Amazon Kindle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Amazon Kindle adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang dikembangkan oleh Amazon.com untuk menyimpan dan menampilkan buku elektronik dan media digital lainnya. Empat perangkat keras dikenal dengan nama “Kindle”, “Kindle 2”, dan perangkat generasi ketiga yang dikenal dengan nama “Kindle”, dan “Kindle DX.” Sebagian besar perusahaan media, pelanggan, dan penulis resensi mengacu pada generasi terakhir Amazon Kindle, “Kindle 3.” Aplikasi perangkat lunak Kindle dapat digunakan di Microsoft Windows, iOS, Blackberry, dan Mac OS X (versi 10.5 ke atas) dan Android. Perangkat keras pertama Amazon, generasi pertama Kindle, hanya dirilis untuk Amerika Serikat pada 19 November 2007. Perangkat keras terakhir, generasi Kindle ketiga dengan 3G dapat digunakan di 100 negara dan diluncurkan pada 28 Juli 2010.

Perangkat keras Kindle menggunakan tampilan kertas elektronik E ink yang mempunyai 16 tingkat warna abu-abu. Kindle pertama dapat mengunduh konten melalui Whispernet Amazon menggunakan jaringan Sprint EVDO di Amerika Serikat. Perangkat Kindle 2 menggunakan jaringan AT&T dan dikenakan biaya tambahan untuk akses internasional. Perangkat keras Kindle dapat digunakan tanpa koneksi komputer dan Whispernet Amazon dapat diakses tanpa biaya bulanan atau iuran nirkabel. Semua jenis Kindle (kecuali Kindle yang memiliki Wi-Fi) menyediakan akses gratis ke internet di wilayah Amerika melalui jaringan selular, walaupun saat pengiriman berkala akan membutuhkan biaya dan konten lainnya saat pelanggan berada di luar negaranya. Kindle tidak mempertahankan angka halaman edisi cetak yang digunakan untuk meletakkan sumber, referensi, dan kutipan.

Melalui teknologi yang bernama “Whispersync”, pelanggan dapat terhubung dengan perkembangan bacaan, markah buku, melalui perangkat keras Kindle dan perangkat mobile. Amazon meluncurkan Kindle DX pada 6 Mei 2009. Perangkat ini mempunyai layar yang lebih besar dibanding Kindle yang terdahulu, dan dapat menampilkan berkas PDF. Kindle DX adalah perangkat keras Kindle paling ringan dan pengguna dapat mengubah tampilan dari potret ke lanesekap dengan mengubahnya posisi Kindle DX. Perangkat ini ddipasarkan untuk memudahkan pengguna membaca surat kabar dan konten buku.

Amazon meluncurkan aplikasi Kindle gratis untuk komputer, pengguna dapat membaca buku menggunakan Kindle di Windows. Selanjutnya, Amazon meluncurkan Kindle untuk Macintosh. Versi Kindle gratis untuk perangkat mobile juga tersedia dalam sistem operasi dari Research in Motion (RIM), Apple dan Google. Versi alternative ini tidak dapat menyamai perangkat keras Kindle dalam membaca surat kabar, majalah, atau blog karena teknologi E ink yang dimiliki perangkat Kindle. Dengan peluncuran generasi ketiga Amazon Kindle pada Juli 2010, Amazon juga meluncurkan versi Amazon.co.uk untuk toko Kindle. Pengguna dapat mengalihkan akun mereka di antara dua toko dan pembelian buku juga dapat dialihkan, tetapi arsip berkala tidak dapat dialihkan secara otomatis dan memerlukan pengalihan manual.

Jenis Kindle[sunting | sunting sumber]

Kindle 1 (Original)[sunting | sunting sumber]

Amazon meluncurkan generasi pertama Kindle pada 19 November 2007 dengan harga US$ 399 dan habis terjual dalam waktu 5 setengah jam. Persediaan perangkat ini kosong sampai akhir April 2008. Kindle ini satu-satunya yang dapat menambah memorinya dengan tempat kartu SD.

Perangkat ini berukuran 6 inch (diagonal) dengan tampilan 4 tingkat warna abu-abu, memori internal 250 MB, dan dapat menyimpan sampai 200 buku non-ilustrasi.

Amazon tidak menjual generasi pertama Kindle di luar Amerika. Rencana untuk meluncurkan Kindle di Inggris dan negara Eropa lainnya terbentur masalah operator jaringan nirkabel.

