Mac OS Klasik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mac OS)
Jump to navigation Jump to search
Mac OS Klasik
150px
Perusahaan / pengembang Apple Computer, Inc.
Keluarga Macintosh
Status terkini Historis, Tidak didukung
Model sumber Closed source
Rilis perdana 24 Januari 1984; 34 tahun lalu (1984-01-24)[1][2]
Target pemasaran Komputer Pribadi
Dukungan platform
Jenis kernel Monolithic untuk 68k, nanokernel untuk PowerPC
Antarmuka bawaan Graphical
Lisensi Commercial software, proprietary software
Digantikan oleh macOS (sebelumnya bernama
"Mac OS X" dan "OS X")

Mac OS "Klasik" adalah sistem operasi grafis yang berasal dari keluarga Mac OS. Sistem operasi ini dibuat oleh Apple Inc. untuk Komputer Personal Macintosh pada tahun 1984 sampai 2001. Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang mempopulerkan penggunaan GUI. Sistem operasi ini datang pre-install dengan komputer Macintosh dan juga dijual terpisah. Biasanya rilis pembaruan sistem dilaksanaan bersamaan dengan pengumuman sistem Macintosh baru.

Apple merlilis Macintosh pertama pada 24 Januari 1984. Versi pertama tidak memiliki nama resmi dan sebagian berasal dari Lisa OS, komputer Apple sebelumnya yang dirilis tahun 1983. Sebagai bagian dari perjanjian yang memunginkan Xerox membeli saham Apple pada harga yang menguntungkan, sistem ini juga menggunakan konsep dari komputer Xerox PARC Alto, yang dilihat oleh Steve Jobs dan tim Macintosh lain [3]. Sistem operasi ini terdiri dari ROM Macintosh Toolbox dan "System Folder", serangkaian berkas yang dimuat dari disk. Nama Macintosh System Software mulai digunakan di tahun 1987 dengan System 5. Apple mengubah namanya mejadi Mac OS di tahun 1996, dan secara resmi serjak versi 7.9, sebagian karena program Macintosh Clone[4]. Program tersebut berakhir setelah Mac OS 8 rilis pada tahun 1997, Rilis terakhir dari sistem ini adalah Mac OS 9 di tahun 1999[5].

Versi awal dari Sistem Software hanya bisa menjalankan satu aplikasi secara bersamaan. Dengan System 5, kemampuan multitasking kooperatif ditambahkan melalui ektensi yang disebut MultiFinder, yang kemudian diintergrasikan ke dalam System 7 sebagai bagian dari sistem operasi bersamaan dengan dukungan untuk memori virtual. Meskidemikian, sistem operasi lain seperti Windows NT, OS/2 dan NeXTSTEP telah membawa pre-emptive multitasking, protected memory, access controls, dan kemampuan multipengguna ke komputer dekstop, keterbatasan Macintosh dalam manajemen memori dan kerentanan konflik antar extensi yang membawa fungsi tambahan seperti jaringan atau dukungan untuk perangkat tertentu[6], membawa kritik dan menjadi faktor turunnya pangsa pasar Apple pada saat itu.

Setelah dua upaya membuat penerus Macintosh System Software yang disebut Talignet dan Copland dibatalkan, dan pengembahan empat tahun yang dipelopori oleh Steve Jobs yang kembali ke Apple di tahun 1997, Apple mengganti Mac OS dengan sistem operasi baru di tahun 2001 bernama Mac OS X. Masih menggunakan banyak elemen desain dari Mac OS Klasik, dan terdapat beberapa tumpang tindih framework untuk menjaga kompabilitas, kedua operasi sitem memiliki asal mula dan struktur yang berbeda.

Pembaruan terakhir untuk Mac OS 9 rilis pada tahun 2001, memberikan kompabilitas dengan Mac OS X. Nama "klasik" yang digunakan untuk menjelaskan sejarah Mac OS secara keseluruhan berasal dari "Classic Environment", sebulah lapisan kompablitas yang memudahkan transisi ke Mac OS X[7]

Konsep Awal[sunting | sunting sumber]

Proyek Macintosh dimulai akhir tahun 1987 oleh Jef Raskin, yang membayangkan komputer yang mudah digunakan dan murah untuk konsumer umum. Pada September 1979, Raskin mulai mencari orang yang mampu membuat prototip awal. Bill Atkinson, bagian dari tim Apple Lisa, memperkenalkannya kepada Burrell Smith, teknisi yang telah bekerja di sejak awal tahun.

