Lakuran (linguistik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lakuran)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lakuran (bahasa Inggris: portmanteau (pengucapan bahasa Inggris: [pɔːtˈmantəʊ]); portmanteau word; portmanteau term, bentuk jamak: portmanteaux) adalah kata baru yang terbentuk dari hasil penggabungan dua atau lebih kata atau bagian kata sehingga dihasilkan arti gabungan dari dua kata pembentuknya, misalnya "sinetron" (dari sinema dan elektronik), atau "surel" (dari surat dan elektronik). Biasanya, lakuran merupakan neologisme. Salah satu contoh yang paling dikenal luas dalam bidang film fiksi adalah kata "siborg" (diserap dari bahasa Inggris: cyborg), yang merupakan campuran dari kata "sibernetika" dan "organisme".

Istilah "portmanteau" digunakan oleh Lewis Carroll dalam bukunya yang berjudul Through the Looking-Glass (1871). Dalam buku tersebut, Humpty Dumpty menjelaskan kepada Alice arti kata slithy yang diucapkan oleh Jabberwocky. Kata baru ini terbentuk dari dua kata, yaitu "lithe" (terj. "lentur") dan "slimy" (terj. "berlendir"), yang dimampatkan menjadi satu kata. Kutipannya adalah sebagai berikut:

"Well, slithy means lithe and slimy... You see it's like a portmanteau — there are two meanings packed up into one word."

— Lewis Carroll dalam buku Through the Looking-Glass (1871).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]