MSConfig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
MSConfig
PengembangMicrosoft
Rilis perdanaWindows 98 / 25 Juni 1998 (1998-06-25)
Rilis stabil
Windows 7 / 22 Oktober 2009; 9 tahun lalu (2009-10-22)
Status pengembanganActive
Ditulis denganC++
Sistem operasiMicrosoft Windows
Serambix86 and x64
Ketersediaan bahasaMultilingual
JenisSystem administration
LisensiBundled application under parent OS license.
Situs webhttp://www.microsoft.com

Msconfig adalah utilitas untuk memecahkan masalah Windows proses startup. Program ini dibundel bersama sistem operasi Microsoft Windows, dimulai dari Windows 98 kecuali Windows 2000. Pengguna Windows 95 dan Windows 2000 dapat men-download utilitas ini, meskipun tidak dirancang untuk Sistem Operasi ini. Msconfig dapat memodifikasi program yang dijalankan pada startup, menyunting file konfigurasi , dan menyederhanakan kontrol atas Layanan Windows. Msconfig ini tidak diletakan di Start Menu atau Control Panel, tetapi dapat diakses dengan menggunakan dialog Run untuk menjalankan 'msconfig' pada setiap sistem di mana pengguna memiliki akses [[Superuser | administrator] ].

File yang dapat diedit melalui Msconfig mencakup autoexec.bat, CONFIG.SYS, WIN.INI, SYSTEM.INI pada sistem Windows 9x, dan WIN.INI, SYSTEM.INI dan BOOT.INI pada Windows NT yaitu sistem sebelum Windows Vista. Manfaat utama menggunakan Msconfig untuk mengedit file-file ini adalah bahwa ia menyediakan GUI yang disederhanakan untuk memanipulasi bagian dari file-file dan Windows registry yang berkaitan dengan urutan boot Windows. Dengan menggunakan msconfig, Windows juga dapat dikonfigurasi untuk melakukan diagnostik startup.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Beberapa dari fungsinya bervariasi tergantung versi Windows:

  • Pada Windows 98 dan Windows Me, MSConfig dapat mengkonfigurasi pengaturan pemecahan masalah lanjut yang berkaitan dengan sistem operasi ini.
  • Pada Windows 98, MSConfig dapat membuat cadangan/backup dan memulihkan/recovery file startup.
  • Pada Windows Me, MSConfig juga telah diperbarui dengan tiga tab baru yang disebut "Static VxDs", "Lingkungan" dan "International". VxDs Statis tab yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan statis virtual device driver yang akan diambil pada saat startup, pada tab''Lingkungan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan lingkungan variabel s, dan ' "Internationaltab memungkinkan pengguna untuk mengatur bahasa internasional pengaturan layout keyboard yang sebelumnya diatur melalui real-mode MS-DOS file konfigurasi. Sebuah "Pembersihan" tombol pada "Startup" tab memungkinkan membersihkan sah atau menghapus entri startup.
  • Dalam Windows Me dan Windows XP versi, ini dapat mengembalikan file individu dari instalasi Windows asli ditetapkan.
  • Pada Windows NT berbasis sistem operasi sebelum Windows Vista, dapat mengeset bermacam BOOT.INI switch.
  • Pada Windows XP dan Windows Vista, dapat menyembunyikan semua layanan sistem operasi untuk troubleshooting.
  • Dalam Windows Vista dan kemudian, alat memperoleh dukungan tambahan untuk meluncurkan berbagai perangkat, seperti informasi sistem, konfigurasi lain daerah, seperti Internet options, dan kemampuan untuk mengaktifkan / menonaktifkan UAC.