S.M. Entertainment

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SM Entertainment)
Lompat ke: navigasi, cari
S.M. Entertainment
Jenis Publik
Simbol saham KRXS: 041510
KRX 100 Component
Industri/jasa
Genre
Didirikan 1989; 28 tahun lalu (1989)
Pendiri Lee Soo-man
Kantor pusat Seoul, Korea Selatan
Tokoh penting Kim Young-min (CEO)
Jasa
  • Distribusi rekaman
  • Perizinan
  • Penerbitan
Pendapatan
  • US$ 313 juta (2016)
  • US$ 280 juta (2015)
  • US$ 286,98 juta (2014)
Laba bersih
  • US$ 21 juta (2016)
  • US$ 15 juta (2015)
  • US$ 5,99 juta (2014)
Slogan The Future of Culture Technology
Anak perusahaan
  • S.M. Culture & Contents
  • SM Entertainment Japan
  • SM Entertainment USA
  • DreamMaker Entertainment
  • SM Entertainment Beijing
  • SM True
  • SM Food & Beverage Development
  • Galaxia SM
  • ALEL Co., Ltd.
  • Everysing Japan
  • Double K Film&Theatre
  • Label SJ
  • ScreaM Records
Situs web Situs resmi


S.M. Entertainment (HangulSM엔터테인먼트) adalah perusahaan hiburan Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soo-man. Perusahaan ini sekarang menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan.[1][2] Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, perusahaan produksi musik dan konser, manajemen acara dan rumah penerbitan musik.

Label ini adalah rumah bagi artis K-pop ternama seperti BoA, S.E.S., TVXQ, TRAX, The Grace, Super Junior, Girls' Generation, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT, dan dulunya merintis grup H.O.T, Fly to the Sky, dan Shinhwa. Label ini juga memanajeri beberapa pemeran seperti Kim Min-jong dan Lee Yeon-hee. Di Jepang, S.M. Entertainment juga menerbitkan rilisan Avex Trax untuk beberapa artis seperti Ayumi Hamasaki, Namie Amuro, dan Koda Kumi, serta artis Johnny's Entertainment seperti Arashi dan KAT-TUN.[3]

Pada tahun 2015, S.M. Entertainment melaporkan pendapatan sebesar KR₩325 miliar (kira-kira sebesar US$287 juta) dan laba bersih sebesar KR₩21,7 miliar (US$19 juta).[4]

Daftar isi

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1989-2000: Penbentukan dan artis generasi pertama[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari California State University, Northridge di Amerika Serikat, Lee Soo-man kembali ke Korea dan mendirikan 'SM Studio' di Apgujeong-dong, Gangnam, Seoul pada tahun 1989. Bisnis ini mengubah namanya menjadi S.M. Entertainment dan menyiapkan dana modalnya pada Februari 1995[5] dengan Jung Hae-ik sebagai CEO.[6] Agensi ini mengembangkan sistem produksi 'in-house' dan menghasilkan serangkaian artis sukses termasuk grup penyanyi laki-laki H.O.T. pada tahun 1996, grup penyanyi perempuan S.E.S. pada tahun 1997, Shinhwa pada tahun 1998, dan duo R&B Fly to the Sky pada tahun 1999. Kim Kyung-wook menjadi CEO perusahaan ini pada tahun 1998.

2000-2005: Afiliasi dan artis generasi kedua[sunting | sunting sumber]

Awal 2000-an dijumpai dengan pembubaran H.O.T (pada tahun 2001) dan S.E.S (pada tahun 2002), serta kepergian Shinhwa ke agensi baru, dan pada tahun-tahun berikutnya, grup-grup baru seperti duo Isak N Jiyeon dan grup penyanyi laki-laki Black Beat gagal untuk mencapai popularitas artis-artis S.M. sebelumnya.[butuh rujukan] Pada bulan Desember 2000, S.M. berafiliasi dengan Fandago Korea. Pada bulan Januari 2001, perusahaan ini mendirikan sebuah divisi di luar negeri, S.M. Entertainment Jepang.[butuh rujukan] Sekitar waktu yang sama, perusahaan ini disetujui untuk dicatatkan pada KOSDAQ, dan afiliasi didirikan antara S.M. dan Avex Trax. Anak perusahaan BM Entertainment dan Cid. K Entertainment (yang menaungi grup penyanyi perempuan M.I.L.K dan Shinvi) juga terbentuk, namun kemudian menjadi tidak berfungsi dan dibubarkan.

April 2002 dijumpai dengan saham yang meningkat sebesar 1.341.180, dan pada bulan Juni, penambahan sebesar 61.048 sebagai hasil dari modal pihak ketiga.[butuh rujukan] Pada akhir tahun 2002, S.M. dianugerahi Grand Prix Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk Konten Kebudayaan untuk Export Award dalam musik.

Pada tahun 2003, S.M. berafiliasi dengan Starlight Corporation Ltd. dan C-Cube Entertainment Corporation. Pada tahun yang sama, perusahaan ini mendebutkan grup penyanyi laki-laki dengan lima anggota TVXQ. Tahun-tahun berikutnya dijumpai dengan debut artis-artis seperti TRAX (2004), The Grace (2005), dan Super Junior (2005).

2005-2010: Ekspansi dan artis internasional[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Kim Young-min menjadi CEO ketiga perusahaan ini,[7] di bawahnya beberapa artis didebutkan dengan tujuan untuk melakukan promosi di luar Korea Selatan. Artis-artis yang debut di bawah S.M. pada saat itu adalah penyanyi solo keturunan Tiongkok Zhang Liyin (2006), solois berbahasa Jepang J-Min (2007), Girls' Generation (2007), SHINee (2008), dan f(x) (2009). Pada bulan April 2008, sebuah sub-unit berbahasa Mandarin Super Junior dibentuk, yaitu Super Junior-M. Pada bulan Oktober 2008, S.M. mengumumkan rencana untuk mendebutkan BoA di Amerika Serikat di bawah anak perusahaan label SM Entertainment USA.

Pada bulan Mei 2008, SM Art Company dibentuk dengan Pyo In-bong sebagai co-CEO, bertujuan untuk menghasilkan karya musikal dan teater. Produksi pertama dari perusahaan ini adalah Xanadu, yang dibintangi anggota Super Junior Heechul dan Kangin.[8]

2010-2012: Usaha bersama dan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2010, setelah dua dekade di dewan direksi, pendiri Lee Soo-man mengundurkan diri dari jabatannya untuk "fokus pada kekuatan bisnis SM di luar negeri, manajemen bisnis baru dan pengembangan artis". Pada bulan Maret, KMP Holdings didirikan sebagai perusahaan patungan antara S.M. Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, Star Empire, Medialine, CAN Entertainment dan Music Factory. rilis pertama perusahaan dari S.M. adalah Super Junior album kelima studio, Mr Simple, yang menandai akhir dari S.M. distribusi. Pada bulan Mei, S.M. mengumumkan tertinggi pertama laba operasional kuartal, di KR ₩ 10,4 miliar, naik 471% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan dilaporkan di KR ₩ 22,7 miliar, meningkat 58% pada tahun sebelumnya.

Pada bulan April 2011, S.M. Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, KeyEast, Ament, dan Star J Entertainment bergabung untuk membuat ‘United Asia Manajemen'. Pada bulan Agustus, S.M. bergabung dengan Thailand perusahaan media TrueVisions Group untuk menciptakan 'SM True'

Pada 2012, S.M. mendebutkan boy group EXO di dua unit untuk mempromosikan di kedua negara yaitu Korea dan China. Pada bulan Februari, S.M. diakuisisi perjalanan perusahaan Hawaii Happy Hawaii dan meluncurkan inisiatif bisnis baru yang mengkhususkan diri dalam perjalanan dan pariwisata, Travel SMTown, dengan Kang Jung-hyun sebagai CEO. Travel SMTown menawarkan paket konser untuk fans luar negeri menghadiri Super Junior Super Show 4 Tour konser di Seoul. Pada bulan Maret, 47 artis SM termasuk Kangta, BoA, TVXQ, CSJH The Grace, Super Junior, Zhang Li Yin, Girls' Generation, SHINee, f(x), Go Ara, Isak, dan Lee Yeon Hee menjadi pemegang saham SM Entertainment. Kangta, BoA, dan sebagian besar Super Junior dan anggota Girls' Generation menerima 680 saham masing-masing (dengan nilai sekitar US $ 27.200 untuk setiap orang), sementara SHINee dan f(x) menerima 340 saham masing-masing (nilai sekitar US $ 13.600 untuk setiap orang). Pada bulan Agustus, S.M. memegang S.M.ART EXHIBITION di COEX Convention & Exhibition Centre dan menandatangani kontrak dengan Visa dan KB Card untuk mulai mencetak S.M. kartu artis . comedi Kang Ho-dong dan Shin Dong-yup mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak eksklusif dengan S.M. ini, SM Culture & Contents (SM C & C), dipandang sebagai langkah oleh S.M. untuk memperluas ke televisi. Pada bulan September, SM C & C bergabung dengan AM Entertainment (yang mewakili aktor seperti Jang Dong-gun, Kim Ha-neul, dan Han Ji-min) dan dua comedi TV lainnya, Lee Su-geun dan Kim Byung-man, mengumumkan bahwa mereka telah juga menandatangani dengan SM. Pada bulan November, KMP Holdings diakuisisi oleh KT Music, dan Juni 2013, KT Music diserap jaringan distribusi KMP ini.

