Spotify

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Spotify Ltd
Spotify logo with text.svg
Jenis usaha Swasta
Bahasa 70 bahasa
Didirikan 1 April 2006
Markas Stockholm/London
Negara asal Sweden
Pendiri Daniel Ek, Martin Lorentzon
CEO Daniel Ek
Sektor Musik
Jasa Musik streaming
Karyawan 1500
Situs web www.spotify.com
Peringkat Alexa 277 (February 2016)[1]
Daftar akun Diperlukan
Pengguna 75 juta
Diluncurkan 7 October 2008
Status Aktif
Platform Android
iOS
Windows
OS X
Symbian
Windows Phone
Linux
BlackBerry OS, Chrome OS
Fire OS
Sony PlayStation 3 dan PlayStation 4

Spotify adalah layanan musik streaming, podcast dan video komersial Swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media. Ini tersedia di sebagian besar Amerika, Eropa Barat dan Oseania. musik dapat diakses atau dicari oleh artis, album, genre, playlist, atau label rekaman.

Spotify beroperasi di bawah model bisnis freemium, dengan dua streaming musik tingkatan: Spotify Gratis (160kbit/s) dan Spotify Premium (hingga 320kbit/s). Dibayar langganan Premium menghapus iklan, meningkatkan kualitas audio dan memungkinkan pengguna untuk men-download musik untuk mendengarkan secara offline.

Spotify diluncurkan pada September 2008 oleh Swedia startup Spotify AB. Pada Juni 2015 Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar. Jumlah pelanggan dibayarkan mencapai 30 juta pada Maret 2016. Spotify Ltd beroperasi sebagai perusahaan induk, yang berkantor pusat di London, sementara Spotify AB menangani penelitian dan pengembangan di Stockholm.

Spotify, bersama-sama dengan industri musik streaming pada umumnya, menghadapi beberapa kritik dari seniman mengklaim mereka sedang tidak adil kompensasi untuk pekerjaan mereka sebagai penurunan penjualan musik download dan streaming musik meningkat. Tidak seperti fisik atau penjualan download, yang membayar harga tetap per lagu atau album, Spotify membayar seniman berdasarkan "pangsa pasar" mereka (jumlah aliran lagu mereka sebagai proporsi dari total lagu streaming pada layanan). Mereka mendistribusikan sekitar 70% untuk pemegang hak, yang kemudian akan membayar seniman berdasarkan perjanjian masing-masing. Tak terduga, dan beberapa mengatakan tidak memadai, sifat kompensasi ini, yang telah dihitung menjadi serendah US$0,0011 per streaming, telah menyebabkan artis kritik. Terutama, Thom Yorke dan discography Taylor Swift telah ditarik dari Spotify, dengan Swift mengklaim "Saya tidak bersedia untuk memberikan kontribusi karya hidup saya untuk percobaan yang saya tidak merasa cukup mengkompensasi para penulis, produser, artis, dan pencipta musik ini. "Menanggapi, Spotify mengklaim bahwa mereka mendapatkan manfaat bisnis musik dengan migrasi "mereka dari pembajakan dan platform kurang diuangkan dan memungkinkan mereka untuk menghasilkan royalti jauh lebih besar dari sebelumnya" dengan mendorong pengguna untuk menggunakan layanan mereka dibayar.

Ketersediaan[sunting | sunting sumber]

Templat:Sampai, Spotify yang tersedia untuk Windows Phone, Android, BlackBerry, Boxee, iOS, MeeGo, Microsoft Windows desktop OpenPandora, OS X, Roku, S60 (Symbian), Samsung Smart TV, Sonos, Heos oleh Denon, PlayStation 4, PlayStation 3, Squeezebox, Telia Digital-tv, TiVo, WD TV, webOS. Hal ini tidak tersedia sebagai Windows Store aplikasi untuk Windows 8 melainkan sebagai penuh Windows desktop yang aplikasi. Seorang klien pihak ketiga, Spotlite, digunakan untuk eksis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Spotify dikembangkan pada tahun 2006 oleh sebuah tim di Spotify AB, di Stockholm, Swedia. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Ek, mantan CTO Stardoll, dan Martin Lorentzon , co-pendiri TradeDoubler dan Maria Giovani Anggasta Santosa. Judul perusahaan, menurut Daniel Ek, awalnya salah dengar dari nama berteriak oleh Martin Lorentzon. Kemudian mereka berpikir keluar etimologi dari portmanteau dari "spot" dan "identify".

