YouTube Music

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
YouTube Music
Logo of YouTube Music.svg
YTmusic web.png
Tangkap layar YouTube Music versi desktop di situs web
PengembangYouTube
Tanggal diluncurkan12 November 2015; 4 tahun lalu (2015-11-12)
Platform
Situs webmusic.youtube.com

YouTube Music adalah layanan streaming musik dan aplikasi seluler yang dikembangkan oleh YouTube; itu menyediakan antarmuka yang disesuaikan untuk layanan yang berorientasi pada streaming musik, memungkinkan pengguna untuk menelusuri lagu dan video musik di YouTube berdasarkan genre, daftar putar, dan rekomendasi. Layanan ini juga menawarkan tingkat premium, yang memungkinkan pemutaran bebas iklan, pemutaran latar belakang hanya audio, dan mengunduh lagu untuk pemutaran offline. Manfaat berlangganan ini juga ditawarkan kepada pelanggan Google Play Music dan YouTube Premium.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Aplikasi YouTube Music diluncurkan pada Oktober 2015 dan dirilis pada bulan berikutnya; rilisnya datang bersamaan dengan peluncuran YouTube Red, layanan berlangganan yang lebih besar yang mencakup keseluruhan platform YouTube, termasuk aplikasi Musik. Meskipun berlebihan untuk Google yang ada Google Play Music layanan berlangganan Semua Akses, aplikasi ini dirancang untuk pengguna yang terutama mengkonsumsi musik melalui YouTube.[1][2]

Pada 17 Mei 2018, YouTube mengumumkan versi baru layanan YouTube Music, termasuk pemutar desktop berbasis web dan aplikasi seluler yang dirancang ulang, rekomendasi yang lebih dinamis berdasarkan berbagai faktor, dan penggunaan teknologi kecerdasan buatan Google untuk mencari lagu berdasarkan lirik dan deskripsi. Selain itu, YouTube Music menjadi layanan berlangganan yang terpisah (diposisikan sebagai pesaing yang lebih langsung ke Apple Music dan Spotify), menawarkan streaming yang bebas iklan dan latar/audio saja, dan mengunduh untuk pemutaran offline, untuk konten musik di YouTube. Manfaat layanan akan terus tersedia sebagai bagian dari layanan YouTube Premium (sebelumnya YouTube Red), dan untuk pelanggan Google Play Music Akses semua. Langganan Musik YouTube dihargai sesuai dengan pesaingnya di US $9,99 per bulan; harga YouTube Premium secara bersamaan dinaikkan menjadi $11,99 untuk pelanggan baru.[3][4]

Pada tahun 2018, YouTube Music mencapai beberapa perjanjian sponsor dengan Dick Clark Productions untuk melayani sebagai mitra untuk acara televisi spesialnya Dick Clark's New Year's Rockin' Eve dan American Music Awards .[5][6]

YouTube Music tersedia di speaker pintar Google Assistant (termasuk Google Home) pada tanggal 18 April 2019, dengan pemutaran dukungan iklan terbatas fitur tersedia untuk non-berlangganan.[7]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Ketersediaan musik mencakup banyak rilis dari artis arus utama dan meluas ke versi video apa pun yang dikategorikan sebagai musik di layanan YouTube.

YouTube Music pada awalnya akan beroperasi secara paralel dengan Google Play Music, tetapi manajer produk Elias Roman menyatakan bahwa pengguna Google Play Music pada akhirnya akan dimigrasi ke aplikasi setelah mencapai kesamaan fitur dengan Google Play Music (termasuk penambahan fitur seperti pembelian musik dan perpustakaan berbasis cloud untuk musik yang disediakan pengguna). Manajer produk Musik YouTube T. Jay Fowler menyatakan bahwa koleksi, daftar putar, dan preferensi akan dimigrasi.[8]

Mulai bulan September 2019, Google Play Music digantikan oleh YouTube Music di bundel inti layanan Google seluler yang didistribusikan di perangkat Android baru.[9][10] In May 2020, an update was released to allow imports from Google Play Music, including purchased music, playlists, cloud libraries, and recommendations.[11]

Pada 25 Mei 2020, Musik YouTube memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih dulu album sebelum dirilis.[12]

Langganan[sunting | sunting sumber]