Pada February 2014, S.M. Entertainment menandatangani aliansi dan ekuitas perjanjian investasi strategis dengan ESteem Model, agen model domestik terkemuka di Korea.ESteem adalah top perusahaan model hiburan Korea komprehensif yang beroperasi bisnis fashion, model manajemen dan model akademi profesional. Ia mengatur model dalam dan luar negeri dan desainer, memupuk model baru, dan mengoperasikan MIXOP toko editorial busana Dan lebih dari 160 model seperti Jang Yoon Joo, Song Kyung Ah, Han Hye Jin, Ahn Jae Hyun, Jung Hoyeon, Lee Cheolwoo, Soo Joo dan Lee Hyun Lee.

Melalui aliansi strategis ini, kedua perusahaan akan agresif mengejar bisnis melalui kombinasi isi dan jaringan mereka sendiri. Kim Young-min, perwakilan dari SM, mengatakan, "Setelah aliansi dengan Galaxia SM, SM telah membentuk lineup konten yang meliputi hiburan, olahraga, dan model / sektor fashion. Di masa depan, SM akan menciptakan sinergi bisnis di konten dan fashion bisnis, "Kami juga akan menciptakan sinergi dengan SM C & C, aktor, dan departemen manajemen MC," katanya.

Kim Sook-yun, presiden ESteem, mengatakan, "Pertemuan dengan ESteem, yang mengkhususkan diri dalam bisnis fashion seperti model dan desainer, dan SM dapat memimpin pasar global dengan hiburan terbesar di Korea, akan menciptakan berpengaruh baik di Korea dan luar negeri.

2013-sekarang: seniman generasi ketiga dan Internasional K-pop akademi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, SM C & C diperoleh Hoon Media (sebuah perusahaan produksi yang dipimpin oleh Lee Hoon-hee, yang bertanggung jawab untuk KBS serial 1 vs 100, Heroines 6, Kualifikasi Pria, dan Music Bank dan Woollim Entertainment, label rekaman yang bertanggung jawab untuk artis.

Pada bulan Januari 2014, tujuh lembaga bakat di belakang KMP Holdings membentuk kemitraan ikatan kolektif dan membeli 13,48% saham KT Music, meninggalkan KT Perusahaan dengan 49,99%. Pada bulan Februari, S.M. mengakuisisi saham di Baljunso, sebuah label rekaman yang didirikan pada tahun 1991 oleh Kang Byung-yong. Pada tanggal 1 Agustus, S.M. mendebutkan Girl Group Red Velvet, girl group sejak f(x) empat tahun sebelumnya.

Pada bulan Agustus 2015, S.M. bermitra dengan perusahaan olahraga IB Worldwide untuk membuat Galaxia SM, yang bertanggung jawab untuk pegolf Park In-bee, pesenam Son Yeon Jae, dan Choo Shin-soo, Fielder tepat untuk Rangers Texas. Pada tanggal 6 November, ulang tahun ke-10 debut Super Junior, S.M. mengumumkan pembentukan kelompok sendiri sub-label, Label SJ. S.M. Entertainment juga menyiapkan serangkaian toko yang menjual makanan bermerek dengan nama 'SUM Market' dan membuka restoran SMT Seoul.

Pada bulan Januari 2016, Lee Soo-man mengadakan konferensi di SM Coex Artium, berbicara tentang rencana untuk kelompok group baru , NCT ( "Neo Culture Technology"), dengan "anggota unlimited". Unit pertama dari kelompok ini, NCT U, merilis single pertamanya pada bulan April 2016. Pada tanggal 5 Mei, S.M. merilis single pertama di bawah label EDM baru didirikan mereka ScreaM Records, "Wave", menampilkan f(x) anggota Amber dan Luna dan diproduksi oleh Xavi & Gi dan E-mart Electro Mart. ScreaM Records adalah bagian dari S.M. New Culture Technology 2016 proyek, di mana perusahaan juga telah memulai saluran musik digital SM Station dan sejumlah aplikasi mobile. Pada akhir 2016, S.M. mulai mengorganisir League of Legends turnamen yang disebut "2016 S.M. super Celeb League", di mana Heechul dan Baekhyun berpartisipasi dalam pertandingan dengan kedua pemain profesional dan penggemar dari Korea Selatan dan China.

Pada tanggal 16 Februari, 2017, S.M Entertainment telah mengumumkan rencananya untuk membuka sebuah sekolah tinggi yang dinamakan “K-Pop International School” di Seoul pada bulan September tahun ini.

Sekolah yang akan didirikan SM nantinya berfungsi sebagai wadah para siswa yang berbakat sekaligus bersiap menjadi trainee. Kelasnya pun akan terasa spesial karena jurusannya berbeda dengan sekolah pada umumnya. S.M Entertainment mengatakan akan menerima 50-100 siswa di tahun pertama. Sekitar 30 persen berasal dari Korea sementara 70 persen diharapkan berasal dari siswa luar Korea. Ujian masuk ke sekolah ini disetarakan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Sekolah ini nantinya tidak hanya mengajarkan mata pelajaran umum, Para pelajar juga akan mendapatkan pengetahuan seni seperti balet, tari dan musik. Ilmu yang akan didapatkan tentu akan membantu mereka menjadi selebritis ternama di masa depan

Channel YouTube SM Entertainment, SMTOWN, memiliki 10 juta pelanggan. Channel Youtube SMTOWN adalah pelanggan terbanyak untuk label musik dari seluruh Asia

Pada bulan Maret 2017 S.M Entertainment dikonfirmasi telah mengakuisisi 28 persen samam dari Mystic Entertainment dalam hal SM berencana untuk berinvestasi dan bekerja dengan Mystic untuk memperluas bisnis musik mereka, serta membantu Mystic untuk dapat tumbuh menjadi sebuah label musik global dengan membagikan akses ke jaringan, sistem, dan talenta bisnis di seluruh dunia, dan SM dan Mystic juga akan bekerja bersama untuk menciptakan musik baru dan juga konten untuk beragam platform, termasuk mobile dan media.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Persilisihan Kontrak[sunting | sunting sumber]

JYJ (TVXQ)[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Juli 2009, tiga anggota dari S.M. boy grup hiburan TVXQ- Kim Jaejoong, Park YooChun, dan Kim Junsu- diterapkan ke Pengadilan Distrik Pusat Seoul untuk menyelidiki validitas kontrak mereka dengan SM, karena mereka merasa kontrak tiga belas tahun itu terlalu panjang dan bahwa pendapatan tidak cukup dibagikan kepada anggota, tetapi meninggalkan Group itu akan mengarah pada hukuman terminasi dini lebih KR 11000000000 ₩ (sekitar US $ 9.200.000) kabar dari sengketa ini disebabkan SM harga saham KOSPI hiburan untuk mampir 10,06%. Selain itu, 120.000 penggemar TVXQ mengajukan petisi terhadap kontrak jangka panjang S.M. untuk Pengadilan Distrik Pusat Seoul, juga mengajukan kompensasi untuk Konser SMTown Live yang dibatalkan seminggu sebelum tanggal yang dijadwalkan. pengadilan memutuskan dalam mendukung tiga anggota. Sebagai tanggapan, S.M. mengadakan konferensi pers mengklaim bahwa gugatan itu penipuan, dan mengajukan perintah. Pada awal Mei 2010, diumumkan bahwa tiga anggota, Jaejoong, Yoochun dan Junsu, akan kembali ke panggung sebagai JYJ di bawah lembaga manajemen baru, C-JeS Entertainment. perintah itu ditolak oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada 17 Februari 2011, dan keputusan akhir tentang kasus itu ditunda untuk mediasi di bawah departemen kehakiman.Pada tanggal 28 November 2012, selama arbitrase sukarela di Pengadilan Seoul Central District Court, , S.M. Hiburan dan JYJ mencapai kesepakatan bersama untuk mengakhiri semua kontrak antara kedua belah pihak dan tidak mengganggu kegiatan masing-masing di masa depan, menyimpulkan gugatan. S.M. dilaporkan menyatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk mengakhiri litigasi "untuk menghindari membawa bahaya tambahan untuk U-Know Yunho dan Max Changmin, yang aktif sebagai TVXQ, dan untuk menghindari membuat masalah lebih yang tidak dibutuhkan".

