Yura Yunita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yura Yunita
Yura Yunita in 2022.png
Yura pada tahun 2022
LahirYunita Rachman
9 Juni 1991 (umur 31)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
AlmamaterUniversitas Padjadjaran
Pekerjaan
Tahun aktif2014–sekarang
Suami/istri
(m. 2020)
Karier musik
Genre
Instrumen
Label
  • AYURA
Artis terkait
Situs webhttp://www.yurayunita.com
Tanda tangan
Yura Yunita (signature).svg

Yunita Rachman atau yang lebih dikenal dengan Yura Yunita (lahir 9 Juni 1991) adalah seorang penyanyi-penulis lagu Indonesia keturunan Sunda.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Yunita Rahman atau yang lebih dikenal sebagai Yura, lahir pada 9 Juni 1991. Ia lahir dalam keluarga yang mencintai dunia musik. Sejak kecil ia memiliki hobi bermain piano dan menyanyi. Yura merupakan alumni dari Fakultas Komunikasi Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung.[1] Ia dipersunting Donne Maula pada tahun 2020.

Karier[sunting | sunting sumber]

2013: The Voice Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pada 2013, Yura audisi untuk musim pertama dari The Voice Indonesia dengan lagu "Mercy" dari Duffy. Keempat coach menekan tombol "I WANT YOU". Yura memilih mendiang Glenn Fredly sebagai coach-nya.[2] Namun, langkahnya terhenti pada babak Battle, ketika coach Glenn memilih Tiara Degrasia untuk tetap di kompetisi.

Ronde Lagu Penampil Asli Tanggal Urutan Hasil
Blind Audition "Mercy" Duffy 10 Februari 2013 1.1 4 Kursi Berputar
Bergabung dengan Tim Glenn
Battle Round "Bimbi" (vs. Tiara Degrasia) The Rollies 21 April 2013 11.4 Tereliminasi

2014–2015: Yura[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, Yura mengeluarkan dua singel. Pada bulan April, ia merilis singel pertama bertajuk "Balada Sirkus" yang diciptakan sendiri. Lagu ini mengisahkan percintaan antara pemain akrobat dengan orang yang dikasihinya. Dalam video singel ini ia turut menjadi sutradara untuk video perdananya tersebut. Video musik ini digarap dengan sangat unik dengan balutan sirkus dan sesuai dengan karakter ia yang lincah berbeda dengan penyanyi wanita lainnya. Setelah rilis album tersebut, Yura sukses menggelar konser tunggalnya dengan tema Konser Balada Sirkus yang diambil juga dari tembang pertamanya yang berjudul "Balada Sirkus" pada bulan September 2014 dan tiket Konser perdana ini terjual habis. Kemudian, pada November 2014, ia mengeluarkan single kedua berjudul "Cinta dan Rahasia" yang dinyanyikan bersama Glenn Fredly. Lagu ini menjadi hit di berbagai radio di Indonesia dihitung dari banyaknya airplay yang diputarkan serta berhasil menduduki peringkat teratas di tangga lagu banyak radio di Indonesia.[1]

Pada tahun 2014, ia meluncurkan album perdananya bertajuk Yura dengan Glenn Fredly sebagai produser eksekutif. Album Yura terpilih menjadi 6 besar Album Indonesia Terbaik menurut Rolling Stone Indonesia pada tahun 2014. Yura juga terpilih menjadi salah satu dari 4 kandidat Best Female Singer versi HAI Magazine tahun 2014.

Setelah berhasil dengan lagu hit "Cinta dan Rahasia", Yura mengeluarkan singel ketiga yang berjudul "Berawal Dari Tatap" yang ditulis sendiri dan dirilis bersamaan dengan kanal YouTube-nya. Perilisan "Berawal Dari Tatap" membawa Yura berada pada peringkat teratas di kota-kota besar Indonesia.[3]

Pada tahun 2015, Yura meraih tiga nominasi dalam penghargaan Indonesian Choice Awards 2015 untuk kategori Best Female Singer, Breakthrough Artist of The Year, dan Song of the Year untuk lagu "Cinta dan Rahasia". Sebelumnya di awal tahun yang sama, ia menjadi pengisi utama International Java Jazz Festival 2015.[4]