Konsep original Applpe untuk Macintosh dengan sengaja mengurangi kesadaran pengguna tentang sistem operasi. Banyak pekerjaan dasar yang membutuhkan keahlian dalam sistem operasi lain dapat diselesaikan dengan gerakan tetikus dan kontrol grafis di Macintosh. Ini memberi perbedan dibangingan dengan yang lain seperti MS-DOS, yang menggunakan antarmuka garis perintah dan terdiri dari perintah teks yang telah disingkat.

Pada Januari 1981, Steve Jobs mengmabil alih proyek Macintosh. Jobs dan beberapa karyawan Apple berkunjung ke Xerox PARC pada Desember 1979, tiga blan setelah proyek Lisa dan Macintosh dimulai. Setelah mendengar tentang pelopor antarmuka pengguna grafis dikembangkann di Xerox PARC oleh mantan karyawan Xerox seperti Raskin, Jobs bernegosiasi untuk datang dan melihat komputer Xerox Alto sebagai ganti saham Apple[8]. Sistem operasi Lisa dan Macintosh menggunakan konsep dari Xerox Alto, tetapi banyak elemen antarmuka pengguna grafis dibuat oleh Apple termasuk menu bar, menu pull-down, dan konsep drag and drop dan manipulasi langung[9].

Tidak seperti IBM PC, yang menggunakan sistemm rom 8kB untuk power-on self test (POST) dan basic input/output system (BIOS), Mac memiliki ROM yang jauh lebih besar (64kB) dan menyimpan kode SO. Sebagian besar kode ROM dibuat oleh Andy Hertsfeld. Ia mampu menghembat ruang ROM dengan menulis dalam bahasa rakitan(bahasa assembly) yang optimalkan dengan hack, atau trik pemrograman cerdas[10]. Selain itu ia juga menulis kernel, Macintosh Toolbox, dan beberapa aksesoris desktop. Ikon sistem operasi yang menggambarkan folder dan software aplikasi, didesain oleh Susan Kare, yang kemudian membuat ikon untuk Microsoft Windows 3.0. Bruce Horn dan Steve Caps menulis Macintosh Finder, juga beberapa utilitas sistem Macintosh.

Apple sangat aggresif dalam iklan perangkat baru mereka. Setelah dibuat, perusahaan membeli 39 lembar iklan di majalah Newsweek edisi November/Desember 1984. Apple sangat sukses dalam marketing Macintosh hingga dengan cepat melebihi penjualan perangkat sebelumnya yang lebih canggih, Apple Lisa. Apple dengan cepat membuat produk bernama MacWorks, yang memungkinkan Lisa mengemulasi sistem Macintosh hingga System 3, yang kemudian dihentikan dan dirilis ulang dengan nama Macintosh XL. Banyak fitur canggih Lisa tidak hadir di Macintosh hingga System 7 atau setelahnya.

Riwayat perilisan[sunting | sunting sumber]

System 1, 2, 3, dan 4[sunting | sunting sumber]

Versi awal dari Mac OS (atau bisa disebut dengan "System") sangat mudah dikenali pada zamanya, hal ini karena Mac OS adalah sistem operasi yang mempopulerkan GUI. Dibanding sistem operasi yang banyak beredar pada zamannya Mac OS sudah mempopulerkan penggunaan GUI. Sesuai dengan tujuan Apple untuk membuat komputer dengan kesederhanaan, tidak ada perbedaan yang jelas antara sistem operasi dan perangkat keras yang menjalankannya. Karena itu, versi awal tidak memiliki nama yang jelas. Perangkat lunak terdiri dari dua berkas yang dapat dilihat pengguna: berkas sistem, dan Finder, sebuah aplikasi yang digunakan sebagai manajemen file yang juga menampilkan dekstop. Kedua berkas berada dalam direktori folder "System Folder", yang juga menyimpan berbagai berkas sumber lain, seperti driver printer. Versi sistem operasi didasarkan pada versi kedua berkas ini.