Han Geng[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Desember 2009, lima bulan setelah tiga anggota TVXQ mengajukan gugatan mereka dan sementara sengketa masih berlangsung, Han Geng, satu-satunya anggota Cina Super Junior, juga mengajukan gugatan terhadap S.M. untuk alasan yang sama distribusi keuntungan yang tidak adil dan telah menandatangani kontrak tiga belas tahun yang tidak adil yang berisi ketentuan mendukung S.M. dan bahwa ia tidak diizinkan untuk merevisi atau mengakhiri. Han Geng teman dan manajer saat Sun Le juga menyampaikan pernyataan kepada pengadilan Korea mengutip S.M. pelanggaran Entertainment hak Han Geng, yang kemudian bocor melalui internet. Pernyataan itu mengatakan bahwa S.M. telah didiskriminasikan Han Geng finansial serta dalam hal manajemen.Pada tanggal 27 September, 2011 keberangkatan Han Geng dari Super Junior dibuat resmi ketika perwakilan hukum dari kedua Han Geng dan S.M. merilis pernyataan bersama mengatakan bahwa "Han Geng dan S.M. Entertainment telah secara damai menetap di sebuah kesepakatan bersama, dan gugatan itu bisa datang ke dekat setelah Han Geng disampaikan 'Pemberitahuan Penarikan Banding' nya

Kris Wu[sunting | sunting sumber]

Kris Wu Pada tanggal 15 Mei 2014, Kris Wu, anggota Cina-Kanada EXO, mengajukan gugatan untuk mengakhiri kontraknya dengan S.M., seperti pertama kali dilaporkan oleh portal berita Cina Sina. Dia diwakili oleh Cho Bum-suk, pengacara yang sama yang menangani kasus Han Geng 's. Dia meninggalkan grup pada bulan yang sama bahwa gugatan itu dibuat publik, sedangkan sisanya dari kelompok terus untuk mempromosikan single 'Overdosis'. Pada tanggal 21 Juli, 2016, Kris, secara resmi berpisah dengan EXO, namun, kontrak dengan SM berlaku sampai 2022

Jessica Jung[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 September, 2014, Girls 'Generation Jessica mengaku pada posting Weibo bahwa ia telah dipaksa keluar dari Girls'Generation, ia menulis: Saya sangat senang tentang peristiwa penggemar yang akan datang kami hanya untuk mengejutkan diberitahu oleh perusahaan saya dan 8 orang lain bahwa saat ini, aku tidak lagi menjadi anggota. Aku hancur . Prioritas dan cinta saya adalah untuk melayani sebagai anggota GG, tapi tanpa alasan yang dapat dibenarkan, saya dipaksa keluar.

Hari berikutnya, Jessica merilis sebuah pernyataan yang mengklaim bahwa sementara di Agustus 2014 perusahaan dan sesama anggota telah positif tentang peluncuran bisnis fashion-nya, Blanc dan eClare, pada awal September, mereka telah mengubah sikap mereka, dan dia diarahkan untuk baik menutup bisnis atau berhenti promosi sebagai anggota Girls 'Generation. Dia mengaku telah menerima hari sebelum "sepihak pemberitahuan" meminta dia untuk meninggalkan grup.Namun, menurut S.M., Jessica telah memberitahu manajemen di awal musim semi bahwa ia akan meninggalkan grup setelah satu album, tapi sebelum perjanjian bisa dibuat ia mendirikan usaha mandiri nya, yang menyebabkan masalah untuk jadwal kelompok. Hal ini mendorong manajemen untuk mulai mempromosikan Girls 'Generation sebagai delapan anggota dan bukan sembilan, dengan maksud untuk mengumumkan berita; Namun, Jessica sudah "diposting perspektif sendiri". Perusahaan ini kemudian menyatakan bahwa group selanjutnya akan terus delapan, sementara mereka masih akan mengelola jadwal individu Jessica.Pada hari-hari segera setelah berita ini terungkap, saham perusahaan turun KR ₩ 3.350 per saham, dari KR ₩ 40.750 untuk KR ₩ 37.400, kehilangan S.M. total KR 69000000000 ₩ (sekitar US $ 65 juta). Pada tanggal 6 Agustus 2015, Jessica dan S.M. Hiburan mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontraknya, dengan Jessica menyatakan "rilis ini adalah untuk mengkonfirmasi bahwa SM Entertainment dan saya telah resmi berpisah. Aku akan menghargai bertahun-tahun kami menghabiskan dan saya berharap SM keberuntungan yang terbaik dalam semua usaha nya.

Lu Han[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 10 Oktober 2014, Lu Han adalah anggota Cina kedua EXO mengajukan untuk membatalkan kontraknya dengan S.M. Hiburan dan meninggalkan group, lebih dari empat bulan setelah Kris. gugatannya termasuk klaim bahwa S.M. telah disukai divisi Korea EXO-K lebih Cina divisi EXO-M. Dalam waktu 15 menit dari pengumuman, saham perusahaan telah turun 9,41%, dari KR ₩ 37.000 sampai KR ₩ 33.250 per saham. Senilai saham dikontrak oleh 15%, memukul penurunan maksimum harga KOSDAQ memungkinkan untuk sehari, dan jatuh ke level terendah lebih-dari-satu tahun. [66] Pada tanggal 21 Juli, 2016, Lu Han, resmi berpisah dengan EXO, namun, kontrak dengan SM berlaku sampai tahun 2022.

No Min-woo[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2015, No Min-woo, mantan anggota TRAX, mengajukan gugatan terhadap S.M. untuk menundukkan dia untuk kontrak tujuh belas tahun yang melanggar hukum. Tidak ada dugaan bahwa S.M. juga telah mengganggu karirnya setelah ia meninggalkan perusahaan dan mencari KR ₩ 100 juta dalam kerusakan.No Min-woo kehilangan gugatan terhadap SM Entertainment di 21 Juli 2016.

Tao[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Agustus 2015, Tao adalah anggota Cina ketiga EXO untuk mengajukan melawan S.M. dan meninggalkan grup, yang diwakili oleh tim hukum yang sama yang mewakili mantan anggota Kris dan Lu Han. Pada 5 Januari 2016, SM entertainment memenangkan salah satu dari mereka kontra-tuntutan hukum terhadap Tao mengikuti putusan dari Pengadilan Rakyat Menengah di Qingdao, Shandong, di china lembaga menggugat Tao atas kegagalan untuk membayar perusahaan setelah kepergiannya. Mereka merilis pernyataan resmi yang mengatakan "SM memiliki tuntutan hukum yang sedang berlangsung terhadap anggota Kel Wu Yifan (Kris), Luhan, dan Tao karena melanggar kontrak eksklusif mereka dan mengambil bagian dalam promosi ilegal di China. Di antara tuntutan hukum tersebut, SM mengajukan gugatan terhadap Tao karena gagal membayar SM pada tanggal 13 Oktober, 2015. Sebuah pengadilan menengah di Qingdao, Cina membuat putusan yang Tao adalah untuk membayar SM Entertainment serta bunga untuk pembayaran tertunda.

