Seohyun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SeoHyun
Seohyun at musical Mamma Mia press conference in January 2016 03.jpg
Seohyun, Januari 2016
Nama asal 서주현
Lahir Seo Joo-hyun
28 Juni 1991 (umur 26)
Seoul, Korea Selatan
Pekerjaan
Karier musik
Genre K-pop
Instrumen
Tahun aktif 2007–sekarang
Label S.M. Entertainment
Artis terkait
Situs web girlsgeneration.smtown.com
Tanda tangan
Seohyun signature.png
Nama Korea
Hangeul
Hanja [1]
Alih Aksara yang Disempurnakan Seo Ju-hyeon
McCune–Reischauer Sŏ Chu-hyŏn
Nama panggung
Hangeul 서현
Alih Aksara yang Disempurnakan Seohyeon
McCune–Reischauer Sŏhyŏn

Seo Joo-hyun (lahir 28 Juni 1991; umur 26 tahun), lebih dikenal sebagai Seohyun adalah penyanyi dan aktris Korea Selatan. Dia adalah anggota dari grup penyanyi perempuan Korea Selatan Girls' Generation dan sub-kelompoknya Girls' Generation-TTS.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Seohyun dilahirkan di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 28 Juni 1991. Ia merupakan anak tunggal. Ia mengambil kursus piano jazz. Ia pernah ditunjuk sebagai duta olahraga siswa oleh Seoul Metropolitan Office. Ia bersekolah di Seoul Middle School dan Daeyoung High School, kemudian ia dipindahkan ke Jeonju Arts High School dan tamat sekolah dengan prestasi "Achievement Award". Kemudian ia melanjutkan ke Universitas Dongguk bersama Yoona. Seohyun juga dikenal sebagai member yang paling pandai. Ia mengatakan bahwa ia mampu menjadi peringkat 1, namun karena kesibukan bersama SNSD ketika ia SMA, ia hanya mampu meraih peringkat 2.

Karier[sunting | sunting sumber]

Girls' Generation[sunting | sunting sumber]

Singel solo[sunting | sunting sumber]

Seohyun pernah merilis berbagai solo dengan Jessica dan Tiffany, yang pertama berjudul "Oppa Nappa" bahasa Korea: 오빠 나빠 dan yang kedua berjudul "Mabinogi(It's Fantastic!)" yang digunakan sebagai tema lagu di sebuah video game. Pada tanggal 17 Februari 2009, Seohyun menyanyikan duet trot bersama Joo Hyun-mi (feat.Davichi) berjudul "JjaRaJaJja" bahasa Korea: 짜라자짜.Lagu ini mendapatkan penghargaan dengan nominasi "Trot Music of The Year". Bersama Taeyeon, Jessica, Sunny, Sooyoung dan anggota Super Junior yaitu Leeteuk, Kyuhyun, Sungmin, Lee Donghae, Ryeowook, Shindong, Eunhyuk, Yesung, Seohyun menyanyikan lagu Seoul Song. Untuk promosi Carribean Bay, Seohyun juga pernah menyanyikan lagu Cabi Song bersama Yoona, Yuri dan anggota boyband Korea 2PM. Di sebuah drama MBC yang berjudul Kim Soo Ro ia menyanyikan singel berjudul "It's Okay Even If It Hurts" bahasa Korea: 아파도 괜찮아요. Singel itu dirilis tanggal 25 Juni 2010.

Di SMTown Live '10 World Tour ia melakukan duet spesial dengan member Super Junior yaitu Kyuhyun dengan judul lagu "Call My Heart Out".

Seohyun juga ikut berduet dengan TVXQ! untuk singel 'Journey' di album TVXQ! Keep Your Head Down Repacked pada Maret 2011. Di sebuah drama SBS yang berjudul Fashion King pada tahun 2012, Seohyun kembali menyanyikan singel berjudul " I'll Be Waiting " bahasa Korea: 기다릴게요. Singel itu dirilis tanggal 19 Maret 2012. Drama tersebut diperankan oleh rekan se-grupnya, Yuri.[2]

Drama Musikal

Seohyun mengawali debut musikalnya dengan 'The Moon That Embrace the Sun', bersama Kyuhyun dari Super Junior. Ia disambut dengan meriah oleh masyarakat ketika dikabarkan akan ikut berperan dalam drama musikal tersebut.

Sosok yang pekerja keras, giat, dan pantang menyerah tersebut, kembali mengambil peran dengan drama musikal bertajuk 'Gone With The Wind'. Seohyun berhasil membuat kagum, bukan hanya para penggemar, namun orang-orang tua yang menonton drama musikal tersebut. Beberapa penggemar menceritakan sebagaimana seorang ibu disampingnya takjub oleh Scarlett, namun ibu tersebut pun tidak mengetahui bahwa Scarlett yang dikaguminya merupakan Seohyun. Beberapa lagu yang dinyanyikan Seohyun pada drama tersebut adalah 'Seule', 'Nous ne sommes pas', 'Vous dites', dan ' Je Rentre Maman'.

Berhasil membuat takjub masyarakat dunia, dengan dua musikal terdahulunya, Seohyun kembali membuat penggemar gembira dengan ' Mamma Mia'. Setelah dikagumi oleh sosok ibu-ibu dan orang tua, kini Seohyun membuktikan kepopuleran dirinya dengan anak-anak. Sangat kagumnya anak-anak tersebut, mereka pun rela menunggu Seohyun yang akan segera pulang dari Theater, dengan cuaca yang dingin.

Kualitas vokal maupun warna suara miliknya pun mampu menandingi kualitas milik Taeyeon dan Jessica, setelah ia menjalankan trainee kembali untuk drama musikalnya. Hingga kini, ia mampu dipanggil dengan gelar ' The Next OCK JOO HYUN'.

Karya Lagu[sunting | sunting sumber]

Tahun Lagu Note Artis Album Label
2014 Only U Lyrics TTS Holler SM Entertainment
2016 Dear Santa Lyrics TTS Dear Santa SM Entertainment

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]