Windows Media Center

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Windows Media Center
Windows Media Center logo.png
Windows 7 Media Center.jpg
Windows Media Center under Windows 7
Pengembang Microsoft
Rilis perdana 2002
Sistem operasi Windows XP Media Center Edition
Windows Vista
Windows 7
Windows 8 Pro (Terpisah)
Situs web resmi Windows Media Center

Windows Media Center adalah aplikasi yang diciptakan untuk kegunaan pusat hiburan rumah. Windows Media Center dimasukkan ke Windows XP Media Center Edition, edisi-edisi premium Windows Vista (Vista Home Premium dan Ultimate), Windows 7 (Home Premium, Professional, Enterprise, dan Ultimate), dan Windows 8. Dapat digunakan dengan remote control tetapi dapat digunakan dengan tetikus dan keyboard. Windows Media Center menayangkan gambar-gambar, video-video, dan musik pengguna komputer dari cakram keras, cakram padat, dan jaringan lokal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya Windows Media Center diberi nama "freestyle" selama pengembangannya. Windows Media Center pertama kali dipaketkan dengan edisi khusus Windows XP yang disebut Windows XP Media Center Edition. Sebuah versi baru dari Windows Media Center dimasukkan ke dalam Windows Vista edisi Home Premium dan Ultimate. User Interface dari Windows Media Center versi Windows Vista didesain ulang dan disesuaikan dengan rasio aspek layar 16:9. Dukungan telah ditambahkan untuk empat TV Tuner atau dua dual-tuner card (maksimal dua tuner di luar Amerika Serikat) serta dukungan penuh video definisi tinggi melalui DVB-T dan standar ATSC dan CableCard. Yang juga diperkenalkan untuk pengguna AS adalah TV Internet, yang memungkinkan akses ke konten streaming melalui antarmuka Windiws Media Center.

Microsoft kemudian memperbaharui Windows Vista Media Center dengan paket fitur yang dikenal sebagai TV Pack 2008. Paket ini, yang sebelumnya diberi nama "Fiji" hanya tersedia melalui OEM untuk komputer baru dengan sistem operasi bawaan ditambah pembaruan. Hal ini tidak tersedia sebagai pembaruan daring untuk Windows Vista yang sudah memiliki media Center sebelumnya. Pembaruan tweak user interface, menggantikan tipe berkas dvr-ms dengan file wtv., menambahkan dukungan untuk sub-kanal digital, QAM, serta peningkatan jumlah setiap tuner yang diperbolehkan, ditambah DVB-S dan MHEG. Di versi beta-nya tersedia dukungan untuk kanal H.264 (yang memungkinkan untuk dilakukannya DirecTV), namun fitur tersebut dihapus dari versi rilisnya.

Sebagian besar fungsionalitas tambahan dengan TV Pack 2008 ikut disertakan dengan Windows Media Center versi Windows 7, bersama dengan pebaruan user interface

Windows 8[sunting | sunting sumber]

Fitur ini dihilangkan di Windows 8. Walaupun begitu, Microsoft menyediakan fitur ini secara terpisah untuk Windows 8 Pro (Untuk Windows 8, harus membayar Pro Pack seharga $139.99) dengan harga $12.79. Khusus pada tanggal 26 Oktober 2012 hingga 31 Januari 2013, bagi pengguna Windows 8 Pro, ini gratis.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Windows Media Center menggunakan perangkat TV Tuner unuk memutar dan merekam siaran televisi dari sinyal antena, TV kabel, maupun sinyal satelit standar. Siaran televisi dapat direkam secara manual atau dijadwalkan melalui panduan program elektronik. Rekaman dapat di-Burning (dibakar) ke keping DVD, ataupun ditransfer ke pemutar media portabel. Media Center mendukung kedua tuner analog dan digital juga memungkinkan hingga 4 jenis tuner (Analog, Digital OTA, QAM, dan kartu kabel) untuk totalkemungkinan 16 TV tuner yang dapat dikonfigurasi. Semua tuner menggunakan data yang sama tetapi panduan dapat diedit dan dikomfigurasi untuk memasukkan saluran tambahan seperti QAM yang secara default tidak termasuk dalam panduan (tetpi dapat ditambahkan secara manual). Sambil menonton siaran langsung, program akan menyimpan buffer yang memungkinkan pengguna untuk mundur atau melakukan jeda, yang memungkinkan pengguna untuk melewatkan iklan.