2009 MAMA Awards boikot[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 November 2009, S.M. Hiburan memboikot acara Mnet Asian Music Awards, mengklaim pemesanan mengenai standar keadilan dan kriteria yang digunakan dalam pemilihan Mnet untuk penerima penghargaan. Perusahaan khusus dikutip Girls 'Generation, yang telah menduduki puncak tangga lagu musik Korea selama sembilan minggu berturut-turut dan telah memenangkan berbagai penghargaan untuk single terbaru mereka "Genie", tapi tak pernah menang di M mingguan Mnet! Countdown menunjukkan, dan hanya tampil pada grafik mereka sebulan setelah rilis album. S.M. juga mengutip fakta bahwa pemilih harus membayar biaya, mengatakan bahwa mereka "tidak ingin melihat penggemar menderita kerusakan dari jajak pendapat yang memiliki niat komersial."

Berkas:SMTOWN.png
S.M Entertainment Korea, Selatan
Fair Trade Commission scrutiny[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, Fair Trade Commission Korea (FTC) melakukan penyelidikan S.M. Hiburan kebijakan, terutama mengenai ketentuan kontrak artis mereka, dan menyimpulkan bahwa mereka tidak adil. kontrak artis yang kemudian dikurangi dengan panjang tiga tahun, dan ada pengurangan hukuman untuk pelanggaran-of-kontrak pelanggaran. Semua artis ditandatangani di bawah S.M. pada saat ulang kontrak dengan lembaga di bawah persyaratan baru. S.M. juga salah satu dari lima belas perusahaan didenda dan digugat oleh FTC untuk rigging harga pada tahun 2011.Pada 2012, S.M. dituduh berkolusi dengan distributor musik, tetapi dibebaskan dari tuduhan. Pada tanggal 16 Agustus Pengadilan Tinggi Seoul mengungkapkan keputusan mereka tentang masalah ini: ". FTC (Fair Trade Commission) telah membatalkan semua perintah korektif terhadap SM Entertainment, dan biaya gugatan akan dibayar oleh terdakwa"

Red Velvet music video kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 2014, setelah merilis video musik Red Velvet untuk "Happiness," media Jepang melaporkan bahwa gambar referensi pemboman Hiroshima dan Nagasaki, serta serangan 9/11, terlihat di latar belakang video. S.M. Entertainment menanggapi laporan, yang menyatakan bahwa "setelah mempertanyakan sutradara, kami menemukan bahwa ia hanya menggunakan sumber kolase untuk gambar, dan tidak ada niat di balik itu." Perwakilan itu menambahkan, "Sebagai S.M. tidak dapat menangkapnya sebelum, kami akan menghapus materi yang menyebabkan kesalahpahaman sesegera mungkin. Kami akan memastikan untuk tidak membiarkan hal semacam ini terjadi di masa depan." S.M. kemudian upload versi baru dari video musik tanpa gambar kontroversial.

Anak Perusahaan[sunting | sunting sumber]

  • S.M. Culture & Contents
  • Woollim Label
  • SM Entertainment Japan
  • SM Entertainment USA
  • DreamMaker Entertainment
  • SM Entertainment Beijing
  • SM Food & Beverage Development
  • Galaxia SM
  • SM True
  • SM Brand Marketing
  • ALEL Co., Ltd.
  • Everysing Japan
  • Double K Film&Theatre
  • Label SJ
  • ScreaM Records

Patnership/Grup Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Properti[sunting | sunting sumber]

  • SM-Kraze Inc. (Restaurant)
  • KT Music
  • Baljunso Label
  • SM Coex Artium
  • SM Art Exibition Show
  • SM C & C (Termasuk: AM Entertainment, Wollim Entertainment, Hoon Media)
  • The Celebrity Magazine
  • SUM Market
  • SMT SEOUL (Restaurant)
  • SMT TOKYO (Restaurant)

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Korea Selatan: Cambridge Row House 423, Apgujeong-dong, Gangnam-gu, Seoul (Kantor Pertama)                                                                                                                                           Hanseom Bldg. 648, Samseong-ro, Gangnam-gu, South Korea (Kantor Kedua)                                                                    114Seolleung-ro 190-gil, Cheongdam-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan (Kantor Ketiga) 
Amerika Serikat: Wilshire Blvd, Los Angeles


 Tokyo, Jepang: Minami-aoyama Minato-ku, Toyko

Situs Web[sunting | sunting sumber]

Facebook : SMTOWN (@smtown)
Twitter :SMTOWN GLOBAL (@SMTOWNGLOBAL)
Instagram : (smtown_sum)
V App : SMTOWN

Tempat Perbelanjaan / Restaurant[sunting | sunting sumber]

  • Korea Selatan : SMTOWN Coex Artium.
  • Cheongdam-Dong , Seoul : SMT Seoul
  • Akasaka Minato, Tokyo : SMT Tokyo
  • Osaka-shi, Osaka, Nishi-ku, Kotahorie 1-6-24 : SUM CAFE POP-UP

Roster[sunting | sunting sumber]

Semua artis di bawah S.M. Entertainment secara kolektif dikenal sebagai SMTOWN, sama dengan JYP Nation dan YG Family. SMTOWN dimulai tahun 1999 adalah nama untuk proyek album liburan musim panas dan musim dingin. Album SMTOWN berisi lagu-lagu yang dibawakan artis-artis S.M. Entertainment.

Daftar Artis[sunting | sunting sumber]

Debut Artis Gender Anggota Leader Status Nama Fanclub Warna Fandom
1992 The Blue Laki-laki Son Ji Chang, Kim Min-jong Son Ji Chang Aktif
1993 Tin Tin Five Laki-laki Pyo In-Bong, Lee Woong-Ho, Hong Rocky, Lee Dong-Woo, Kim Kyung-Sik Pyo In-Bong Aktif
1996 Kangta Laki-laki Aktif Club K.I.T White
1997 S.E.S Perempuan Sea, Eugene, Shoo Sea 1997-2002,2016-Sekarang Friend Pearl Violet
2000 BoA Perempuan Aktif Jumping BoA, SOUL (Jepang) Lemon

Yellow

2003 TVXQ Laki-laki Yunho, Changmin Yunho Aktif Cassiopeia,BigEast (Jepang) Pearl Red
2004 TRAX Laki-laki Jay, Jungmo Jay Aktif Traxian Dark Blue
2005 The Grace Perempuan Lina, Dana, Sunday Aktif

(Hiatus)

Shapley Pearl Pink
Super Junior Laki-laki Leeteuk, Heechul, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun Leeteuk Aktif Everlasting Friends (E.L.F) Sapphire

Blue

2006 Zhang Liyin Perempuan Aktif Chocolate Metal Light

Gold

2007 J-Min Perempuan Aktif Green-

Yellow

Girls' Generation Perempuan Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, Seohyun Taeyeon Aktif S💗NE Pastel Rose
2008 SHINee Laki-laki Onew, Jonghyun, Key, Minho, Taemin Onew Aktif SHINee World (Shawol) Pearl Aqua
2009 Beat Burger Laki-laki Shim Jae-won, Gregory Hwang (Hwang Sang-hoon), MQ, Stephen Ju (Joo Sung-min), Flash Finger, King Gu (Gu Jong Pil), Park Kyu-yong Aktif Black
f(x) Perempuan Victoria, Amber, Luna, Krystal Victoria Aktif MeU Periwinkle
2012 EXO Laki-laki Xiumin, Suho, Lay, Baekhyun, Chen, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun Suho Aktif EXO-L Silver
2014 Red Velvet Perempuan Irene, Seulgi, Wendy, Joy, Yeri Irene Aktif Pastel Coral
2016 NCT Laki-laki Taeil, Johnny,Taeyong, Yuta, Doyoung, Ten, Jaehyun, Winwin, Mark, Jeno, Renjun, Haechan, Jaemin, Chenle, Jisung Taeyong (NCT U &

NCT 127)

Mark Lee (NCT Dream

Aktif Lime Green

Soloists[sunting | sunting sumber]


Sub-Unit[sunting | sunting sumber]

Aktor & Aktris[sunting | sunting sumber]


Entertainer :[sunting | sunting sumber]

S.M. C&C[sunting | sunting sumber]

Aktor & Aktris :[sunting | sunting sumber]

Komedian/ Entertainer :[sunting | sunting sumber]