Tingkat gratis biasanya memutar lagu dalam versi video musik yang berlaku. Tingkat premium memutar trek resmi album, kecuali jika pengguna mencari versi video musik. Pelanggan YouTube Music Premium dapat beralih ke mode hanya audio yang dapat diputar di latar belakang saat aplikasi tidak digunakan. Tingkat gratis tidak memungkinkan mode hanya audio dengan pemutaran latar belakang karena menampilkan iklan video.[2]

Langganan Iklan Melewati dan Scrubbing (audio) Offline Mode Putar di Latar belakang Kualitas suara
Gratis Didukung oleh Iklan Tanpa batasan Hanya YouTube Go Tidak tersedia 128 kbit/s
Premium Tidak ada Tanpa batasan Tersedia Tersedia 256 kbit/s
YouTube Premium Tidak ada Tanpa batasan Tersedia Tersedia 256 kbit/s

Paket Premium dan YouTube Premium tersedia dalam versi individu dan keluarga. Paket keluarga memungkinkan hingga enam anggota keluarga dari rumah tangga yang sama untuk mengakses fitur-fitur paket. Siswa yang memenuhi syarat dapat memperoleh diskon untuk paket individual.

Ketersediaan geografis[sunting | sunting sumber]

Layanan ini tersedia di 95 negara: Samoa Amerika, Argentina, Aruba, Australia, Austria, Azerbaijan, Belarus, Belgia, Bermuda, Bolivia, Bosnia dan Herzegovina, Brasil, Bulgaria, Kanada, Kepulauan Cayman, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Kroasia , Siprus, Republik Ceko, Denmark, Republik Dominika, Ekuador, Mesir, El Salvador, Estonia, Finlandia, Prancis, Guyana Prancis, Polinesia Prancis, Jerman, Yunani, Guadeloupe, Guam, Guatemala, Hong Kong, Honduras, Hongaria, Islandia, India , Indonesia, Irlandia, Israel, Italia, Jepang, Kuwait, Latvia, Lebanon, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Makau, Moldova, Malta, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Nikaragua, Nigeria, Makedonia Utara, Norwegia, Kepulauan Mariana Utara, Norwegia , Oman, Panama, Papua Nugini, Paraguay, Peru, Filipina, Polandia, Portugal, Puerto Riko, Qatar, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Serbia, Slovakia, Slovenia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss , Taiwan, Turki, Kepulauan Turks dan Caicos, Thailand, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris Raya, Amerika Serikat, Kepulauan Virgin Amerika Serikat, Uruguay, dan Venezuela.[13][14][15][16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Exclusive: An inside look at the new ad-free YouTube Red". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-17. 
  2. ^ a b "YouTube Music isn't perfect, but it's still heaven for music nerds". Engadget. Diakses tanggal November 7, 2016. 
  3. ^ "New YouTube Music Premium costs $9.99 monthly, add $2 to get all Red perks". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-18. 
  4. ^ "Google announces YouTube Music and YouTube Premium". The Verge. Diakses tanggal 2018-05-17. 
  5. ^ Spangler, Todd (2018-08-22). "YouTube Music Signs American Music Awards Two-Year Title Sponsorship Deal". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-10. 
  6. ^ Hayes, Dade (2018-11-13). "YouTube Music And Dick Clark Productions Extend Partnership For 'New Year's Rockin' Eve With Ryan Seacrest'". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-19. 
  7. ^ "YouTube Music is now free with ads on Google Home devices". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-18. 
  8. ^ "YouTube Music will eventually get Google Play Music's best features, including user uploads". The Verge. Diakses tanggal 2018-05-24. 
  9. ^ Welch, Chris (2019-09-27). "YouTube Music will now come preinstalled on Android devices". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-08. 
  10. ^ "YouTube Music will be preinstalled on Android 10 and new Android 9 devices". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-08. 
  11. ^ Welch, Chris (2020-05-12). "YouTube Music can finally import your library and uploads from Google Play Music". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-15. 
  12. ^ Al-Heeti, Abrar. "YouTube Music now lets you pre-save albums". CNET (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-12. 
  13. ^ "System requirements & availability". Google Support. Google. Diakses tanggal 17 July 2019. 
  14. ^ Ivan (14 November 2018). "YouTube Premium and Music Premium expand to seven new countries". GSMArena. Diakses tanggal 17 November 2018. 
  15. ^ "YouTube Premium and Music expand to 8 new countries in the Middle East". Android Central (dalam bahasa Inggris). 2019-09-11. Diakses tanggal 2019-09-13. 
  16. ^ https://m.gsmarena.com/youtube_premium_and_music_now_available_in_14_more_countries_-news-43692.php

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]