Lakuran (disambiguasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lakuran dapat mengacu pada beberapa hal berikut:

  • Lakuran, secara umum memiliki arti "campuran". Secara etimologi, istilah ini berasal dari Sunda: ᮜᮊᮥᮛᮔ᮪, translit. lakuran yang bermakna sebagai "campuran", "gabungan", "perpaduan", atau "kombinasi". Sinonim dari istilah ini ialah "fusi" (diserap dari Inggris: fusion) yang memiliki makna serupa. "Lakuran" sebagai nomina seringkali digunakan untuk merujuk kepada lakuran dalam bidang linguistik yang merupakan padanan kata dalam bahasa Indonesia untuk istilah "portmanteau" dalam bahasa Inggris.
  • Lakuran (kimia), merupakan sebuah istilah dalam bidang kimiawi untuk menunjukkan campuran senyawa kimia. Contohnya yakni "lakur zink" yang merupakan campuran zink dengan logam lain, biasanya untuk memperbaiki kekerasan dan mengurangi sifat horosif.
  • Lakuran (linguistik), merupakan istilah dalam bidang linguistik yang merujuk kepada kata baru yang terbentuk dari hasil penggabungan dua kata atau lebih kata sehingga menghasilkan arti gabungan dari kata-kata pembentuknya. Contohnya yakni "sinetron" yang berasal dari gabungan dua kata yaitu "sinema" dan "elektronika".
  • Lakuran (metalurgi), merupakan istilah dalam bidang metalurgi yang memiliki makna "bercampur" yang merujuk kepada hal-hal yang terkait dengan percampuran logam.