  • Hong Rocky
  • Han Suk Joon
  • Jang Dong Hyuk
  • Jun Hyun Moo
  • Kang Ho Dong
  • Kim Byung Man
  • Kim Kyung-sik
  • Kim Tae-hyun
  • Lee Dong Woo
  • Lee Soo Geun
  • Oh Jung Yeon
  • Ryu Dam
  • Shin Dong Yup
  • Zhang Yuan

Mantan Aktor/Aktris S.M. C&C :[sunting | sunting sumber]

Label SJ[sunting | sunting sumber]

Galaxia SM[sunting | sunting sumber]

Sports (Olahraga)[sunting | sunting sumber]

Daftar Nama Olahragawaan :[sunting | sunting sumber]

  • Choo Shin Soo
  • Son Yeon Jae
  • Ko Jin Young
  • Kim Min Sun
  • Kim Char Young
  • Ahn Shin Ae
  • Oh Ji Hyun
  • Yang Ji Seung
  • Kim Bi O
  • Sim Seok Hee
  • Choi Min Jeong
  • Cha Jun Hwan
  • Kim Min Seok
  • Kim Min Sun
  • Choi Jae Woo
  • Kang Yeo Seo
  • Bang Soo Bin
  • Jeong Hae Rim
  • Kim Kuk Young

SM Kids Model (SM 키즈 모델)[sunting | sunting sumber]

SM Entertainment Kids Model Adalah model anak-anak yang yang mengikuti lebih dari ratusan model yang berusia 4 tahun dan 10 tahun model profesional (CF / Mode) dan partisipasi anak yang menggabungkan bakat dan terjebak dengan potensi pertumbuhan sebagai entertainer masa depan.
Berikut Daftar SM Kids Model :[sunting | sunting sumber]
  • Kim YeJun
  • Bang KangYoo
  • David Janssen
  • Kim WooJoo
  • Kim DoHyun
  • Jung HyunJoon
  • Kim HaEun
  • Park SeA
  • JooHa
  • HaGyeom
  • HyunSeo
  • SeRa
  • EuiJin
  • YoungJun

Proyek Unit[sunting | sunting sumber]

Anggota :[sunting | sunting sumber]
  1. Jay Kim (제이김) TRAX 8 April 1983
  2. Kyuhyun (규현) Super Junior 3 Februari 1988
  3. Max Changmin (최강창민)TVXQ 18 Februari 1988
  4. Yesung (예성) Super Junior 24 Agustus 1984
  5. Taeyeon (태연) Girls' Generation 9 Maret 1989
  6. Jonghyun (종현) SHINee 8 April 1990
  7. Krystal (크리스탈) f(x) 24 Oktober 1994
  8. Chen (첸) EXO-M 21 September 1992
  9. Zhou Mi (조미) Super Junior-M 19 April 1986
  10. Zhang Liyin (장리인) - 28 Februari 1989

Anggota :[sunting | sunting sumber]

  1. Key (), SHINee 23 September 1991 (umur 25)
  2. Woohyun (우현), Infinite 08 Februari 1991 (umur 25)

Seniman Studio[sunting | sunting sumber]

Komponis/Produser[sunting | sunting sumber]

F(X)

Lirik Korea[sunting | sunting sumber]

Lirik Mandarin[sunting | sunting sumber]

  • Liu Yuan
  • Wang Yajun
  • Zhou Weijie
  • Lin Xinye
  • T-Crash

Koreografer[sunting | sunting sumber]

  • Gregory Hwang (Performance Director)
  • Shim Jae-won (Performance Director)
  • Shin Soo-jung
  • Mihawk Back
  • Rino Nakasone
  • Kasper

Pianis[sunting | sunting sumber]

S.M. Rookies[sunting | sunting sumber]

S.M Rookies adalah kelompok trainee S.M Entertainment yang tampil dalam berbagai macam aktivitas promosi.

SR16B[sunting | sunting sumber]

  • Ji Hansol (Hansol)
  Asal : Busan, South Korea           
  • Qian Kun (Kun) (1996)
  Asal : Fujian, China
  • Wong Yuk Hei (Lucas) (1999)
  Asal : Hong Kong, China

SR16G[sunting | sunting sumber]

  • Yi Yang (Yiyang) (1997)
  Asal : Sichuan, China
  • Ko Eunji (Koeun) (1999)
  Asal : Seoul, South Korea
  • Hina Chan (Hina) (2000)
  Asal : Nagoya, Jepang
  • Seo Hye In (Herin) (2002)
  Asal : Manchester, Inggris
  • Ning Ning (Ningning) (2002)
  Asal : Harbin, China
  • Kim Sung-Kyung (Lami) (2003)
  Asal : Busan, Korea Selatan

Mantan Musisi/Penyanyi[sunting | sunting sumber]

Debut Artis Gender Anggota Leader Keluar Fanclub Warna Resmi
1996 H.O.T. Laki-laki Moon Hee-jun, Jang Woo Hyuk, Tony An, Lee Jae Won Moon Hee-jun 2001 Club H.O.T White
1998 Shinhwa Laki-laki Eric Mun, Lee Min-woo, Kim Dong-wan, Shin Hye-sung, Jun Jin, Andy Lee Eric Mun 2003 Shinhwa Changjo Orange
2002 Shinvi Perempuan Yoo Soo-jin, Oh Sang-eun, Yoo-na Yoo Soo-jin 2003 Linos Teal
1999 Fly to the Sky Laki-laki Hwanhee, Brian Joo 2004 Fly High Sky Blue
2001 M.I.L.K Perempuan Park Heebon, Seo Hyun-jin, Kim Bomi, Bae Yumi Park Heebon 2004 Milkyway Pink
2002 Isak 'N' Jiyeon Perempuan Lina, Kim Isak 2004 Wine
2004 Kang Jung Woo Laki-laki Jay, Jungmo 2006 Traxian Cobalt Blue
2002 Blackbeat Laki-laki Lee So Min, Hwang Sang Hoon, Jung Ji Hoon, Shim Jae Won, Jang Jin Young Lee So Min 2007 Soul Black Black
2001 Jang Nara Perempuan 2008 Fly Lovers Pearl Blue
2003 Kim Jaejoong Laki-laki Yunho, Changmin 2009 Cassiopeia, BigEast (Jepang) Pearl Red
2003 Kim Junsu Laki-laki 2009
2003 Park Yoo Chun Laki-laki 2009
2004 No Min-woo Laki-laki Jay, Jungmo 2009 Traxian Cobalt Blue
2005 Han Geng Laki-laki Leeteuk, Heechul, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun __ 2009 Everlasting Friends (E.L.F) Sapphire Blue
2007 Jessica Jung Perempuan Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, Seohyun Tae Yeon 2014 SONE Pink Pastel
2012 Kris Wu Laki-laki Xiumin, Suho, Lay, Baekhyun, Chen, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun Suho 2014 EXO-L Silver
2012 LuHan Laki-laki 2014
2012 Huang Zi Tao Laki-laki 2015
2005 Kim Kibum Laki-laki Leeteuk, Heechul, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun 2015 Everlasting Friends (E.L.F) Sapphire Blue
2005 Stephanie Perempuan Lina, Dana, Sunday 2016 Shapley Pearl Pink

Catatan :[sunting | sunting sumber]