Kindle 2[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Februari 2009, Amazon meluncurkan Kindle 2, dan baru dapat dibeli pada 23 Februari 2009. Kindle 2 mempunyai fitur pilihan text-to-speech yang dapat membacakan buku dengan memori sebesar 2 GB, pengguna dapat mengakses 1,4 GB. Amazon memperkirakan Kindle 2 dapat menyimpan sampai 1500 buku non-ilustrasi. Tidak seperti generasi pertama Kindle, Kindle 2 tidak mempunyai tempat memori kartu SD dan lebih tipis.

Untuk mempromosikan Kindle yang baru, penulis novel Stephen King, membuat novelnya UR, hanya tersedia eksklusif di toko Kindle. Pada 22 Oktober 2009, Amazon menghentikan penjualan Kindle 2 karena versi internasional Kindle 2 yang diperkenalkan pada awal bulan Oktober.

Menurut ulasan iFixlt, fitur Kindle 2 mencakup freescale 532 Mhz, prosesor ARM-11 90 nm, memori utama 32MB, Flash storage 2GB moviNAND dan sebuah baterai lithium polimer 3.7 V 1530 mAh.

Pada 24 November 2009, Amazon merilis firmware terbaru untuk Kindle 2 yang dapat meningkatkan daya tahan baterai sampai 85% dan mendukung PDF. Amazon menurunkan harga Kindle 2 dari US$ 359 sampai US$ 259 pada 7 Oktober 2009.

Kindle 2 versi Internasional[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Oktober 2009, Amazon meluncurkan Kindle 2 versi Internasional yang dapat digunakan di 100 negara. Perangkat ini dapat dibeli pada 19 Oktober 2009. Kindle 2 versi internasional sangat mirip dengan Kindle 2 yang diluncurkan untuk Amerika Serikat, perbedaannya hanya standar penggunaan jaringan mobile.

Kindle 2 original menggunakan CDMA2000, untuk penggunaan jaringan Sprint. Versi internasional menggunakan standar GSM dan 3G GSM, yang memungkinkan untuk menggunakan jaringan mobile AT&T Amerika Serikat dan secara internasional di 100 negara.

Kindle 2 versi internasional dipercaya memiliki kontras layar lebih tinggi, walaupun Amazon tidak mengiklankan ini.

Pada 22 Oktober, Amazon menurunkan harga dari US$ 279 menjadi US$ 259 dan menghentikan penjualan Kindle 2 original. Pada 21 Juni 2010, setelah Barnes&Noble menurunkan harga perangkat keras pembaca buku elektronik, Nook, Amazon menurunkan lagi harga Kindle 2 menjadi US$ 189, lebih rendah US$ 10 dibanding Nook.

Kindle DX Internasional[sunting | sunting sumber]

Sejak 19 Januari 2010, Kindle DX internasional hadir di 100 negara. Kindle DX hadir dengan ukuran 9 inch, jauh lebih besar dibanding dengan Kindle sebelumnya. Kindle DX juga menggunakan layar E ink.

Kindle DX Graphite (Generasi Terakhir)[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Juli 2010, Amazon meluncurkan versi baru dari Kindle DX (generasi ketiga Kindle DX). Seperti Kindle lainnya, Amazon menurunkan harga dari US$ 489 menjadi US$ 379. Kindle DX yang baru memiliki layar E-ink dengan rasio kontras lebih baik 50% dan hadir hanya dengan warna “Graphite.” Perubahan warna juga untuk memperbaiki persepsi rasio kontras, sebagian pengguna Kindle terdahulu yang berwarna putih menemukan fakta warna abu-abu E ink menjadi lebih menonjol.

Kindle 3 (WiFi dan 3G + WiFi, generasi terakhir)[sunting | sunting sumber]

Amazon merilis generasi baru dari Kindle pada 28 Juli 2010. Walaupun Kindle tidak menambahkan angka di belakang nama Kindle pada versi baru ini, tetapi sebagian besar pelanggan dan perusahaan media menyebut versi terbaru Kindle ini dengan “Kindle 3.”

Kindle 3 hadir dalam 2 versi. Salah satunya, Kindle Wi-Fi, dengan harga US$ 139 atau GB£109, dan koneksi eksklusif melalui jaringan Wi-Fi public maupun pribadi. Versi lainnya, sering dianggap sebagai pengganti Kindle 2, dengan harga US$ 189 atau GB£ 149 termasuk kedua koneksi Wi-Fi dan 3G. Kindle baru dengan 3G tersedia dalam dua warna, putih klasik dan grafit. Kedua model ini menggunakan tampilan E-ink “Pearl”, yang di klaim Amazon memiliki kontras lebih baik 50%. Klaim ini dibenarkan oleh sejumlah pengguna awal.