2016–2019: Merakit[sunting | sunting sumber]

Yura saat tampil pada Jakarta International Java Jazz Festival 2020

Pada tahun 2016, Yura mengeluarkan single pertama di album kedua nya yang diberi judul "Intuisi". Lagu ini membuat Yura memenangkan penghargaan Pencipta Lagu Terbaik di penghargaan Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2017 dan menjadi Penyanyi Solo Wanita Terbaik di penghargaan yang sama tahun 2018.[5]

Pada tahun 2018, Yura mendirikan label independen sendiri AYURA. Melalui label ini, Yura merilis singel "Harus Bahagia", "Takkan Apa", "Buka Hati" ''Malam Sepi'' dan album Merakit.[6] ia juga melakukan konser kembali sama dengan judul albumnya yaitu ''Konser Merakit'' Yang diadakan di Jakarta dan Bandung, di konser tersebut ia mengundang Tuna Netra bernyanyi bersamanya.

Tahun 2019, ia merilis kembali Album Merakit dengan versi Deluxe Album, dengan tracklist yang sama dengan Album merakit dan menambahkan 3 lagu yang di arasemen terbaru, yaitu Get Along With You (Studio Version), Get Along With You (Piano Version) dan Cinta Dan Rahasia (Orchestra Version)

2020-Sekarang: Tutur Batin[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan tahun 2020, di tengah pandemi, Yura membuka era baru dengan merilis lagu upbeat dance yang bekerja sama dengan DJ Dipha Barus, Berjudul ''Hoolala''. MV nya sendiri bekerja sama dengan IM3 Ooredoo

di akhir tahun 2020, Yura menikah dengan laki laki yang dulu sempat menjadi bintang MV nya di Lagu ''Buktikan'' yaitu Donne Maula . ia juga merilis Single untuk pernikahan mereka yaitu ''Duhai Sayang'' yang diciptakannya bersama Tulus. diawal tahun 2021 akhirnya Yura memberi signal untuk Single pembuka nya di album ketiganya, berjudul ''Tenang''.

pertengahan 2021, Yura mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan Ahmad Dhani dan Dewa19 membawakan kembali lagu ''Kangen'' dan ''Risalah Hati'' dengan suaranya dan arasemen yang apik.

Beberapa bulan sebelum merilis album fullnya, Yura merilis single kembali berjudul ''Mulai Langkahmu''

22 Oktober 2021, Yura pun merilis Album ketiganya, yaitu Tutur Batin. berisikan 11 Lagu dari single yang ia rilis dan beberapa lagu yang seluruhnya hampir ia kerjakan sendiri bersama suaminya, Donne Maulana. Di album ini Yura mengaku adalah album dimana dirinya menerima kekurangan dan insecurity nya

Untuk merayakan perilisan Tutur Batin, Tak lama dari rilisnya album ketiga Yura ini, Yura merilis Video Pertunjukan Tutur Batin[7] secara gratis di kanal youtubenya. ia mempertunjukan seluruh lagunya ke dalam pertunjukan yang ia garap.

Awal tahun 2022, Yura kembali melepas single terbaru dari Album ketiganya berjudul sama dengan judul albumnya, Tutur Batin. dikarenakan pandemi sudah mulai mereda, Yura fokus tampil dalam konser konser dan festival festival yang bermunculan. Pertengahan 2022, Yura melepas single kembali yaitu lagu '' Dunia Tipu Tipu'' .Yura juga berhasil mendapatkan banyak nominasi di AMI Awards 2022[8] , ia memenangkan juga AMI Awards dengan nominasi ''Artis Solo Pop Wanita Terbaik'' Mengalahkan Lyodra, Mahalini, Raisa, Rossa, dan Ziva Magnolya.

