Nama Cinta', 'Ayat-Ayat Cinta', 'Tegar', 'Kini' bisa dinikmati kembali lewat album itu. Di antara 14 lagu itu, Rossa juga menaruh tiga lagu duet masing-masing 'Jangan Ada Dusta di Antara Kita' (duet dengan alm. Broery Marantika), 'Tak Sanggup Lagi' (ciptaan Icha 'Jikustik') dan 'One Night Lover' (hasil pertemanan Rossa dengan Joe Flizzow 'Too Phat'). Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia dan meraih plakat "Million Award" untuk penjualan lebih dari satu juta keping dalam waktu tujuh bulan. Rossa juga termasuk musisi yang sukses menjual albumnya di gerai KFC seperti Cinta Laura, Indah Dewi Pertiwi, Agnes Monica dan SM*SH.

Pada tahun 2012, Rossa dikabarkan go internasional setelah posting fotonya bersama Russell Simmons. Seorang jutawan mantan suami dari Kimora Lee Simmons ini, merupakan bos besar dari Def Jam, sebuah label rekaman yang menaungi Justin Bieber, Rihanna, Jennifer Lopez, Ne-Yo, dan masih banyak lagi musisi terkenal. Foto kedua yang juga diposting adalah foto dirinya bersama dengan Maxwell, seorang penyanyi beraliran R&B.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Rossa menikah dengan Yoyo, anggota band Padi pada tanggal 18 Maret 2004. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Rizky Langit Ramadhan (lahir 3 Oktober 2006).

Pernikahan mereka mendapat cobaan ketika di bulan April 2007 berhembus kabar Yoyo kepergok sedang bermesraan dengan seorang wanita yang berprofesi sebagai model di kota Surabaya. Bahkan meski sempat berdamai di bulan Juni 2007, namun belum ada tanda-tanda keluarga ini bakal bersatu lagi. Malah anak semata wayang mereka, Rizky dititipkan di rumah orang tua Rossa di Sumedang.

Pernikahan Rossa dan Yoyo tidak bisa diselamatkan lagi. Pada 22 Juni 2009, Rossa mantap mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya, Yoyo. Sidang pertama dilakukan pada 30 Juni 2009. Mereka dinyatakan bercerai pada 14 Juli 2009.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Rossa mengeluarkan album perdananya yang berjudul "Gadis Ingusan" pada tahun 1989, tapi sayangnya penjualannya tidak memasuki hasil yang maksimal. Album kedua Rossa adalah Nada-Nada Cinta yang dirilis pada tahun 1998, dan mengeluarkan Hits singel Nada-Nada Cinta. Tahun 1999, album ketiga Rossa yang berjudul Tegar pun dirilis dengan single yang sama seperti albumnya, Tegar. Kini dirilis pada tahun 2002, dan album Kembali juga dirilis pada tahun 2006. Dari kelima album tersebut, Rossa mengeluarkan banyak Hits. Tahun 2008, Rossa menjadi lead-artist di album kompilasi Ost. Ayat-Ayat Cinta, dan menjadikannya album kedelapan dari Rossa. Terakhir, pada tahun 2009, Rossa mengeluarkan album kesembilannya yang berjudul Rossa atau Self-Titled. Dari kesembilan albumnya (satu terbaik dan satu bersama artis lain), Rossa sangat banyak mengeluarkan hits single. Lagu tersukses dari Rossa adalah Nada-Nada Cinta, Malam Pertama, Pudar, Ayat-Ayat Cinta, Hati Yang Kau Sakiti, Terlanjur Cinta (feat. Pasha Ungu), dan Ku Menunggu. Di antara semua lagu tersebut, Nada-Nada Cinta adalah lagu tersukses dari Rossa yang mendapatkan plakat Diamond Awards.