  • System 1.0, 1.1, dan 2.0 menggunakan Macintosh File System (MFS). Finder menyediakan folder virtual yang bisa digunakan untuk mengorganisasi file. Tapi folder-folder ini tidak terlihat oleh aplikasi lain dan kenyataannya memang tidak ada.
  • System 2.0 menambahkan dukungan untuk AppleTalk dan Laser Wrîe
  • System 2.1 (atau Finder 5.0) memperkenalkan HFS (Hierarchical File System) yang memiliki direktori yang nyata. Versi mendukung Hard Disk 20, dan hanya menggunakan HFS di RAM; startup dan sebagain besar floppy disk masih menggunakan MFS.
  • System 3.0 (Finder 5.1) diluncurkan bersamaan dengan Mac Plus. Secara resmi menggunakan HFS, drive startup 800K, dukungan untuk beberapa teknologi baru seperti SCSI dan AppleShare, dan Trash "Bulgiing" (Ketika terdapat berkas di Trash, maka akan tampil menggelembung)
  • System 4.0 diluncurkan bersama dengan Mac SE, dan Sytem 4.1 diluncurkan dengan Macintosh II, mesin ini membutuhkan dukungan tambahan untuk slot ekspansi, Apple Desktop Bus (ADB), hard disk internal, dan di Macintosh II, tampilan external berwarna dan processor Motorola 68020 pertama[11].

Versi ini hanya dapat menjalankan satu aplikasi bersamaan, kecuali untuk aksesoris desktop, meski beberapa aplikasi seperti Multi-Mac atau Switcher dapat belakukannya. Perbedaan paling jelas terlihat pada nomor versi Finder, dimana perubahan besar terlihat antara 1.x, 4.x, 5.x, dan 6.x.

Rilis System Software Versi Sistem Tanggal Rilis Versi FInder Versi LaserWriter Keterangan Rilis
Macintosh System Software 1.0 (.97) January 24, 1984 1.0 Rilis Awal
Macintosh System Software (0.1) 1.1 May 5, 1984 1.1g Rilis pemeliharaan. Menambahkan Mountain Scene, kotak About, Clean Up Command.
Macintosh System Software (0.3 & 0.5) 2.0 April 1985 4.1 Finder: multi folder, komando "Shut Down", dan aplikasi "MiniFinder"

System: screenshots menggunakan ⌘ Command+⇧ Shift+3

Macintosh System Software 2.1 September 1985 5.0 Dukungan Hard Disk 20
Macintosh System Software (0.7) 3.0 January 1986 5.1 1.1 Dikenalkan untuk Macintoh Plus
System Software 1.0 3.1 February 1986 5.2 1.1
System Software 1.1 3.2 June 1986 5.3 3.1 Mengatasi masalah data loss,dan sistem crash. Pembaruan Chooser dan Calculator.
AppleShare 1.0 3.3 January 1987 5.4 AppleShare 1.0 Work Station Installer disk (untuk Macintosh 512K)
AppleShare 1.1 3.3 1987 5.5 AppleShare 1.1 Work Station Installer disk (untuk Macintosh 512K)
AppleShare 2.0 3.4 1988 6.1 AppleShare 2.0 Macintosh 512Ke Work Station Installer disk
System Software 2.0 4.0 January 1987 5.4 3.3 Memperkenalkan AppleShare
System Software 2.0.1 4.1 March 2, 1987 5.5 4.0 Rilis untuk Macintosh II and SE. Pembaruan Driver LaserWriter

System Software 5[sunting | sunting sumber]

Di mulai dari versi 5, System dan Finder sekarang dinamai "System Software". System Software 5 juga ditambahi pengaya bernama Multifinder, dengan ini system dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus

System Software 6[sunting | sunting sumber]

Versi ini adalah versi stabil, didesain untuk penggunaan jangka panjang

  1. ^ Linzmayer, Owen W. (2004). Apple Confidential 2.0. No Starch Press. 
  2. ^ "The Macintosh Product Introduction Plan". Stanford University Libraries & Academic Information Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2010. 
  3. ^ "Apple Confidential 2.0 | No Starch Press". www.nostarch.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-26. 
  4. ^ "Macintosh: System Software Version History". support.apple.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-26. 
  5. ^ "October 23, 1999: Mac OS 9 Released - AppleMatters". www.applematters.com. Diakses tanggal 2018-09-26. 
  6. ^ "Folklore.org: Mea Culpa". www.folklore.org. Diakses tanggal 2018-09-26. 
  7. ^ "A Brief History of the Classic Mac OS". Low End Mac (dalam bahasa Inggris). 2012-07-26. Diakses tanggal 2018-09-26. 
  8. ^ "The Real History of the GUI — SitePoint". SitePoint (dalam bahasa Inggris). 2001-08-13. Diakses tanggal 2018-09-27. 
  9. ^ "Folklore.org: On Xerox, Apple and Progress". www.folklore.org. Diakses tanggal 2018-09-27. 
  10. ^ "Folklore.org: We're Not Hackers!". www.folklore.org. Diakses tanggal 2018-09-27. 
  11. ^ "MacTech | The journal of Apple technology". www.mactech.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-28.