Google Home

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Google Home
PengembangGoogle
JenisSpeaker Cerdas
Tanggal rilis4 November 2016
KonektivitasWi-Fi dual-band,Bluetooth

Google Home adalah jajaran speaker pintar yang dikembangkan oleh Google. Perangkat tersebut memungkinkan pengguna mengucapkan perintah suara untuk berinteraksi dengan layanan melalui Google Assistant, memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik, mengontrol pemutaran video atau foto, atau menerima pembaruan berita sepenuhnya melalui suara. Perangkat Google Home juga memiliki dukungan terintegrasi untuk otomatisasi rumah, memungkinkan pengguna mengontrol peralatan rumah cerdas dengan perintah suara mereka.[1] Perangkat pertama, Google Home, dirilis di Amerika Serikat pada November 2016; rilis produk berikutnya terjadi secara global dari 2017-2019.

Google Home telah menggeser Amazon Echo di puncak penggapaian untuk pertama kalinya. Google Home dan Home Mini terjual 3,2 juta unit, mengungguli Echo milik Amazon yang terjual 2,5 juta unit. Salah satu pasar pendorong kesuksesan speaker pintar google adalah pasar negara India. Salah satu cara Google menggaet para penggunanya adalah dengan cara bekerja samadengan beberapan layanan provider di India. "Operator dan gerai cenderung memprioritaskan speaker pintar Google dibanding Amazon, karena Amazon berada di posisi sulit untuk menjadi kompetitor langsung," jelas analis Canalys, Ben Stanton.[2]

Speaker pintar milik google ini bisa juga di sebut dengan Home Max. Home Max punya dua 4,5 inch woofer untuk menghadirkan bass lebih dalam. Ada pula dua custom twitter berukuran 0,7 inch. Semua itu dibungkus oleh material fabric dengan bodi dari polycarbonate. Speaker pintar milik goolge ini tidak hanya untuk memutar musik saja tetapi juga untuk mengontrol perangkat start home yang terhubung. Bicara fitur, Google memberikannya Smart Sound. Fitur ini membuat Home Max dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jadi di mana pun speaker ini ditempatkan, pengguna akan mendapatkan suara terbaik. Speaker pintar Home Max ini tidak hanya bisa terhubung melalui WiFi, tetapi juga dapat terhubung melalui Bluetooth dan aux jack.

Google Home Max akan tersedia Desember nanti dengan harga USD $399 atau sekitar 5,4 juta rupiah dan akan mendapatkan layanan gratis setahun YouTube Music.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kovach, Steve. "Google unveils its newest major product: the Google Home speaker". Business Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-21. Diakses tanggal 2020-11-25. 
  2. ^ Pertiwi, Wahyunanda Kusuma (2018-05-27). Wahyudi, Reza, ed. "Google Geser Amazon Rajai Pasar Speaker Pintar". KOMPAS.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-03. Diakses tanggal 2018-09-07. 
  3. ^ Rahman, Adi Fida. "Google Pamer Penantang Berat Apple HomePod". detikinet (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-07. Diakses tanggal 2018-09-07.