Akhir 2022, Yura mengumumkan akan mulai membawa Pertunjukan Tutur Batin secara langsung (offline) ke kota kota (Tour), kota pertama yang akan Yura jumpai yaitu Malaysia.[9]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Album
"Balada Sirkus" 2014 Yura
"Cinta dan Rahasia"
(bersama Glenn Fredly)
"Berawal dari Tatap" 2015
"Get Along with You"
"Intuisi" 2016 Merakit
"Buktikan" 2017 Singel non-album
"Harus Bahagia" 2018 Merakit
"Pekat"
(bersama Reza Rahadian)
Singel non-album
"Takkan Apa" Merakit
"Malam Sepi" 2020
"Hoolala"
(menampilkan Dipha Barus)
Tutur Batin
"Duhai Sayang"
"Tenang" 2021
"Mulai Langkahmu"
"Tutur Batin" 2022
"Dunia Tipu-Tipu"
"Jalan Pulang" 2023 OST. Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Tahun Kategori Karya yang dinominasikan Hasil Ref.
Anugerah Musik Indonesia 2015 Album Soul/R&B/Urban Terbaik Yura Nominasi [10]
2017 Artis Solo Wanita Pop Terbaik "Intuisi" Menang [11]
Pencipta Lagu Pop Terbaik "Intuisi" Ditampilkan oleh Yura Yunita Menang
2018 Artis Solo Wanita Pop Terbaik "Harus Bahagia" Menang
2019 Album Terbaik-Terbaik Merakit Nominasi
Album Pop Terbaik Menang
Artis Solo Wanita Pop Terbaik "Buka Hati" Nominasi
2021 "Tenang" Nominasi
Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik "Hoolala" Nominasi
2022 Karya Produksi Terbaik-Terbaik "Tutur Batin" Nominasi
Artis Solo Wanita Pop Terbaik Menang
Album Terbaik-Terbaik Tutur Batin Nominasi
Album Pop Terbaik Nominasi
Pencipta Lagu Pop Terbaik "Tutur Batin" (bersama Donne Maula) Ditampilkan oleh Yura Yunita Nominasi
Karya Produksi Folk/Country/Balada Terbaik "Dunia Tipu-Tipu" Nominasi
Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik "Bandung" Nominasi
Indonesian Choice Awards 2015 Breakthrough Artist of the Year Nominasi
Song of the Year "Cinta dan Rahasia" (featuring Glenn Fredly) Nominasi
Female Singer of the Year Nominasi
2016 Nominasi
2017 Nominasi
2018 Nominasi
Billboard Indonesia Music Awards 2020 Top Female Singer of the Year Nominasi

Penampilan lain[sunting | sunting sumber]

  • Kataji, lagu berbahasa Sunda pertama karya Yura yang dirilis pada September 2014.
  • Bandung, lagu berbahasa Sunda kedua karya Yura yang dirilis pada awal tahun 2022.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Profil Yura Yunita". Viva.co.id. Diakses tanggal 11 Maret 2021. 
  2. ^ Pamungkas, Yohanes Adi (25 Februari 2016). "Keberuntungan Yura Yunita Bertemu Glenn Fredly di The Voice Indonesia 2013". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 12 Juli 2021. 
  3. ^ Pamugarwati, Azizah (12 Maret 2020). Andi Muttya Keteng Pangerang, ed. "Profil Yura Yunita, Pelantun Lagu Cinta dan Rahasia". Kompas.com. Diakses tanggal 11 Maret 2021. 
  4. ^ Anggita, Kumara (5 Agustus 2019). "Yura Yunita Rilis Album untuk Pasar Asia Tenggara". Medcom.id. Diakses tanggal 11 Maret 2021. 
  5. ^ "Yura Jadi Artis Solo Wanita Terbaik AMI Awards 2018". 27 September 2018. Diakses tanggal 9 Oktober 2018. 
  6. ^ "Album Merakit, Pendewasaan Yura Yunita di Industri Musik". Tabloidbintang.com. 20 September 2018. Diakses tanggal 9 Oktober 2018. 
  7. ^ Yura Yunita - Pertunjukan Tutur Batin (Full Album Virtual Concert), diakses tanggal 2023-01-12 
  8. ^ "Yura Yunita Pimpin 7 Kategori, Berikut Daftar Lengkap Nominasi AMI Awards 2022". VOI - Waktunya Merevolusi Pemberitaan. Diakses tanggal 2023-01-12. 
  9. ^ "YURA PERTUNJUKAN TUTUR BATIN LIVE CONCERT KUALA LUMPUR – GoLive" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-12. 
  10. ^ "18th AMI AWARDS (2015)". Anugerah Musik Indonesia. 
  11. ^ "20th AMI AWARDS (2017)". Anugerah Musik Indonesia. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]