Meluncuran[sunting | sunting sumber]

Daniel Ek menangani staf Spotify

Aplikasi Spotify diluncurkan pada 7 Oktober 2008. Sementara akun gratis tetap tersedia dengan undangan untuk mengelola pertumbuhan layanan, peluncuran dibuka langganan berbayar untuk semua orang . Pada saat yang sama, Spotify AB mengumumkan kesepakatan lisensi dengan label musik besar. Perusahaan ini melaporkan kerugian sebesar 31,8 juta kronor ($ 4,4 juta) pada tahun 2008.

Pada tanggal 10 Februari 2009 Spotify membuka pendaftaran gratis di Inggris (UK). terdaftar melonjak setelah rilis layanan seluler, yang mengarah Spotify untuk menghentikan pendaftaran di Inggris untuk bagian dari 2009, kembali ke undangan - satunya kebijakan.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya markas Spotify di Stockholm

Pada 4 Maret 2009, Spotify mengumumkan cacat keamanan dalam pelayanan, dimana rekening pribadi informasi (termasuk alamat email dan hash, password asin) anggota yang terdaftar sebelum 19 Desember 2008 berpotensi terkena. Resep Premium (Kode premium) yang ditawarkan untuk 2009 musim Natal yang memungkinkan penerima untuk meng-upgrade akun status "Premium" untuk 1, 3, 6 atau 12 bulan. Pada tanggal 28 Januari 2010, perangkat lunak antivirus Symantec ditandai Spotify sebagai kuda Trojan, menonaktifkan perangkat lunak di jutaan komputer. Pada bulan Februari 2010, Spotify menerima investasi kecil dari Founders Fund, di mana anggota dewan Sean Parker direkrut untuk membantu Spotify di "memenangkan label lebih di pasar musik terbesar di dunia". Pada 18 Mei 2010, Spotify mengumumkan bahwa dua lagi jenis account yang tersedia:. Spotify terbatas, yang setara dengan Spotify Premium tanpa ponsel dan lainnya fitur, dan Spotify Terbuka, versi pengurangan fitur Spotify Gratis, yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan hingga 20 jam musik per bulan Selama tahun 2010, Spotify membayar lebih dari € 45.000.000 untuk lisensinya. Pada bulan Maret 2011, Spotify mengumumkan bahwa mereka memiliki satu juta pelanggan membayar seluruh Eropa, dua kali lipat pada bulan September sampai dua juta. Pada tanggal 1 September 2010 , World Economic Forum (WEF) mengumumkan perusahaan sebagai Perintis Teknologi untuk 2011. Pada tanggal 25 Maret 2011 Spotify sementara dihapus menampilkan iklan dari sumber eksternal pada rekening terbuka dan bebas, karena serangan yang menggunakan Java mengeksploitasi untuk menempatkan kode berbahaya pada komputer korban. Sebelum mereka menawarkan mobile dan gratis unlimited, di sebagian besar lokasi, masa percobaan gratis enam bulan ditawarkan, yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan jumlah yang tidak terbatas musik yang didukung oleh visual dan radio-gaya iklan. Setelah masa percobaan, Spotify memiliki batas mendengarkan dari 10 jam per bulan, dibagi menjadi bagian mingguan 2,5 jam (jam terpakai dibawa). satu-satunya lokasi dibebaskan dari aturan ini adalah Australia, Hong Kong, Malaysia, Selandia Baru, Singapura , dan Amerika Serikat, di mana streaming yang terbatas didukung iklan melanjutkan Spotify Gratis. Sebuah "Unlimited" langganan dihapus iklan dan batas waktu, dan "Premium" langganan unggulan Streaming bitrate tinggi dan akses offline. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa akun premium. Pengguna dapat mencoba Spotify Premium selama 48 jam dengan login ke Spotify Mobile untuk pertama kalinya, atau mendapatkan trial 30-hari selama satu bulan pertama mereka. Sebuah akun Facebook yang aktif diperlukan untuk menggunakan Spotify jika pengguna mendaftar melalui Facebook; tetapi, seperti 30 Agustus 2012, pilihan untuk membuat username Spotify kembali ditawarkan. Langganan diperlukan kartu kredit/debit atau PayPal account yang terdaftar di negara-negara tertentu. Atau, kartu prabayar bisa dibeli di toko ritel di negara.

