Microsoft Windows

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Microsoft Windows
Windows logo and wordmark - 2021.svg
Perusahaan / pengembangMicrosoft
Diprogram dalamC, C++ dan bahasa rakitan[1]
KeluargaWindows 9x, Windows CE dan Windows NT
Status terkiniAktif
Model sumberSumber tertutup / Sumber berbagi
Rilis perdana20 November 1985; 35 tahun lalu (1985-11-20) (bernama Windows 1.0)
Target pemasaranKomputer pribadi
Ketersediaan bahasaMulti bahasa
Metode pemutakhiranWindows Update, Windows Anytime Upgrade, Windows Store, Windows Server Update Service
Dukungan platformARM, IA-32, x86-64 dan Itanium
Kernel typeHibrid (keluarga Windows NT), DOS (16-bit Windows dan seri Windows 9x/ME)
Antarmuka bawaanGrafis (Windows Shell)
LisensiPerangkat lunak komersial proprietari
Situs web resmimicrosoft.com/windows
Berkas:Layar Mulai Windows 81.png
Layar mulai Windows 8.1

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Sejarah Singkat Windows[sunting | sunting sumber]

Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI (Graphical User Interface), Microsoft menciptakan Windows 1.0 Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Versi-versi Windows[sunting | sunting sumber]

Logo Microsoft Windows per bulan Oktober 2012 saat merilis Windows Server 2012 dan Windows 8
Logo Windows 11 yang berbentuk sama dengan Logo Microsoft

Sudah dirilis[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NT Server Training: Architectural Overview. Lesson 2 – Windows NT System Overview". Microsoft TechNet. Microsoft. Diakses tanggal December 9, 2010.