Windows Update

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Windows Update (WU[1]) adalah layanan Microsoft yang menyediakan pemutakhiran untuk sistem operasi Microsoft Windows dan komponennya. Layanan tersebut bisa digantikan dengan Microsoft Update, versi yang diperluas yang memberi pemutakhiran untuk perangkat lunak Microsoft lainnya, seperti Microsoft Office, Windows Live Essentials and Microsoft Expression Studio. Pemutakhiran biasanya disediakan melalui sambungan internet, tetapi Microsoft memungkinkan pemasangan pemutakhiran di komputer tanpa sambungan internet dengan berbagai metode dan sumber alternatif.[2]

Layanan tersebut menyediakan berbagai jenis pemutakhiran. Pemutakhiran keamanan atau pemutakhiran penting bertujuan untuk mencegah kerentanan terhadap program berbahaya dan memblokir exploit. Pemutakhiran lain memperbaiki kesalahan yang tidak berkaitan dengan keamanan atau meningkatkan fungsionalitas.

Perbaikan keamanan secara rutin diberikan pada hari Selasa kedua setiap bulan (Patch Tuesday), tetapi pemutakhiran dapat dikeluarkan apabila muncul ancaman keamanan yang berat. Windows Update dapat dikonfigurasi agar memasang pemutakhiran penting secara otomatis saat komputer tersambung ke internet tanpa pengguna perlu menjalankan pemasangan secara manual atau bahkan menyadari bahwa dibutuhkan pemutakhiran.[3]

Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8 dan Windows Server 2012 menyediakan alat bantu di Panel Kontrol yang bertujuan untuk mengelola modus pemutakhiran dan memeriksa ketersediaan pemutakhiran. Alat tersebut juga memungkinkan pemasangan Windows Ultimate Extras, perangkat lunak opsional untuk Windows Vista Ultimate Edition. Untuk versi sebelumnya dari Microsoft Windows, pemutakhiran dapat diunduh dari situs Windows Update dengan Internet Explorer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ De Clercq, Jan; Grillenmeier, Guido (2011). Microsoft Windows Security Fundamentals: For Windows 2003 SP1 and R2. Digital Press. p. 185. ISBN 9780080491882. Diakses tanggal 2014-05-04. Microsoft Update (MU) is Microsoft's follow-up service to Windows Update (WU). 
  2. ^ Microsoft (February 9, 1999). Strong Holiday Sales Make Windows 98 Best-Selling Software of 1998. Siaran pers. Diakses pada 2008-07-29.
  3. ^ Slob, Arie (March 22, 2003). "Windows Update is Spying on You!". windows-help.net. Diakses tanggal 2008-07-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]