Antarmuka baris perintah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Contoh tampilan antarmuka baris perintah

Antarmuka baris perintah[1] (bahasa Inggris: command-line interface, CLI) adalah mekanisme interaksi dengan sistem operasi atau perangkat lunak komputer dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu. Antarmuka hanya-teks ini merupakan kontras dari penggunaan peranti penunjuk untuk mengeklik pilihan pada antarmuka pengguna grafis (GUI), atau penggunaan menu untuk memilih pilihan pada antarmuka pengguna teks (TUI). Konsep CLI dimulai sewaktu teletypewriter machine (TTY) dihubungkan ke komputer pada dasawarsa 1950-an dan terus berkembang bersama dengan sistem GUI seperti Microsoft Windows, Mac OS, dan X Window System. Pada beberapa aplikasi, seperti MATLAB dan AutoCAD, CLI terintegrasi dengan GUI dan mendapat manfaat dari keduanya.

Antarmuka Baris Perintah Lainnya[sunting | sunting sumber]

Baris perintah menyediakan antarmuka antara program dan juga pengguna. Dalam hal ini, baris perintah menjadi alternatif untuk kotak dialog. Editor teks dan database adalah alternatif baris perintah untuk melakukan perintah pada prosesor.

Saat ini terdapat sejumlah game dalam mode teks di mana pengguna dapat memasukkan perintah di bagian bawah layarnya.[2] Seseorang dapat mengontrol karakter hanya dengan mengetik perintah seperti 'ambil cincin' atau 'lihat'. Program kemudian mengembalikan teks yang menjelaskan bagaimana karakter melihat teks itu atau bagaimana karakter kemudian melakukan suatu tindakan.

Yang paling menonjol dari antarmuka ini adalah antarmuka standard streams yang memungkinkan output dari satu perintah untuk diteruskan ke input perintah lain. File teks juga bisa digunakan untuk tujuan apa pun. Hal ini memungkinkan penyediaan antarmuka untuk pipelines, penyaringan dan pengalihan. Dalam sistem Unix, perangkat juga dapat berupa file, sehingga jenis file shell yang biasa digunakan untuk stdin, stdout dan stderr bisa berupa file perangkat tty.

Antarmuka baris perintah lainnya memungkinkan program shell untuk menjalankan program tambahan baik untuk membuka dokumen maupun untuk menjalankan program. Perintah akan diproses di dalam shell dan kemudian diteruskan ke program lain untuk membuka dokumen.

Library JavaScript memungkinkan aplikasi baris perintah ditulis di browser sebagai aplikasi web terpisah atau sebagai bagian dari aplikasi yang lebih besar. Ada juga aplikasi web SSH yang memungkinkan akses ke antarmuka baris perintah server serta bisa juga memberikan kemampuan untuk mengkonfigurasi port knocking.[3]

Bidang input teks untuk URL pada web browser dapat digunakan sebagai baris perintah. Bidang ini juga dapat digunakan untuk "meluncurkan" aplikasi web, untuk mengakses konfigurasi browser, dan untuk melakukan pencarian. Google yang dijuluki sebagai "Internet command line" dapat mencari domain tertentu apabila mendeteksi parameter pencarian dalam format yang diketahui.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mushthofa (2021). Informatika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. hlm. 245. ISBN 978-602-244-506-7. 
  2. ^ "5 Text-Based Adventure Games You Can Play in Your Browser". makeuseof.com. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  3. ^ "How To Enable Port Knocking In Csf/lfd". knownhost.com. Diakses tanggal 2022-12-12. 
  4. ^ "Google strange goodness". knaster.com. Diakses tanggal 2022-12-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]