Media Center dapat melakukan live streaming dan melakukan pra-rekaman televisi untuk Windows Media Center Extender seperti konsol Xbox 360, tetapi komputer Windows hanya dapat mengakses untuk direkam dan konten mati saja. Pemutaran konten di televisi dimungkinkan melalui Media Center Extender atau sengan langsung menghubungkan komputer yang sedang menjalankan Media Center ke televisi. Menu Media Center ditampilkan dalam antarmuka pengguna 10-kaki yang cocok untuk dilihat dalam televisi berlayar lebar dan bisa dinavigasi menggunakan berbagai remote kontrol. Windows Media Center PC memerlukan sebuah sensor untuk dapat berinteraksi dengan remote kontrol. Sensor harus memiliki driver perangkat Plug and Play. Untuk mengiklankan dukungan terhadap Media Center, remote kontrol juga harus memiliki tombol tertentu seperti tombol Media Center (bisanya berwarna hijau) dan tombol untuk navigasi, pemutaran dan kontrol volume, tombol power dan channer flipping.

Dukungan Berkas Media[sunting | sunting sumber]

Windows Media Center mengatur dan menampilkan video dan musik yang ditemukan pada komputer lokan maupun jaringan. Album musik diatur dengan Album Art yang menyertainya yang dapat diunduh dari internet secara otomatis atau menambahkannya secara manual ke Media Center. Pengguna dapat membuat daftar main dari lagu-lagu yang berbeda ataupun dari album. Sambil memainkan musik, pengguna dapat menghentikan sebentar maupun memajukan beberapa detik ataupun melihat visualisasi. dukungan Radio FM analog juga tersedia jika TV tuner yang digunakan mendukung fungsi tersebut.

Media Center memungkinkan pengguna untuk mencari gambar dan memainkannya di slideshow, serta memutar berkas video. Media dapat dikategorikan berdasarkan nama, tanggal, tag, dan atribut file lainnya. Selain itu, pengguna dapat mengatur dan memutar film melalui fitur "Movie Library" yang diperkenalkan di Windows Vista Media Center. Melalui fitur "Internet TV", pengguna juga dapat melakukan streaming televisi dari internet dan menampilkan situs web dari penyedia konten terpilih.

Dukungan CableCard[sunting | sunting sumber]

Windows Vista Media Center memperkenalkan dukungan untuk perangkat CableCard. Namun, CableCard hanya didukung pada perangkat keras dari OEM yang telah disertifikasi oleh CableLabs. Windows 7 Media Center mendukung penuh penambahan CableCard untuk hardware yang telah ada, atau disediakan perangkat keras yang memenuhi persyaratan tertentu. Tak lama setelah peluncuran Windows 7, Microsoft merilis alat Digital Cable Advisor untuk memverivikasi bahwa persyaratan terpenuhi sebelum mengaktifkan dukungan CableCard.

Perangkat Portabel[sunting | sunting sumber]

Perangkat portabel tertentu dapat disinkronkan dengan Windows Media Center. Perangkat ini meliputi Windows Mobile Pocket PC, Portable Media Center dan plater lain yang dapat disinkronkan dengan Windows Media Player. Microsoft Zune tidak dapat menggunakan fungsi sinkronisasi, tetapi dapat memainkan berkas perekam Media Center TV ketika mereka disalin ke folder Zune tertentu.

Sementara melakukan sinkronisasi acara televisi, windows Media Center mengkodekan acara menggunakan Windows Media Encoder ke dalam format Windows Media Video dengan kualitas yang lebih rendah dari format asli yang digunakan untuk menampilkan pada desktop media center. Hal ini untuk melengkapi ruang penyimpanan dan penggunaan dayaterbatas pada perangkat portabel tersebut. Opsional, musik juga dapat dikodekan ulang ke dalam ukuran yang lebih kecil pada sinkronisasi.