Monetisation[sunting | sunting sumber]

Pada 15 April 2011, Spotify mengumumkan melalui posting blog bahwa mereka secara drastis akan memotong jumlah musik yang anggota gratis bisa mengakses, mulai 1 Mei 2011. posting tersebut menyatakan bahwa semua anggota Spotify Terbuka dan Spotify Gratis akan ditransfer ke produk baru yang audio yang terbatas streaming untuk 10 jam per bulan. Selain itu, masing-masing lagu terbatas pada lima drama. Spotify Unlimited dan Spotify Premium anggota tidak terpengaruh oleh perubahan ini. pengguna baru dibebaskan dari perubahan ini selama enam bulan.

Pada tanggal 17 Juni 2011, dilaporkan bahwa Spotify telah mengamankan US $ 100 juta dari dana dan merencanakan untuk menggunakan ini untuk mendukung peluncuran AS-nya. Babak baru pendanaan senilai perusahaan pada US $ 1 miliar.

Peluncuran AS[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 September 2011, Spotify meluncurkan layanan AS, setelah penundaan dan tahun negosiasi dengan empat perusahaan rekaman besar. Pada 30 November 2011, Spotify meluncurkan Spotify Apps dan App Finder dengan mitra peluncuran yang termasuk Rolling Stone, Kita Diburu , Top10, Songkick, The Guardian, Soundrop dan Last.fm.

Spotify Apps[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2011, Spotify memperkenalkan layanan Spotify Apps yang memungkinkan bagi pengembang pihak ketiga untuk berkontribusi aplikasi HTML5 yang dapat di-host dalam pemutar desktop yang Spotify. Aplikasi tersedia fitur seperti lirik disinkronisasi, ulasan musik, dan playlist curated.

Saat peluncuran, aplikasi yang didukung termasuk Billboard, Fuse, The Guardian, Last.fm, Moodagent, Pitchfork, Rolling Stone, Songkick, Soundrop, TuneWiki dan Kami Diburu. Pada bulan Juni 2012, Soundrop menjadi yang pertama aplikasi Spotify untuk menarik dana yang besar dengan $ 3.000.000 Seri A pendanaan dari Spotify investor Northzone. Layanan Spotify Apps dihentikan pada bulan Oktober 2014.

Kemudian tahun[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Maret 2012, Spotify dihapus pembatasan yang membatasi non-AS pengguna bebas untuk lima memainkan sebuah lagu yang diberikan.; meskipun pembatasan terus di Inggris dan Perancis. Batas 10 jam per bulan tetap di tempat untuk semua akun gratis lebih dari enam bulan; sementara perusahaan juga mengumumkan "lanjut unlimited gratis mendengarkan" untuk pengguna di AS

Pada bulan Agustus 2012, Time melaporkan empat juta pelanggan berbayar, memproduksi setidaknya € 20.000.000 per bulan pendapatan. Sebuah babak yang dipimpin Goldman Sachs dana ditutup pada bulan November 2012, mengangkat sekitar US $ 100 juta pada penilaian $ 3 miliar.