Diskografi Rossa[sunting | sunting sumber]

Album studio anak-anak[sunting | sunting sumber]

  • Gadis Ingusan (1989)
  • Untuk Sahabatku (1990)

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album soundtrack[sunting | sunting sumber]

  • OST. Ayat Ayat Cinta (2007)
  • OST. Cinta Fitri (2010)
  • OST. Sang Pencerah (2010)
  • OST. Soekarno (2013)

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

  • From Us To U (Tribute To Titiek Puspa) - 2005
  • Sinar Lebaran (Malaysia Edition) - 2010
  • Takbir Raya (Malaysia Edition) - 2011
  • Bebi Romeo Materpiece "Bebi Romeo album" (2012)
  • KFC Adu Bintang (2013)
  • Havoc (Malaysia Edition) "Joe Flizzow album" - 2013
  • Melodi Melankolik (Malaysia Edition) - 2014

Konser Tunggal[sunting | sunting sumber]

Rossa adalah penyanyi Indonesia yang kerap kali menggelar konser tunggal bukan hanya di negerinya saja, tetapi juga di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura & Brunei Darussalam. Bahkan Rossa berhasil mengukuhkan namanya di Malaysia sebagai artis Indonesia pertama yang menggelar konser tunggal yang dipenuhi oleh 12.000 penonton di Stadium Bukit Jalil, Malaysia pada tahun 2010 yang dihadiri para petinggi negara seperti Datin Sri Rosmah Mansor (Malaysia), Ibu Linda Gumelar (Menteri Pemberdayaan Perempuan Indonesia) & Bapak Agum Gumelar (Indonesia). Konser tunggalnya yang bertema "Malam Keajaiban Cinta" di Panggung Kehormatan Istana Budaya, Malaysia pada tahun 2015 semakin memperkuat pamor DIVA nya bahwa ia bukan saja menjadi salah satu DIVA nomor wahid Indonesia, namun juga Malaysia. Tiket konsernya mencatat rekor sebagai artis Indonesia dengan bayaran tiket konser termahal di luar Indonesia dengan harga tiket mencapai RM518 dan terjual tidak kurang dari 2 jam saja. Konser tunggalnya ini banyak dihadiri oleh para Petinggi Kerajaan Malaysia.

Solo Konser[sunting | sunting sumber]

  • Konser Persembahan Cinta (Jakarta Convention Centre, Indonesia) - 2008
  • Konser Mini Cerita Cinta (Roudtour Indonesia & Malaysia) - 2009
  • Konser Melodi Cinta Rossa (Stadium Bukit Jalil, Malaysia) - 2010
  • Konser Harmoni Cinta Rossa (Esplanade, Singapore) - 2011
  • Konser K-20 Special Rossa (Kompas TV) - 2013
  • Konser Malam Keajaiban Cinta (Istana Budaya, Malaysia) - 2015
  • Konser Pesona Cinta Rossa (Persada Convention Center, Malaysia) - 2015

Lagu studio[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Album MTV Ampuh Inbox On The Spot Dahsyat Klik RCTI (Lintas Musik)
1996 Nada-Nada Cinta Nada-Nada Cinta - - - - - -
2000 Tegar Tegar 1 (2 Minggu) - - - - -
2002 Kini Kini 9 - - - - -
2002 Perawan Cinta Kini 4 - - - - -
2003 Malam Pertama Kini:Repackaged 1 (8 Minggu) - - - - -
2005 Aku Bukan Untukmu Kembali 1 (4 Minggu) - - - - -
2005 Pudar Kembali 5 - - - - -
2005 Wanita Yang Kau Pilih Kembali 9 - - - - -
2007 Atas Nama Cinta Yang Terpilih 1 (3 Minggu) 1 (3 Minggu) - - - -
2007 Terlalu Cinta Yang Terpilih 1 (1 Minggu) 5 - - - -
2008 Ayat-Ayat Cinta Ost. Ayat-Ayat Cinta 2 1 (3 Minggu) - 1 (15x) - -
2008 Takdir Cinta Ost. Ayat-Ayat Cinta 5 4 - - - -
2009 Terlanjur Cinta (feat. Pasha Ungu) Rossa 1 (2 Minggu) 1 (3 Minggu) 1 (1 Minggu) 1 (6x) 1 (1 Minggu) -
2009 Tega Rossa 3 1 (1 Minggu) - 12 - -
2009 Hati Yang Kau Sakiti Rossa - 4 - 4 - -
2010 Memeluk Bulan Harmoni Jalinan Nada & Cerita - 3 - 7 - -
2011 Ku Menunggu Harmoni Jalinan Nada & Cerita - 1 - 2 - -
2011 Jangan Ada Dusta di Antara Kita (feat. Broery Marantika) The Best of Rossa - 2 - 1 (9x) - -
2012 Tak Sanggup Lagi The Best of Rossa - - - - 1 (1 Minggu) -

