Naver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Naver
Jenis situs
Portal web
Pemilik Naver Corporation
Situs web www.naver.com
Peringkat Alexa 48 (June 2016)[1]
Komersial Ya
Daftar akun Opsional
Diluncurkan Juni 1999; 18 tahun lalu (1999-06)
Status Aktif

Naver (Hangul: 네이버) adalah sebuah portal web populer di Korea Selatan, yang dimiliki oleh Naver Corporation. Naver diluncurkan pada bulan Juni 1999 oleh mantan karyawan Samsung, dan menjadi portal web pertama di Korea Selatan yang menggunakan sistem mesin pencari mereka sendiri. Salah satu di antara fitur Naver adalah "Comprehensive Search" (Pencarian Komprehensif), yang diluncurkan pada 2000, yang menampilkan hasil dari berbagai kategori dalam satu laman.

Pelayanan baru kemudian ditambahkan, seperti "Knowledge Search", yang diluncurkan pada 2002. Naver juga menyediakan layanan Internet termasuk kabar berita, layanan surel, layanan pencarian tesis akademik, dan portal anak-anak. Pada 2005, Naver meluncurkan Happybean, portal donasi online pertama di dunia, yang mengizinkan pengguna untuk menemukan informasi dan memberi donasi kepada lebih dari 20,000 masyarakat sipil dan organisasi kesejahteraan sosial.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kata "Naver" di ambil dari kata "navigate" (navigasi) dan sufiks "-er" dimaksudkan sebagai "seorang pelayar di dunia Web".[butuh rujukan]

Naver didirikan pada bulan Juni 1999, meluncurkan portal pencarian pertama Korea Selatan yang menggunakan sebuah mesin pencari yang dikembangkan secara internal. Pada Agustus 2000, mereka meluncurkan layanan "Comprehensive Search" (Pencarian Komprehensif), yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan berbagai hasil dari permintaan pencarian pada satu laman, yang terorganisir dengan jenis, termasuk blog, situs web, gambar, kafe, dll. Ini terjadi lima tahun sebelum Google meluncurkan layanan serupa dengan "Universal Search" (Pencarian Universal).

Pada Juli 2000, Naver digabungkan dengan Hangame, portal game online pertama Korea Selatan, dan pada tahun 2001 berubah nama menjadi NHN, atau Next Human Network. Kombinasi dari mesin pencari teratas negara dan portal permainan teratas telah membuat NHN tetap menjadi perusahaan internet terbesar di Korea Selatan, dengan kapitalisasi pasar teratas di antara perusahaan yang terdaftar di KOSDAQ.[2] Pada November 2008, NHN dipindahkan ke bursa KOSPI.

Pada hari-hari awal pengoperasian Naver, ada kelangkaan relatif dari laman web dalam bahasa Korea. Untuk mengisi kekosongan ini, Naver menjadi pionir dalam sistem user-generated content melalui penciptaan layanan "Knowledge Search" (Hangul: 검색 지식인)" pada tahun 2002. Dalam Knowledge Search, pengguna bisa memberikan pertanyaan atas masalah apapun, dan memilih di antara jawaban yang diberikan oleh pengguna lain, pemberian poin kepada pengguna yang memberikan jawaban terbaik. Knowledge Search diluncurkan tiga tahun sebelum Yahoo! meluncurkan layanan yang sama dengan "Yahoo! Answers" mereka, dan sekarang memiliki database lebih dari 80 juta halaman jawaban.

Selama bertahun-tahun, Naver terus memperluas layanan mereka, menambahkan pencarian informasi dan pencarian buku layanan lokal pada tahun 2004, layanan blog pada tahun 2005, pencarian desktop pada tahun 2005, dan layanan Webtoon (komik web) pada tahun 2006. Dari 2005 hingga 2007, mereka memperlus layanan pencarian multimedia, termasuk musik dan pencarian video, layanan telepon Internet dan pencarian mobile. Pada tanggal 1 Januari 2009, Naver merilis antarmuka baru.

Berdasarkan comScore, Naver menerima 2 milyar kueri pada bulan Agustus 2007, terhitung lebih dari 70% dari semua permintaan pencarian di Korea,[3] dan membuatnya menjadi mesin pencari kelima yang paling sering digunakan di dunia, setelah Google Search, Yahoo!, Baidu dan Bing.[4] Lebih dari 25 juta orang di Korea menjadikan Naver sebagai beranda awal browser mereka.[5] Naver meluncurkan layanan mereka di Jepang pada 2009, menandai perluasan bisnis mereka di luar Korea.[butuh rujukan]

Pada tahun 2013, Lee Hae-jin, CEO dan kepala strategi Naver, memiliki nilai saham di atas 1 triliun won (US$939.4 juta) untuk layanan messenger LINE mereka.[6]

Pada 1 April 2013, Naver meluncurkan layanan Kios Berita untuk mengejar keadilan. Karena Naver meluncurkan Kios Berita, setiap organisasi berita mampu mengedit artikel berita yang muncul di Naver.[7]

Layanan[sunting | sunting sumber]

Junior Naver[sunting | sunting sumber]

Junior Naver (Hangul:쥬니어 네이버) disingkat menjadi Juniver (Hangul:쥬니버) adalah portal web yang ditujukan untuk anak-anak, mirip dengan Yahooligans. Ini memiliki layanan khusus seperti permainan Dongmul Nongjang (pertanian Hewan), Pany Pang, Puppyred, surel, avatar, pranala pendidikan, kuis, cerita, lelucon, dan pembantu pekerjaan rumah. Junior Naver menggunakan panel ahli dan pendidik untuk menyaring konten berbahaya, dengan tujuan menawarkan pengalaman internet yang aman untuk anak-anak. Junior Naver juga memiliki layanan tanya jawab yang ditujukan untuk anak-anak.