  • Setelah H.O.T. dibubarkan pada tahun 2001, Jang Woo-hyuk, Tony An dan Lee Jae-won meninggalkan S.M. Entertainmet untuk membentuk trio JTL. Moon Hee-jun dan Kangta tetap sebagai artis solo. Pada tahun 2005, Moon Hee-Jun berpisah dengan S.M. Entertainmet.
  • Setelah S.E.S. dibubarkan pada tahun 2002, Bada dan Eugene meninggalkan S.M. Entertainment. Shoo tetap sebagai artis solo dan berpisah dengan S.M. Entertainment pada tahun 2006. Dari November 2016 hingga Januari 2017, mereka membuat comeback untuk merayakan debutnya 20th Anniversary mereka di bawah S.M. Entertainment.
  • Pada Tahun 2003 kontrak SM Entertainment 5 tahun dengan Shinhwa berakhir, sehingga memungkinkan Shinwa untuk baik menandatangani label kontrak atau tombol lain. Lee Soo Man, kepala S.M. Entertainment, hanya ingin menandatangani Eric Mun, Shin Hye-sung, Andy Lee, Jun Jin, dan Lee Min-woo, tetapi mereka menolaknya. Eric sebagai pemimpin dan yang paling populer dan memiliki paling sangat jumlah kontrak pada waktu itu membuat keputusan bahwa mereka ingin tetap bersama-sama sebagai sebuah kelompok dengan semua anggota hadir sebagai Shinhwa dan tidak solo. Dengan demikian, Shinwa ini menolak tawaran tersebut dan beralih ke manajemen baru. Good Entertainment. Gerakan ini memicu kontroversi ketika Lee membantah izin untuk menggunakan nama Shinhwa dengan perusahaan yang berbeda. Namun, setelah argumen dibawa ke pengadilan, Shinhwa menang, yang memungkinkan mereka untuk memegang hak untuk menggunakan nama "Shinhwa".
  • M.I.LK dibentuk di bawah anak label S.M. Entertainment, BM Entertainment pada tahun 2001. Mereka bubar ketika Bae Yu-mi meninggalkan grup pada tahun 2003. Sekarang setiap anggota telah pergi untuk melakukan proyek-proyek individu mereka sendiri seperti akting, menyanyi, MCing , VJing, dan Modeling.
  • Sugar dibentuk di bawah label anak S.M. Entertainment, Star World pada tahun 2001. Mereka bubar ketika Park So-jin meninggalkan grup pada tahun 2006. Ayumi Lee dipindahkan ke S.M. Entertainment pada tahun 2007. Pada tahun 2008, Ayumi Lee kemudian menandatangani Avex untuk mengejar karirnya di Jepang. Sekarang masing-masing anggota telah pergi untuk melakukan proyek-proyek individu mereka sendiri seperti akting, menyanyi dan Modeling.
  • Setelah Isak N Jiyeon dibubarkan pada tahun 2004, Jiyeon mengambil nama panggung dari Lina dan menjadi anggota The Grace, dibentuk pada tahun 2005. Isak menjadi VJ dan radio DJ untuk Arirang. Isak meninggalkan S.M. Entertainment pada tahun 2012.
  • No Min-woo dan Kang Jung-woo (sebagai Attack) memulai debutnya sebagai anggota TRAX pada tahun 2004.
  • Kim Jae-joong (sebagai Hero Jaejoong), Park YooChun (sebagai Micky Yoochun), dan Kim Junsu (sebagai Xiah Junsu) memulai debutnya pada tahun 2003 sebagai anggota TVXQ. Pada tahun 2009, tiga mengajukan gugatan terhadap S.M. Entertainment, kemudian meninggalkan TVXQ. Pada tahun 2010, dan mereka membentuk JYJ di bawah label C-Jes Entertainment.
  • Han Geng memulai debutnya pada tahun 2005 sebagai anggota dari Super Junior. Dia meninggalkan grup pada tahun 2009 setelah pengajuan pemutusan kontrak.
  • Jessica Jung memulai debutnya pada tahun 2007 sebagai anggota Girls 'Generation. Dia meninggalkan grup pada bulan September 2014 ,ntuk mengejar aktivitas individu. Pada bulan Agustus 2015, ia mengumumkan bahwa ia telah resmi berpisah dengan S.M. Entertainment.
  • Kibum memulai debutnya pada tahun 2005 sebagai anggota dari Super Junior. Dia sementara meninggalkan grup pada tahun 2009 untuk mengejar karier akting. Pada bulan Agustus 2015, ia mengumumkan bahwa ia telah resmi berpisah dengan S.M. Entertainmet.
  • Stephanie memulai debutnya pada tahun 2005 sebagai anggota The Grace. Pada Mei 2016, ia mengumumkan bahwa ia telah resmi berpisah dengan S.M. Entertainment.

Mantan Aktor/Aktris[sunting | sunting sumber]

Yoona Park (2009-2013)
 Go Ara (20P05-2016)

Mantan Trainee[sunting | sunting sumber]

Wheesung (sekarang di bawah YMC Entertainment)
Lee Jun-ki (sekarang di bawah Namoo Actors, sebagai actor)
Heo Young Saeng (sekarang di bawah B2M Entertainment, sebagai penyanyi soloist dan anggota SS501)
Sol Bi (sekarang di bawah Histar Entertainment, sebagai penyanyi soloist )
Park Soyeon (sekarang di bawah MBK Entertainment, sebagai anggota T-ara))
Park Gyuri (sekarang di bawah Motion Media, sebagai mantan anggota Kara dan mantan leader Kara)
Gong Seung yeon (sekarang di bawah Yuko Company, sebagai artis)
Lee Sun-mi (sekarang di bawah MakeUs Entertainment, sebagai mantan anggota Wonder Girls)
Park Jung-min (sekarang di bawah Yamaha A&R, sebagai anggota SS501)
Go Woo-ri (sekarang di bawah DSP Media, sebagai mantan anggota Rainbow)
Timoteo (sekarang di bawah K.O Sound, sebagai anggota HOTSHOT)
Cho Hyun-young (sekarang di bawah DSP Media, sebagai mantan anggota Rainbow)
Heo Chanmi (mantan anggota Co-Ed School, 5Dolls, dan Produce 101 contestant)
Raina (sekarang di bawah Pledis Entertainment, sebagai anggota After School anggota Orange Caramel)
Lee Jong-suk (sekarang di bawah YG Entertaiment, sebagai actor)
Zico (sekarang di bawah Seven Seasons, sebagai leader Block B)
Kwon Soonil (sekarang di bawah Fluxus Music, sebagai anggota Urban Zakapa)
Lee Hwan-hee (sekarang di bawah Worthy Entertainment, sebagai artis soloist)
Lee Hyori (sekarang di bawah B2M Entertainment, sebagai penyanyi solo, mantan leader Fin.K.L)
G-Dragon (sekarang di bawah YG Entertainment, sebagai anggota Big Bang dan leader Big Bang)
Hwang Bora (sekarang di bawah SY Entertainment, sebagai artis)
Heo Gayoon (sekarang di bawah BS Company, mantan anggota 4minute)
Lee Sungyeol (sekarang di bawah Woollim Entertainment, sebagai anggota Infinite)
Yeonjung (sekarang di bawah Starship Entertainment, sebagai Cosmic Girls (WJSN) dan mantan anggota I.O.I )
Lee Lu Da (sekarang di bawah Starship Entertainment, sebagai anggota Cosmic Girls (WJSN))
Cheng Xiao  (sekarang di bawah Starship Entertainment, sebagai anggota Cosmic Girls (WJSN))
Cho Jin Ho (sekarang di bawah Cube Entertainment, sebagai anggota Pentagon)
Choi Jae-hyun (sekarang sebagai Boys48 contestant)
Lee Hwa-young (sekarang sebagai Boys48 contestant)
Hwang In-ho  (sekarang sebagai Boys48 contestant)
Park Doha (sekarang sebagai anggota Boys48)
Kahi (sekarang di bawah Bonboo Entertainment, sebagai penyanyi soloist, mantan anggota After School)
Song Da-hye (sekarang di bawah YNB Entertainment, sebagai anggota BESTie)
Jessi (sekarang di bawah YMC Entertainment, sebagai penyanyi soloist dan anggota LuckyJ)
Ace (sekarang di bawah JUZ Entertainment, sebagai anggota Ninety One)
Yoon Yong Bin (sekarang di bawah Banana Culture Entertainment, sebagai Produce 101 Season 2 contestant)
Park Ji-hoon (sekarang di bawah Maroo Entertainment, sebagai Produce 101 Season 2 contestant)
SM Station.png

Projects[sunting | sunting sumber]

SM Station[sunting | sunting sumber]

SM Station adalah proyek musik digital oleh label rekaman asal Korea Selatan, S.M. Entertainment. Pada proyek ini, pihak agensi akan mengeluarkan satu buah karya baru setiap pekan dengan menampilkan artis yang berbeda selama satu tahun dan dimulai dari tanggal 3 Februari 2016.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

SM Station diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO Lee Soo-man selama jumpa pers pada 27 Januari 2016 sebagai bagian dari proyek besar "New Culture Technology" dari S.M. Entertainment.[2] Proyek ini bertujuan untuk menampilkan para produser dan artis dari S.M. Entertainment, serta menyuguhkan kolaborasi bersama artis dari luar label.[3] Singel pertama proyek ini, "Rain" oleh Taeyeon, dirilis pada 3 Februari dan disusul oleh singel kolaborasi pertama untuk proyek ini yang berjudul "Tell Me (What Is Love)" oleh D.O. EXO dan Yoo Young-jin pada 19 Februari.[4] Setelah itu, sebuah singel baru dirilis setiap Jumat berikutnya.[1]