Pada tanggal 19 Maret 2013, Spotify dihapus pembatasan 5-play di Inggris. Pada 5 April 2013, Spotify dirilis Pesan dan Jelajahi sebagai pembaruan aplikasi. Pesan dapat dikirim ke pengguna lain dan dilihat dari aplikasi desktop. Isi pengguna diizinkan untuk menemukan playlist dan grafik yang dibuat oleh pengguna lain menggunakan filter seperti genre, suasana hati atau kegiatan.

Pada tanggal 16 April 2013 Spotify diluncurkan di Apple App Store, Google Play Store dan Windows Phone Store di Singapura, Hong Kong, Malaysia, Estonia, Latvia, Lithuania, Meksiko dan Islandia. Setelah dirilis pada bulan April 2013, single Daft Punk, "Get Lucky", menerima jumlah tertinggi drama dari setiap lagu dalam satu hari.

Pada 11 Desember 2013, Ek mengumumkan fitur streaming yang gratis bagi pengguna iPhone dan Android, yang memungkinkan mereka untuk melakukan streaming artis dan playlist dari ponsel mereka. Sebelumnya, pengguna Spotify terbatas pada mendengarkan stasiun radio yang mirip dengan artis atau playlist. Fitur ini memungkinkan mereka untuk memutar trek beringsut dari artis tertentu atau playlist. Update ini juga termasuk fitur baru bagi pengguna tablet, memungkinkan mereka untuk mendengarkan setiap lagu setiap saat. Dalam review tahunan, perusahaan streaming yang mengungkapkan bahwa 24 juta pengguna aktif streaming lebih dari 4,5 miliar jam musik pada tahun 2013.

Pada tanggal 6 Maret 2014, Spotify mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi The Echo Nest, yang juga disediakan data ke pesaing Spotify. Pada tanggal 25 Maret 2014, Spotify meluncurkan kampanye iklan di Facebook, serta aplikasi sendiri mempromosikan Spotify Premium untuk Siswa, tawaran diskon untuk berlangganan bulanan ditargetkan mahasiswa di AS

Pada bulan Juni 2014, Spotify merilis Web API baru yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk mengintegrasikan konten Spotify di aplikasi mereka sendiri. The Spotify Web API adalah layanan web berdasarkan prinsip pengalihan negara Representasi yang dapat diakses oleh program melalui hypertext transfer Protocol. Ia mengembalikan data tentang album, artis, lagu, playlist dan sumber daya lainnya Spotify dalam format JSON. Untuk mengakses beberapa dataset sensitif (seperti data profil pengguna), program harus menyediakan token akses OAuth dengan permintaan mereka.

Pada tanggal 28 Januari 2015, Sony Computer Entertainment mengumumkan bahwa Spotify akan kekuatan layanan musik baru mereka, yang disebut PlayStation Music. Layanan baru diluncurkan pada tanggal 30 Maret, dan untuk menggantikan Music Unlimited.

Pada bulan April 2015, Spotify mulai menaikkan putaran lain dari modal, menarik Goldman Sachs dan dana sovereign wealth Abu Dhabi. putaran ini modal ditutup pada bulan Juni 2015, menimbulkan $ 526.000.000 dalam penggalangan dana yang menghargai itu pada $ 8530000000.

Pada bulan Juni 2015, Spotify diperoleh Seed Ilmiah, ilmu Data perusahaan konsultan dan analisis perusahaan. Spotify mengumumkan Bibit tim Scientific akan memimpin unit Advanced Analytics dalam perusahaan fokus pada pengembangan layanan data.

Pada bulan Januari 2016, Spotify adalah meningkatkan lagi $ 500.000.000 melalui obligasi konversi.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Katalog[sunting | sunting sumber]

Per Desember 2012, Spotify tersedia akses ke sekitar 20 juta lagu. Pengguna bisa mencari artis, album, judul, label dan genre, dan trek akses dari banyak label besar dan independen. Beberapa seniman memilih keluar dari Spotify. Selain itu, beberapa seniman menarik diri dari daerah tertentu karena pembatasan perizinan. Spotify desktop client diperbolehkan musik harus diimpor dari iTunes, dengan pilihan sinkronisasi dengan perangkat mobile.