Naver Comics[sunting | sunting sumber]

Naver Comics (Hangul:네이버 만화, juga disebut "webtoon"웹툰) merupakan area yang menyuguhkan pengguna Naver dengan komik manhwa (webtoon) dan potongan komik asli. Naver mulai memberikan layanan web komik bernama "Navertoon" pada bulan Juni 2006. Yang paling signifikan, mereka menawarkan buku komik, fiksi populer, dan webtoon gratis. Pengguna harus membayar penerbit untuk melihat buku dan fiksi populer dari isi komik mereka. Di sisi lain, manhwa gratis, webtoon, disediakan oleh seniman profesional setiap minggu secara gratis.

Naver mempromosikan amatir untuk menjadi penulis dari seri komik melalui proses naik status. Status cenderung naik oleh dengan terpilih sebagai "Tantangan Manhwa Terbaik" setelah posting "Tantangan Manhwa" sebagai amatir. Buku komik dan fiksi populer disediakan dengan memilih rencana tarif rata atau rencana tingkat meteran. Rencana tarif rata kadang-kadang dapat dibatasi sesuai dengan karya tertentu. Pengguna dapat membeli masing-masing bagian satu per satu atau membeli 1 hari/7 hari/30 hari rencana tarif rata untuk menikmati komik melalui periode itu. Karya premium dapat dibatasi untuk pengguna rencana tingkat rata oleh penerbit. Mereka harus dibayar oleh kredit yang disediakan oleh Naver, dan itu disebut "Naver Coin" (Koin Naver). Naver Coin dapat diperoleh dengan pembayaran kartu kredit, melalui transfer, melalui ponsel, dan kartu hadiah yang diterima Naver. Ini memiliki rasio 1:1 dengan mata uang Korea. Jika pengguna terganggu saat membaca komik oleh kesalahan sistem atau pemeliharaan, periode yang terganggu itu akan dibayar kembali dengan menggandakan jam mereka.

Naver Blog[sunting | sunting sumber]

Layanan Naver blog dimulai pada Oktober 2003.[8]

NHN Japan dan LINE[sunting | sunting sumber]

NHN Japan adalah cabang Jepang dari NHN Corp. NHN Jepang didirikan untuk mengawasi Hangame Japan, portal Naver Jepang, serta ISP dan blog platform Livedoor Jepang. Kemudian pada tahun 2011, mereka meluncurkan layanan baru yang berdiri sendiri.

LINE, sebuah pesan media dan aplikasi VoIP, dikembangkan setelah gempa bumi dan tsunami Tōhoku 2011. Kerusakan luas untuk infrastruktur telekomunikasi Jepang membuat karyawan NHN Jepang mengandalkan internet untuk berkomunikasi. Para insinyur menanggapi dengan LINE, dan pada bulan Juni perusahaan tersebut merilis sumber daya baru ke publik. Delapan belas bulan kemudian LINE memiliki 100 juta pengguna dan masih terus berkembang.[9]

Keberhasilan luar biasa dari LINE menyebabkan penciptaan LINE Corporation pada Februari 2013. LINE Corporation, yang berbasis di Jepang, sekarang menjadi rumah operasi layanan internet seperti LINE, Naver Jepang, dan Livedoor. Hangame Jepang terus mengembangkan permainan elektronik, termasuk untuk merek permainan LINE.[10]

Sebuah perusahaan bersama dari NHN Corp dan LINE Corporation adalah LINE Plus Corporation, juga berbasis di Jepang. LINE Plus bertugas untuk mengembangkan pasar luar negeri. LINE Corporation memegang 60% saham LINE Plus, dan perusahaan induk Korea NHN Corp memegang sisanya sebesar 40%.[10]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Naver.com Site Info". Alexa Internet. Diakses tanggal 2016-06-29. 
  2. ^ http://stock.naver.com/sise/sise_market_sum.nhn?sosok=1
  3. ^ South Koreans Connect Through Search Engine, New York Times, 5 July 2007
  4. ^ 61 Billion Searches Conducted Worldwide in August
  5. ^ "Naver's new format hits newspapers". Koreatimes.co.kr. 2012-05-24. Diakses tanggal 2013-04-11. 
  6. ^ "NAVER chief’s stake value tops 1 tln won". The Korea Observer. 16 October 2013. Diakses tanggal 21 October 2013. 
  7. ^ "한국기자협회". Journalist.or.kr. Diakses tanggal 2013-04-11. 
  8. ^ Naver service history in naver public website
  9. ^ "Born from Japan disasters, Line app sets sights on U.S., China". Reuters. 16 August 2012. Diakses tanggal 8 July 2013. 
  10. ^ a b Matt Brian (6 February 2013). "NHN Japan Spins Off LINE, Targets International Expansion". The Next Web. Diakses tanggal 28 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]