Yoon Mi-rae menjadi artis luar S.M. Entertainment pertama yang berpartisipasi dalam proyek ini dengan merilis singel "Because Of You" pada 26 Februari.[5] Singel "Spring Love" oleh Wendy Red Velvet dan Eric Nam dirilis pada 4 Maret dan menandakan sebagai singel kolaborasi pertama bersama artis luar S.M. Entertainment.[6]

Single Yang Diliris[sunting | sunting sumber]

2016[sunting | sunting sumber]

Title Artists/Producers Release Peak chart
positions
KOR
US
World

"Rain" Taeyeon February 3 1 3
"Tell Me (What Is Love)" Yoo Young-jin X D.O. February 19 12 2
"Because of You" Kenzie X Yoon Mi-rae X Matthew Tishler February 26 19
"Spring Love" (봄인가 봐) Eric Nam X Wendy March 4 7
"Deoksugung Stonewall Walkway" (덕수궁 돌담길의 봄) Yoona (feat. 10cm) March 11 24 7
"Your Voice" (한마디) Heritage X Jonghyun March 18 106
"Borders" Amber March 25 205
"Regrets and Resolutions" Moon Jung-jae X Kim Il-ji April 1
"Lil' Something" (썸타) Vibe X Chen X Heize April 8 12 17
"Narcissus" (나르시스) M&D (Heechul, Jungmo) X Wheein (of Mamamoo) April 15 140
"Pain Poem" (서툰 시) Kim Bum-soo X Kenzie April 22 97
"Mindjack" Inlayer April 29
"Wave" R3hab X f(Luna+Amber) X Xavi&Gi May 6 5
"The Day" K.Will X Baekhyun May 13 8 21
"Touch You" (울려 퍼져라) Dana May 20 228
"Monodrama" (独角戏) Lay May 27 155 5
"You're The Boss" (너만 잘났냐) Yoon Jung-soo X Kim Sook June 3
"Heartbreak Hotel" Tiffany (feat. Simon Dominic) June 10 84
"No Matter What" BoA X Beenzino June 17 7 17
"Definition of Love" Lee Dong Woo X Orphée Noah June 24
"My Hero" (나의 영웅) Leeteuk X Suho X Kassy X Cho Yeongsu July 1 177
"Way Back Home" (집 앞에서) J-Min X Sim Eun-jee July 8
"My Show" Cha Ji-yeon X LDN Noise July 15
"All Mine" f(x) July 22 12 2
"Taste The Feeling" NCT 127 X Coca-Cola July 29
"Sailing (0805)" (그 여름 (0805)) Girls' Generation August 5 13 6
"Starry Night" (밤과 별의 노래) Onew X Lee Jin-ah August 12 47
"Secret" Pantene X Yuri X Seohyun August 19 147 10
"Born to be Wild" JYP X Hyoyeon X Min X Jo Kwon[9][10] August 26 164 11
"$10" Hitchhiker September 2
"Pit-A-Pat" (두근두근) SM X BANA September 9
"Dancing King" Yu Jae Seok X EXO September 17 2 2
"Cosmic" Bada X Ryeowook September 23
"Heartbeat" Amber X Luna (feat. Ferry Corsten, Kago Pengchi) October 2
"Years" Alesso X Chen October 7
"Runnin'" (우리 둘) Henry X Soyou October 14
"Music is Wonderful" BeatBurger (feat. BoA) October 19
"Nightmare" Yoon Do-hyun X Reddy X G2 X Inlayer X Johnny October 28
"Always In My Heart" (이별을 배웠어) Joy X Seulong November 4 10
"Still" (보여) Sunday X Kim Tae-hyun November 10
"Sweet Dream" (나비잠) Kim Hee-chul X Min Kyung-hoon November 19 1
"Love [story]" S.E.S. November 27 22
"Mystery" Hyoyeon December 2 12
"INSPIRATION" Jonghyun December 9
"It's You" (그대라서) Shin Yong-jae X Luna December 16 95
"Have Yourself A Merry Little Christmas" Wendy X Moon Jung-jae X Nile Lee December 23
"Sound of Your Heart" (너의 목소리) Yesung X Sunny X Luna X Seulgi X Wendy X
Taeil X Doyoung X Lee Dong Woo X Steve Barakatt
December 30

2017[sunting | sunting sumber]

Title Artists/Producers Release Peak chart
positions
Sales
(DL)
KOR GAON US
World
"Road" (길) TRAX January 6 N/A
"Sparks Fly" Yoon Do-hyun January 13
"Darling You" Yesung X Seulgi January 22
"When My Loneliness Calls You" (나의 외로움이 널 부를 때) Punch January 27
"Curtain" Suho X Song Young-joo February 3 TBA

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Filmografi/Drama[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama : S.M. Culture & Contents § Filmography

Teater Musikal[sunting | sunting sumber]

Variety/Reality show[sunting | sunting sumber]

Bekerja Sama Dengan S.M Culture Contents

  • XOXO EXO (2014)
  • EXO 90:2014 (2014)
  • Super Junior M-Guest House (2014)
  • The Mickey Mouse Club (2015)
  • Same Bed Different Dreams (2015)
  • Two Yoo Project Sugar Man (2015)
  • Knowing Bros (2015)
  • f(x)=1cm (2015)
  • Tribe of Hip Hop 2
  • Hit The Stage (2016)
  • HY1000like
  • Get it beauty in New York
  • Laundry Day
  • NCT Life (2016)

S.M Entertainment Mobile Aplikasi[sunting | sunting sumber]

  • Vryl

Official Aplikasi

  • Everysing

Aplikasi Karaoke

  • Everyshot

Official Aplikasi

  • Fanbook

Official Aplikasi

  • SMTOWN NOW

Official Megazine

  • SMTOWN Theater

Official Aplikasi

  • SMTOWN

Official Aplikasi

Konser[sunting | sunting sumber]

SMTOWN Tour In :[sunting | sunting sumber]

Anaheim (20 Mei 2012)[tampilkan]

Hsinchu, Taiwan (9 Juni 2012)[tampilkan]

Tokyo, Japan (4/5 Agustus 2012)[tampilkan]

Seoul, Korea Selatan (18 Agustus 2012)[tampilkan]

Jakarta, Indonesia (22 September 2012)[tampilkan]

Bangkok, Thailand (25 November 2012)[tampilkan]

Malaysia (11 Januari 2014)[tampilkan]

Jadwal Tur[sunting | sunting sumber]

Tanggal Kota Negara Tempat 20 Mei 2012 Anaheim Amerika Serikat Honda Center 9 Juni 2012 Hsinchu Taiwan Hsinchu County Stadium 4 Agustus 2012 Tokyo Jepang Tokyo Dome 5 Agustus 2012 18 Agustus 2012 Seoul Korea Seoul Olympic Stadium 22 September 2012 Jakarta Indonesia Stadion Utama Gelora Bung Karno 23 November 2012 Singapura Singapura The Float@Marina Bay 25 November 2012 Bangkok Thailand SCG Stadium 11 Januari 2014 Malaysia Kuala Lumpur Istana Budaya

Catatan S.M. Entertainment[sunting | sunting sumber]

  • Saat in S.M. Entertainment adalah perusahaan musik dengan jumlah terbesar dari karyawan / seniman, aktor, aktris, kelompok musik, produser, composer, koreografer, penata, manajer, dll
  • SM C & C, anak perusahaan SM, telah bergabung dengan Woollim Entertainment, menciptakan sebuah perusahaan independen yang disebut Woollim Label. Label ini akan mengurus semua manajemen perusahaan sementara S.M. Entertainment hanya akan membantu untuk mempromosikan seniman dari Woollim luar negeri.
  • Mereka adalah artis Korea pertama yang tampil di Madison Square Garden di New York.
  • Selama seminggu khusus Natal yang disebut "SMTOWN WEEK" diadakan di mana band dilakukan selama 1 atau 2 hari untuk melakukan konser. Dari 21 ke 29 Desember Grup disajikan dengan topik yang berbeda seperti :

