Samsung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Samsung Group
삼성그룹
三星그룹
Jenis Chaebol
Industri/jasa Konglomerat
Didirikan 1 Maret 1938
Pendiri Lee Byung-chull
Kantor pusat Samsung Town, Seoul, Korea Selatan
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting Lee Kun-hee (Ketua dan CEO)
Lee Soo-bin (Presiden, CEO dari Samsung Life Insurance)[1]
Produk Pakaian, otomotif, bahan kimia, elektronik konsumen, komponen elektronik, peralatan medis, instrumen presisi, semikonduktor, solid-state drive, DRAM, kapal, peralatan telekomunikasi dan peralatan rumah tangga
Jasa Periklanan, konstruksi, hiburan, keuangan, perhotelan, informasi dan komunikasi, pelayanan medis, eceran dan pembuatan kapal
Pendapatan US$ 247.5 miliar (2011)[2]
Laba bersih US$ 18.3 miliar (2011)[2]
Jumlah aset US$ 384.3 miliar (2011)[2]
Jumlah ekuitas US$ 224.7 miliar (2011)[2]
Karyawan 369,000 (2011)[2]
Moto Imagine the Possibilities
Anak perusahaan Samsung Electronics
Samsung Life Insurance
Samsung Heavy Industries
Samsung C&T
Samsung SDS dll.
Situs web www.samsung.com

Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai. Samsung adalah salah satu konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Sekarang ini, Samsung beroperasi dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), peralatan rumah tangga digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor (termasuk alat berat). Samsung memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan ekonomi, politik, media dan budaya Korea Selatan dan telah menjadi kekuatan pendorong utama dibalik fenomena "Keajaiban di Sungai Han". Perusahaan yang berafiliasi dengan Samsung memproduksi sekitar seperlima dari total ekspor Korea Selatan. Pendapatan Samsung sama dengan 17% dari GDP Korea Selatan, yakni: $ 1.082 miliar.

Nama[sunting | sunting sumber]

Menurut pendiri Samsung Group, arti dari kata hanja bahasa Korea Samsung adalah "tiga bintang". "Tiga" menggambarkan hal yang "besar, banyak, dan berkuasa", dan "bintang" berarti keabadian.

Anak perusahaan[sunting | sunting sumber]

三星的車用LCD
  • Samsung Electronics Co. Ltd.
  • Samsung Motors Co. Ltd. (Renault Samsung Motors yang bekerjasama dengan Renault)
  • Samsung Bank Co. Ltd.
  • Samsung Insurance Co. Ltd.
  • Samsung Heavy Industries Co. Ltd.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kelly Olsen (2008-04-22). "Samsung chairman resigns over scandal". Associated Press via Google News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-29. Diakses tanggal 2008-04-22. 
  2. ^ a b c d e "Samsung Profile 2011". Samsung.com. 2010-12-31. Diakses tanggal 2012-06-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]