Sinetron[sunting | sunting sumber]

  • Dua Sisi Mata Uang (2000)
  • Perisai Kasih (2000)

Juri Ajang Pencarian Bakat[sunting | sunting sumber]

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Brand Ambassador[sunting | sunting sumber]

  • Lulur Mandi & Sabun Daun Sirih Sumber Ayu (2006)
  • Shampoo Zink (2007)
  • Pantene Indonesia (2011 - Sekarang)
  • Kintakun (2012)
  • Oriflame Indonesia (2013 - Sekarang)

Bisnis[sunting | sunting sumber]

  • Diva Family Karaoke (40 outlet)
  • House of Rossa

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Juara I Bahana Suara Pelajar II, TPI, Tingkat Provinsi Jawa Barat (1993)
  • The Best Female MTV Indonesia (2000) atas lagu "Tegar"
  • Bintang Yang Menyihir Publik, Cek & Ricek (2000)
  • The Best Female Singer, Kategori Pop Progresive Anugerah Musik Indonesia (AMI) Sharp Awards 2002 atas lagu "Kini"
  • Nominasi Penyanyi Pop SCTV Award
  • MTV Exclusive Artist January 2005
  • Penyanyi Ngetop SCTV Awards 2008
  • Lagu Bahasa Melayu Terbaik Dipersembahkan Oleh Artis Luar Negara - "Terlalu Cinta" (Anugerah Industri Muzik 15)(Malaysia)
  • Lagu Bahasa Melayu Terbaik Dipersembahkan Oleh Artis Luar Negara - "Ayat-Ayat Cinta" (Anugerah Industri Muzik 16)(Malaysia)
  • Penyanyi Pop Solo Wanita Terbaik AMI Awards 2001 atas lagu "Hati Yang Terpilih"
  • Penyanyi Pop Solo Wanita Terbaik AMI Awards 2005 atas lagu "Aku Bukan Untukmu"
  • Penyanyi Pop Solo Wanita Terbaik AMI Awards 2008 atas lagu "Ayat-Ayat Cinta"
  • Album Wanita Solo Terbaik 2010 dalam "SCTV MUSIC AWARD 2010"
  • Artis Wanita Terbaik dalam "Anugerah Planet Muzik 2011" Album Harmoni Jalinan Nada&Cerita di Singapore,Malaysia&Indonesia
  • Lagu Bahasa Melayu Terbaik yang Dipersembahkan oleh Artis Luar Negara - "Ku Menunggu" (Anugerah Industri Muzik 18 – Malaysia)
  • Karya Produksi Kolaborasi Terbaik AMI Awards 2012 atas lagu "Jangan Ada Dusta Di antara Kita"
  • Best Collaboration / Kolaborasi Terbaik dalam "Anugerah Planet Muzik 2012" di Singapura atas lagu "Aku Bersahaja"
  • Duo/Kumpulan Terbaik dalam "Anugerah Planet Muzik 2014" di Singapura atas lagu "Salahkah" yang dinyanyikan bersama Hafiz
  • Lagu Bahasa Melayu Terbaik yang Dipersembahkan oleh Artis Luar Negara - "Salahkah" (Anugerah Industri Muzik 21 – Malaysia)
  • Duo/Kumpulan Terbaik dalam "Anugerah Planet Muzik 2015" di singapura atas lagu "Kamu Yang Kutunggu" yang dinyanyikan bersama Afgan

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]