1. SHINee "The Wizard" (21 Desember)

2. F(x) & EXO "Christmas Wonderland" (F (x) tanggal 23 dan EXO 24 Desember)

3. TVXQ (DBSK) "Time Slip" (26 dan 27 Desember)

4. Super Junior "Treasure Island" (28 Desember dan 29)

  • S.M. Entertainment menghasilkan musik hologram yang disebut "School OZ". Para seniman yang berpartisipasi dalam musik adalah: Luna (F (x)), Changmin (TVXQ), Seulgi (Red Velvet), Key (SHINee), Suho dan Xiumin (EXO). musik ini tercatat selama hampir 2 bulan dan perdana pada 14 Januari 2015.
  • Pada tanggal 26 Agustus S.M. Entertaiment meluncurkan permainan yang disebut "SuperstarSMTOWN", dalam permainan muncul lagu-lagu dari Grup dan Soloist perusahaan selain kartu tertagih dari masing-masing dari mereka.
  • Pada tahun 2016 S.M. Entertainment membentuk grup baru bernama NCT
  • Dalam aliansi strategis, perusahaan pemasaran olahraga IB Worldwide (CEO Calce Woo Taek) dan SM Entertainment (Kim Young CEO Min) bermitra melalui reksa dana. SM Entertainment juga secara resmi menyatakan bahwa itu akan menjadi penerbitan saham IB baru di dunia seharga sekitar 65 juta won atau $ 54.000.000, nilai. Ini adalah pertama kalinya di Korea bahwa hiburan atas dan perusahaan olahraga telah bekerja sama dalam kemitraan strategis. Kedua perusahaan berencana untuk mengungkap pasar Sportainment global yang bersama-sama. Dengan nama SM Galaxi adalah bintang-bintang olahraga di Bee Park (golf), Son Yeon Jae (berirama pesenam), Choo Shin Soo (bisbol), berbunyi Suk Hee (pelari pendek pada track), Ryu So Yeon), Choi Jae woo, dan Cha Joon Hwa (es skater), yang akan mengelola dan menyediakan jasa konsultasi untuk. Calce Woo Taek berkomentar: "Kami berharap bahwa melalui kolaborasi dari dua bintang dari perusahaan dan pemasaran pengalaman itu akan mungkin untuk membuat konten peledak Melalui konten pembunuhan tersebut kami akan meningkatkan nilai kami melalui peristiwa, merchandising, peduli kesehatan dan pemasaran digital. . sehingga Sportainment dapat lebih meningkatkan nilai Hallyu dan manfaat Korea dalam jangka panjang "kata Kim Young Min:" kemitraan ini penting karena dengan pemasaran dan bisnis model baru tersebut, kami berniat untuk tidak hanya menargetkan pasar domestik tetapi global seperti Cina. kami akan melakukan yang terbaik untuk menjadi bisnis konten Sportainment. lembaga global dan global bahwa dunia bisa menghargai. "
  • S.M. Entertainment mencari untuk memperluas kehadirannya di pasar Cina dengan berkolaborasi dengan Portal terbesar China Baidu. Pada tanggal 8 Mei 2014, SM entertinment Presiden Lee Soo Man bertemu dengan CEO Baidu Grup Robin Lee untuk menandatangani Perjanjian Understanding (MOU). SM Entertainment, SM C & C, Baidu dan Baidu layanan video online, iqiyi, akan menjadi bagian dari perjanjian ini. Baidu dan iqiyi dilaporkan memiliki suara dalam distribusi musik SM dan video di Cina, sementara ini akan memberikan kontribusi pada pengembangan artis SM, program baru dan K-Pop komunitas online di Cina.
  • S.M. Entertainment akan bergabung Avex Group Holdings dan Universal Music Japan untuk memulai sebuah perusahaan baru di Jepang. perwakilan SM Entertainment Lee Soo Man bertemu dengan Universal Music Japan Presiden Naoshi Fujikura dan Shinji Hayashi dari Avex Vanguard pada tanggal 30 April untuk membahas pembentukan Everysing Jepang. "Everysing Jepang" akan menjadi perusahaan yang akan sangat memperkuat strategi musik digital dari perusahaan yang berpartisipasi dalam industri musik Jepang. Dalam konferensi tersebut, SM Entertainment, Avex Vanguard dan Universal Music Japan berbicara tentang mengambil langkah di luar model bisnis pengiriman konten saat ini dan membangun layanan kreatif yang unik yang memanfaatkan masing-masing kekuatan perusahaan. "Everysing", aplikasi karaoke dari SM Entertainment, yang di produksi untuk debut di pasar Jepang sebagai "Everysing Jepang" pada bulan September. The "Everysing" aplikasi tidak hanya aplikasi karaoke, tetapi juga memiliki layanan merekam, membuat distribusi melalui media sosial dan partisipasi dalam audisi mudah. Sebagai pemilik konten, ia juga mengembangkan layanan di mana pengguna bahkan bisa menyanyi duet dengan artis didirikan. The "Everysing" app saat ini nomor satu di aplikasi karaoke di Google Play Store.
  • Menurut laporan SM diperoleh instansi lain masih belum diketahui persis apakah itu diperoleh atau itu merger lain seperti WOLLIM LABEL.
  • S.M. Entertainment bermitra dengan agen model Korea Selatan No 1, Esteem.
  • Pada tanggal 17 Februari, sebuah sumber industri kenal dengan perusahaan menyatakan: "SM Entertainment sedang mempersiapkan untuk membuka toko yang disebut 'SUM Market' di lantai dasar dari perusahaan mereka dan akan menjual konten Hallyu dan makanan." SM Entertainment saat ini beroperasi di empat lokasi yang berbeda di sekitar Seoul di mana mereka menjual barang-barang artis mereka di bawah "SUM" label. SUM Pasar akan mengkhususkan diri dalam penjualan barang-barang makanan dari seniman seperti "Super Junior Super Nuts", "EXO Sticky Rice Kue", "Girls 'Generation Wine" dan lain-lain
  • Pada 2016, SM Entertaiment mencapai kesepakatan dengan Luhan dan Wu Yi Fan, lembaga tersebut akan mengatur dan menangani kegiatan ini sampai akhir Cotrato. Meski telah kembali ke agen, mereka tidak akan menjadi bagian dari EXO lagi.
  • Pada tanggal 12 Agustus, 2016, S.M. Entertainment menandatangani kesepakatan dengan perusahaan besar Keyeast Entertainment (lembaga dari aktor dan aktris) untuk bergabung dan berkolaborasi satu sama lain, untuk memperkuat daya saing mereka.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Distribusi Label[sunting | sunting sumber]

  • Korea Selatan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The big 3 of Korean pop music and entertainment : The DONG-A ILBO". english.donga.com. Diakses tanggal 2016-04-20. 
  2. ^ Forbes Staff (31 Juli 2013). "Korea's S.M. Entertainment: The Company That Created K-Pop". Forbes. 
  3. ^ "SMTOWN J-POP ZONE". S.M. Entertainment. 
  4. ^ "041510.KQ Income Statement | S.M. Stock - Yahoo! UK & Ireland Finance". uk.finance.yahoo.com. Diakses tanggal 2016-04-20. 
  5. ^ Friedrichsen, Mike; Mühl-Benninghaus, Wolfgang (2013). Handbook of Social Media Management: Value Chain and Business Models in Changing Media Markets. Berlin: Springer Science & Business Media. p. 553. ISBN 978-3-642-28896-8. 
  6. ^ "소년공화국 "이름 때문에 북한 아이돌 아니냐더라"". Daum 연예. Diakses tanggal 2016-05-17. 
  7. ^ "After 20 years, S.M. Entertainment to expand overseas base". koreatimes. 2015-12-07. Diakses tanggal 2016-05-17. 
  8. ^ Koh Young-aah "Super Junior members set to make move into musicals" Korea Herald. 30 Mei 2008. Diakses tanggal 3 April 2012.
  9. ^ "S.M. and JYP join forces for epic collaboration". Kpop Herald. 24 August 2016. Diakses tanggal 30 August 2016. 
  10. ^ [단독]JYP, SM스테이션 전격 참여..'효연+조권+민' (dalam Korean). Entertainment Naver. 11 August 2016. Diakses tanggal 25 August 2016.