Playlist[sunting | sunting sumber]

Pengguna dapat membuat dan berbagi playlist, atau mengedit mereka bersama-sama dengan pengguna lain.

Integrasi Last.fm[sunting | sunting sumber]

Sementara Spotify tidak secara otomatis membuat playlist-preferensi berdasarkan, itu mengintegrasikan dengan Last.fm

Radio[sunting | sunting sumber]

Spotify mencakup fitur Radio untuk Spotify Gratis dan rekening Premium. Radio menciptakan playlist lagu acak dipilih berdasarkan genre dan dekade ditentukan.

Integrasi media sosial[sunting | sunting sumber]

Spotify memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan akun mereka dengan akun Facebook dan Twitter yang ada. Setelah itu mereka dapat mengakses musik favorit teman-teman mereka pengikut dan playlist.

Informasi teknis[sunting | sunting sumber]

Spotify adalah milik dan menggunakan manajemen hak digital (DRM). User yang menyetujui Syarat dan kondisi Spotify setuju untuk tidak reverse-insinyur aplikasi. Streaming dalam format Vorbis di Q5 (ca. 160 kbit/s) untuk layanan gratis Spotify, atau q9 (ca. 320 kbit/s) untuk pelanggan Spotify Premium. Spotify memiliki latency pemutaran median dari 265 ms atau 390 ms tanpa cache lokal. Spotify tidak menawarkan kualitas CD (16/44.1 kHz) atau resolusi tinggi audio (Hi-res, 24/96 atau 24/192 atau setara) jasa. Pada versi 0.4.3, adalah mungkin untuk bermain disimpan secara lokal file MP3 dan AAC selain streaming.

Spotify digunakan untuk menjalankan Debian GNU/Linux di server mereka, seperti yang mereka sebutkan ketika mereka mendukung systemd di Debian init/debat systemd, tetapi memutuskan untuk beralih ke Ubuntu pada bulan Juli 2014, karena siklus rilis lebih diprediksi-nya.

ukuran cache dan lokasi yang dikonfigurasi. 1 GB atau ruang disk lebih dianjurkan. Pada OS X, prosesor G4 atau lebih tinggi diperlukan dan pengguna memerlukan account untuk menggunakan perangkat lunak. Akun yang sama dapat digunakan pada beberapa perangkat secara bersamaan dengan Spotify Premium, atau satu per satu, dengan Spotify gratis, menggunakan Spotify Connect.

Model bisnis[sunting | sunting sumber]

Spotify beroperasi di bawah model freemium (layanan dasar gratis, sementara fitur tambahan yang ditawarkan melalui langganan berbayar). Spotify membuat pendapatan dengan menjual langganan streaming untuk pengguna premium dan penempatan iklan kepada pihak ketiga.

Pada Desember 2013, perusahaan meluncurkan website baru, "Spotify untuk Artists", yang mengungkapkan model bisnis dan pendapatan data. Spotify membayar pemegang hak cipta royalti untuk musik streaming. perusahaan membayar 70% dari total pendapatan kepada pemegang hak. Spotify untuk Artis menyatakan bahwa perusahaan tidak memiliki tingkat per-play tetap, mempertimbangkan faktor-faktor seperti negara asal pengguna dan tingkat royalti artis individu. pemegang hak menerima pembayaran rata-rata per-play antara $ 0,006 dan 0,0084.

Perusahaan ini diduga telah kehilangan $ 200.000.000 sejak didirikan, meskipun perusahaan belum dikonfirmasi atau ditolak ini. Sebuah laporan 2012 menyatakan bahwa Spotify membukukan rugi bersih sebesar US $ 59 juta pada tahun 2011, disebabkan peningkatan biaya kepegawaian dan biaya lisensi dan royalti ke perusahaan rekaman. Sebuah laporan November 2012 memperkirakan bahwa Spotify akan mencapai pendapatan US $ 500 juta selama tentu saja 2012, naik dari US $ 244 juta pada 2011.

