Idgitaf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Idgitaf
LahirBrigitta Sriulina Sembiring Meliala
15 Mei 2001 (umur 21)
Nama lainIdgitaf
Gita
Pekerjaanpenyanyi, konten kreator, selebriti internet
Karier musik
Genre
InstrumenVokal
Tahun aktif2020-sekarang


Brigitta Sriulina Sembiring Meliala yang lebih dikenal dengan nama panggung Idgitaf (lahir 15 Mei 2001) adalah penyanyi, penulis lagu, selebritas internet, dan konten kreator berkebangsaan Indonesia.[1][2][3][4]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Gita terlahir dengan nama Brigitta Sriulina Beru Meliala pada tanggal 15 Mei 2001

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Gita mengenyam pendidikan jenjang SMP di SMP Negeri 103 Jakarta. Setelah lulus ia melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 39 Jakarta jurusan IPA.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil Idgitaf telah tertarik pada dunia musik namun belum diasah karena keluarganya belum menyadari bakatnya tersebut. Ketika duduk di bangku SMP, Gita mengikuti les olah vokal untuk mengasah kemampuan bernyanyinya tetapi ia kurang menikmati aktivitas tersebut.

Ketika SMA, wawasannya tentang musik mulai terbuka. Ia pun membentuk grup musik bersama temannya yang juga memiliki ketertarikan di bidang musik. Berawal dari grup musik tersebut, Gita merintis karier sebagai penyanyi. Alasan Gita memilih untuk bernyanyi dalam grup musik yakni ia belum mengetahui cara untuk menunjukkan bakat bernyanyinya selain dengan membentuk grup musik.

Pasca lulus dari SMA, grup musik tersebut bubar karena masing-masing personilnya mengenyam pendidikan di perguruan tinggi yang berbeda dan memiliki prioritas dan kesibukan sendiri. Gita mencoba melanjutkan karier musiknya dengan membentuk grup musik dengan teman-teman kuliahnya tetapi tidak berjalan lama karena perbedaan visi dan misi.[1]

Adapun di luar aktivitas bersama grup musiknya, Gita juga sering mengisi pujian di ibadah gereja dan perayaan hari besar baik di gereja maupun di instansi seperti Natal.

Gita mulai aktif di TikTok sejak Agustus 2020 yang dilatarbelakangi oleh kejenuhan sebagai akibat dari Pandemi COVID-19. Namanya melejit usai memarodikan video Odading Mang Oleh. Ia juga dikenal melalui video duetnya dengan Fran Vasilić yang merupakan penyanyi asal Kroasia, dengan judul "Ala-ala Lagu Galau Indonesia" dan "Don't Put Your Head On My Shoulder".

Singel Perdana: Hal Indah Butuh Waktu untuk Datang #Solekmu[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2020, ia merilis singel perdananya yang berjudul Hal Indah Butuh Waktu untuk Datang #Solekmu. Ia sendiri yang menulis lirik singel tersebut dan diproduseri oleh gitaris HIVI!, yakni Ezra Mandira dan penemu Jakarta Movement of Inspiration yang bernama Nurul Susantono.

Penghargaan TikTok Awards Indonesia 2020[sunting | sunting sumber]

Dalam acara TikTok Awards Indonesia 2020 yang diselenggarakan pada 30 Januari 2021, Gita berhasil memenangkan penghargaan Best of Performers.[5]

Singel Kedua: Terpikat Senyummu[sunting | sunting sumber]

Pada 12 Februari 2021, ia merilis sebuah lagu berjudul "Terpikat Senyummu" yang berkolaborasi dengan aplikasi TikTok. Gita yang menciptakan sendiri lagu tersebut. Lagu ini pertama kali diunggahnya ketika berduet dengan Fran Vasilić. Video duet tersebut diunggah pada bulan Oktober 2020.

Lagu ini pun menjadi lagu orisinal pertama di aplikasi TikTok dalam negara Indonesia. Dengan begitu, lagu ini juga menjadi album lagu tema dari film pendek vertikal pertama Indonesia di Tiktok dengan judul X & Y.[6]

Singel Ketiga: Berlagak Bahagia[sunting | sunting sumber]

Pada 2 Juli 2021, ia merilis sebuah lagu berjudul Berlagak Bahagia. Gita menciptakan lagu ini pada tahun 2018 di masa dirinya merasa bahwa dunia tidak seperti yang dibayangkannya. Lagu ini menunjukkan keseriusannya untuk terjun di industri musik tanah air.

Lagu ini diproduseri oleh gitaris HIVI!, Ezra Mandira.

Berbeda seperti singel sebelumnya, Gita tidak berperan langsung di dalam video klip lagu ini. Julfikar Maha Putera lah yang menjadi model video klip untuk singel ini. Tema video klipnya adalah penerimaan diri tentang seorang laki-laki yang memendam keinginannya menjadi perempuan. Sosok ini berjibaku agar tidak menentang norma sosial bahwa ia adalah laki-laki.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album mini[sunting | sunting sumber]

Daftar album mini (Extended Plays) dengan detail terpilih
Judul Detail album Ref.
Semoga Sembuh [7]

Singel[sunting | sunting sumber]

Sebagai penyanyi utama
Judul Tahun Album Ref.
"Hal Indah Butuh Waktu untuk Datang #Solekmu" 2020 Singel non-album
"Terpikat Senyummu" 2021 X&Y (original soundtrack)
"Berlagak Bahagia" Semoga Sembuh
"Takut"
"Satu-Satu" 2022 Singel non-album
Sebagai penyanyi yang ditampilkan
Judul Tahun Album Ref.
"Benar-Benar"
(The Overtunes menampilkan Idgitaf)
2022 Singel non-album

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran
2020 Rumpi (No Secret) Bintang Tamu Trans TV
Santuy Malam
Opera Van Java Trans7
Ngobras (Ngobrol Santai) Seru! Channel
2021 Dahsyatnya 2021 RCTI
Super Youth GTV
Tonight Show Premiere NET.
Buddy Talk SEA Today
Ngoceh
2022 Tonight Show NET.
TikTok Awards Indonesia 2021 RCTI
Super Youth GTV

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2022 Anugerah Musik Indonesia Album Terbaik-Terbaik Semoga Sembuh Nominasi
Album Pop Terbaik Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Brigita Meliala". Tribunnewswiki.com. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  2. ^ Wardhani, Vinna (2020-10-23). "Viral Nyanyikan Odading Mang Oleh, Brigita Meliala Ungkap Proses Rekaman". Merdeka.com. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  3. ^ Times, I. D. N.; Nanda, Erfah. "10 Perjalanan Karier Idgitaf, dari TikTok Kini Punya Lagu Sendiri". IDN Times. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  4. ^ Rossa, Vania (2020-12-10). "Potret Idgitaf, Penyanyi yang Viral di Tiktok". Suara.com. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  5. ^ eventori.id. "Brigita Meliala alias Idgitaf, Penyanyi yang Viral Lewat TikTok". Eventori. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  6. ^ Cyntara, Rheisnayu, ed. (2021-02-23). "Lirik Lagu Terpikat Senyummu dari Idgitaf, Kolaborasi dengan Tikok". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  7. ^ Kristianti, Livia (2022-01-21). Nurcahyani, Ida, ed. "Idgitaf berikan paket kesembuhan luka lewat "Semoga Sembuh"". ANTARA News. Diakses tanggal 2022-06-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]