Pada 2013, Spotify menawarkan paket berlangganan unlimited, dekat dengan Model Terbuka Musik (OMM)-estimated ekuilibrium-bagi ekonomi industri rekaman. Namun, penggabungan DRM menyimpang dari OMM dan pesaing seperti iTunes dan Amazon MP3 yang telah jatuh DRM. sumber pendapatan lain adalah pembelian musik dari dalam aplikasi, tetapi ini telah dihapus pada bulan Januari 2013.

Langganan[sunting | sunting sumber]

Spotify mendorong orang untuk membayar untuk musik, dengan langganan sebagai sumber pendapatan utama. langganan menghilangkan iklan dan batas, dan meningkatkan bitrate 320 kb/s untuk beberapa lagu. Biaya ini juga memungkinkan penggunaan tak terbatas mobile, serta offline dan akses online ke playlist.

Spotify menawarkan pengguna uji coba gratis fitur Premium selama 30 hari. Pengguna harus memasukkan informasi pembayaran dan harus secara eksplisit menghentikan langganan mereka sebelum berakhir masa percobaan untuk menghindari membayar untuk fitur premium.

Spotify untuk Artis mengklaim bahwa "seorang pelanggan Spotify Premium menghabiskan lebih per tahun dibandingkan dengan pengeluaran rata-rata konsumen musik AS yang membeli musik (tidak termasuk orang-orang yang menghabiskan $0 pada music)", dengan nilai tahunan rata-rata membayar pendengar US diidentifikasi US $120. Situs ini juga mengklaim bahwa "pelanggan Spotify adalah 1.6x lebih finansial berharga daripada rata-rata orang dewasa konsumen non-Spotify musik AS."

BBC Music Week Editor Tim Ingham menulis: "Tidak seperti membeli CD atau download, streaming tidak satu-off pembayaran Ratusan juta streaming lagu yang terjadi setiap hari, yang dengan cepat mengalikan potensi pendapatan yang ditawarkan dan sumber konstan jangka panjang pendapatan bagi seniman.

Iklan[sunting | sunting sumber]

Spotify menawarkan pengiklan tujuh jenis iklan, dijelaskan dalam Spesifikasi Iklan mereka sebagai:. Audio Ads, Iklan Display, Iklan Billboard, Pengambilalihan Homepage, Playlist Branded, Lightbox dan Halaman Pengiklan iklan ini bervariasi dalam ukuran, jenis dan keterlibatan pengguna. Iklan Audio berjalan selama maksimal 30 detik sebagai komersial di antara trek streaming. Iklan Display, Billboard Iklan, dan Lightboxes muncul selama penggunaan aktif dan tidak aktif.

Pada bulan Februari 2009, iklan untuk pengguna non-membayar yang 15 detik. Pada bulan Mei 2009, Neowin melaporkan ini meningkat menjadi sekitar 30 detik.

Download[sunting | sunting sumber]

Spotify menawarkan download musik di Inggris per pembelian lagu dalam kemitraan dengan toko musik 7digital. Fitur ini dirancang untuk memberikan pilihan untuk men-download musik. Pada bulan Oktober 2010, Wired melaporkan bahwa Spotify membuat lebih banyak uang untuk label di Swedia daripada pengecer lainnya, "online atau off". Selama tahun 2010, Spotify membayar lebih dari € 45.000.000 untuk lisensinya. pada bulan Januari tahun 2013, download musik dari lagu telah dihapus dari aplikasi.

Pertumbuhan pengguna[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2011, Spotify mengumumkan basis pelanggan dari satu juta pelanggan membayar seluruh Eropa, dan pada bulan September, jumlah pelanggan membayar dua kali lipat untuk dua juta.

Pada bulan Agustus 2012 Waktu melaporkan empat juta membayar Spotify pelanggan, bertanggung jawab untuk setidaknya € 20.000.000 per bulan pendapatan. Pertumbuhan pengguna terus, mencapai 20 juta aktif dan 5 juta pengguna dibayar pada tanggal 6 Desember 2012, termasuk satu juta di Amerika Serikat. Pengguna mencapai 24 juta (6 juta dibayar) pada bulan Maret 2013, 30 juta (10 juta dibayar ) pada bulan Mei 2014, 45 juta (15 juta dibayar) pada bulan Januari 2015, lebih dari 75 juta pengguna aktif (20 juta dibayar) pada bulan Juni 2015, dan setidaknya 30 juta pelanggan dibayar oleh Maret 2016.

Klien[sunting | sunting sumber]

Desktop[sunting | sunting sumber]

software client yang tersedia untuk Microsoft Windows (XP, Vista, 7, 8 dan 10) dan Mac O X 10.5 atau yang lebih baru. Pada Linux, baik versi Windows dapat digunakan, menggunakan Wine, atau pratinjau tidak didukung dari versi Linux asli dikemas untuk Debian 6.0 'Squeeze' dan Ubuntu dan terbatas pada AMD64 dan i386 arsitektur.

Versi 0.8.8 menerima umpan balik yang buruk. Beberapa fitur, seperti penyaringan playlist, telah dihapus sementara memilah rusak. antarmuka berubah dari native C ++ untuk web berbasis. 0.8.8 dan versi yang lebih baru memiliki kinerja lebih lambat dan penggunaan memori yang lebih besar Pada Juli 2013 sebagian besar keluhan belum diselesaikan [166] Spotify tidak menawarkan pilihan untuk mematikan update otomatis..; Namun, workarounds memungkinkan penggunaan versi pra-0.8.8.

Pada bulan Desember tahun 2013, Spotify dirilis klien Premium disebut "Spotiamp", yang digunakan antarmuka yang menyerupai versi 2 dari pemutar musik populer Winamp (AOL, pemilik Winamp, berencana untuk menghentikan pemain). Klien yang terkandung menyamakan kedudukan dan dukungan for Advanced Visualisasi Sistem.

Mobile[sunting | sunting sumber]

Coldplay "Magic" bermain di Spotify untuk Android aplikasi mobile untuk Android, iOS, Symbian, BlackBerry OS, Windows Phone 7/8, Windows Mobile 6.0, dan WebOS tersedia.

Pada 20 Juni 2012, Spotify streaming radio gratis di iPad dan iPhone di AS.

Aplikasi memungkinkan pelanggan Premium untuk mengakses katalog musik penuh, aliran musik dan mendengarkan musik ketika terputus. Hingga Mei 2014, "kualitas ekstrem" mobile streaming (~ 320kbit/s) tersedia di iOS, Android dan Windows Phone 8 versi dari aplikasi Spotify.

Pada Desember 2013, Spotify membuat aplikasi mobile gratis untuk perangkat Android dan iOS dengan iklan diaktifkan, bukan hanya pelanggan premium.

Musik PlayStation[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2015, Spotify bekerja sama dengan Sony untuk daya layanan musik baru bernama PlayStation Music. Layanan ini dapat diakses oleh anggota Spotify baru dan yang sudah ada melalui PlayStation Network di 41 pasar, di PlayStation 3, PlayStation 4 dan perangkat Sony Xperia.

Geografi ketersediaan[sunting | sunting sumber]

Ketersediaan Spotify di dunia April 2016

Spotify tersedia di Eropa Barat, Amerika, Australia, Selandia Baru, negara-negara Asia yang terbatas dan wilayah terdiri dari Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Taiwan. Daftar negara termasuk Andorra, Argentina, Austria, Belgia, Bolivia, Brasil, Bulgaria, Kanada, Chile, Kolombia, Kosta Rika, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Guatemala, Honduras, Hongaria, Islandia, Indonesia, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Meksiko, Monako, Belanda, Nikaragua, Norwegia, Panama , Paraguay, Peru, Polandia, Portugal, Spanyol, Slowakia, Swedia, Swiss, Turki, United Kingdom, Amerika Serikat dan Uruguay. Di Estonia, Yunani dan Rumania, layanan Premium ditawarkan hingga Juli 2009, tetapi tidak pernah bebas versi. Hanya pelanggan dengan kartu kredit atau rekening PayPal di salah satu negara yang disebutkan di atas dapat membeli account Premium.

Spotify pergi hidup (hanya untuk undangan) di Skandinavia, Inggris, Perancis dan Spanyol pada Oktober 2008.

Pada tanggal 10 Februari 2009, Spotify diluncurkan di Inggris.

Pada 18 Mei 2010, Spotify diluncurkan di Belanda.

Pada tanggal 14 September 2011, Spotify diluncurkan di Amerika Serikat.

Pada 16 November 2011, Spotify diluncurkan di Austria, Belgia, Swiss.

Pada 13 Maret 2012, Spotify diluncurkan di Jerman.

Pada tanggal 22 Mei 2012, Spotify diluncurkan di Australia dan New Zealand.

Dari 13 November 2012, itu menjadi tersedia di Irlandia dan Luksemburg. Dari 11 Februari 2013, Spotify kemudian menjadi tersedia di Italia, Polandia dan Portugal. Spotify diluncurkan di Meksiko, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Estonia, Latvia, Lithuania dan Islandia pada 15/16 April 2013.

Pada 24 September 2013, Spotify diluncurkan di Argentina, Yunani, Taiwan, dan Turki.

Pada 3 Desember 2013, Spotify diluncurkan di Kolombia sebagai promo pra-peluncuran dari Coca-Cola.

Pada 11 Desember 2013, Spotify diluncurkan di Kosta Rika.

Pada 12 Desember 2013, Spotify diluncurkan pada tambahan 18 pasar: Bolivia, Bulgaria, Chile, Siprus, Republik Ceko, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Hongaria, Malta, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Slowakia dan Uruguay.

Pada tanggal 8 April 2014, Spotify diluncurkan di Filipina.

Pada tanggal 28 Mei 2014, Spotify diluncurkan di Brasil.

30 September 2014, Spotify diluncurkan di Kanada.

Pada tanggal 30 Maret 2016, Spotify diluncurkan di Indonesia. Pada hari yang sama, mereka juga mengumumkan kemitraan dengan telekomunikasi Indonesia dan penyedia jaringan Indosat Ooredoo.

Akun dan langganan[sunting | sunting sumber]

Per Desember 2014, dua jenis langganan Spotify adalah:

Nama Gratis Iklan Mendengarkan waktu Biaya di AS
Spotify Free Tidak Unlimited Gratis
Spotify Premium Ya Unlimited $9.99/month

Komunitas pengguna[sunting | sunting sumber]

Website, blog, dan aplikasi pihak ke-3 dan alat mendukung Spotify sumber. Masyarakat termasuk Facebook dan kelompok Last.fm, Twitter bot dan forum pengguna, dan alat-alat untuk menampilkan lirik dan layanan untuk daftar dan memberitahu pengguna tentang rilis baru. pada tahun 2010, blog Spotify, The Pansentient Liga, diadakan pertama Spotify Komunitas Choice Site, dengan kategori seperti Best Playlist Sharing Site, Berita Terbaik & Musik Finder Site, dan Best Playlist Generator.

Streaming Rekaman[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2015, Spotify mengumumkan bahwa "Lean On" oleh Mayor Lazer dan DJ Snake menampilkan adalah lagu yang paling streaming nya sepanjang masa dengan lebih dari 525 juta sungai di seluruh dunia. Ini menyusul "Thinking Out Loud" oleh Ed Sheeran, yang memiliki lulus 500 juta stream dua bulan sebelumnya. pada bulan April 2016, Rihanna menyalip Justin Bieber menjadi artis terbesar di Spotify dengan 31.300.000 pendengar—a aktif bulanan sepertiga dari semua pengguna Spotify di seluruh dunia.

[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Spotify.com Site Info". Alexa Internet. Diakses tanggal February 27, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]