Di antara perangkat keras lainnya, Kindle 3 mempunyai baterai lithium polimer lebih besar 1750 mAh, modem AnyDATA DTP-600W 3G GSM dan chip Wi-Fi Atheros AR6102G 802.11bg AF 5801.

Generasi ketiga Kindle 0,5 inch lebih pendek dan 0,5 inch lebih sempit dibanding Kindle 2. Perangkat ini mendukung karakter internasional Unicode, dan tambahan jenis huruf. Termasuk browser berdasarkan platform WebKit, dan navigasi menu text-to-speech. Memori internal dapat mencapai 4 GB. Baterai dapat bertahan sampai 1 bulan tanpa mengaktifkan Wi-Fi.

Pemesanan awal untuk Kindle yang baru bersamaan dengan peluncuran perangkatnya. Amazon memulai pengiriman perangkat ini pada 27 Agustus 2010 di Amerika Serikat dan United Kingdom. Dengan peluncuran Kindle 3, Amazon juga meluncurkan versi Amazon.co.uk untuk toko Kindle. Pada 25 Agustus 2010 Amazon mengumumkan bahwa Kindle 3 mencapai penjualan tercepat dalam sejarah Kindle.

Format Berkas[sunting | sunting sumber]

Kindle original hanya mendukung format buku elektronik yang tidak dilindungi seperti Mobipocket (MOBI, PRC), berkas text (TXT), format Topaz (TPZ), dan format hak milik Amazon (AZW). Versi 2.3 firmware untuk Kindle 2 (Amerika Serikat dan internasional) mendukung format Portable Document Format (PDF). Versi awal tidak sepenuhnya mendukung format PDF, tetapi Amazon menyediakan aplikasi untuk mengubahnya ke dalam AZW format, tetapi tidak semua format PDF dapat diubah ke dalam format AZW secara sempurna.
Perangkat Kindle tidak mendukung EPUB buku elektronik standar. Amazon menawarkan layanan surat elektronik yang akan mengubah format grafis JPEG, GIF, PNG, dan BMP ke dalam format AZW. Amazon juga dapat mengubah halaman HTML dan dokumen Microsoft Word (DOC) melalui sistem surat elektronik yang sama, yang akan mengirim langsung berkas dengan format AZW dengan biaya $ 0.15 per MB atau kepada akun surat elektronik pribadi secara gratis. Layanan ini dapat diakses dengan mengirim surat elektronik ke <nama pengguna Kindle>@kindle.com dan ke <nama pengguna Kindle>@free.kindle.com untuk pengiriman melalui whispernet dan pengiriman gratis berkas yang sudah diubah, tetapi layanan ini hanya berlaku bagi yang membeli perangkat Kindle, tidak tersedia untuk mereka yang hanya memiliki aplikasi Kindle. Berkas yang ingin diubah harus dilampirkan di surat elektronik ini. Pengguna juga dapat mengubah PDF dan format berkas lainnya ke format yang didukung generasi pertama Kindle menggunakan perangkat lunak third-party. Kindle original mendukung audio dalam format MP3 dan buku audio (versi 2, 3, dan 4), yang harus ditransfer ke perangkat Kindle melalui USB atau sebuah kartu SD. Ada perangkat lunak yang tersedia untuk mengubah format EPUB ke format Kindle, misalnya Calibre.

Sebuah buku elektronik dapat diunduh dari Amazon kepada banyak perangkat pada waktu yang bersamaan. Batas perangkat berkisar antara satu sampai enam perangkat, tergantung pada lisensi yang diatur penerbit buku. Ketika batas dicapai, pengguna harus membatalkan pendaftaran sebagian perangkat dalam halaman Manage Your Kindle untuk dapat mendaftarkan perangkat baru. Kindle 1 hanya mendukung karakter ISO 8859-1 (latin 1) untuk kontennya; karakter Unicode dan Non-Western tidak didukung. Peningkatan firmware di Februari 2009 menambah karakter yang didukung, termasuk ISO 8859-16.

Kindle 2 mendukung format Audible Enhanced (AAX), tetapi tidak lagi mendukung Audible versi 2 dan 3. Dengan menggunakan web browser, memungkinkan buku elektronik untuk diunduh langsung ke Kindle (hanya dalam format MOBI, PRC, dan TXT). Hyperlink dalam berkas Mobipocket dapat digunakan untuk mengunduh buku, tetapi tidak dapat digunakan untuk mereferensikan buku yang disimpan dalam memori Kindle. Kindle DX mendukung berkas PDF.

Kindle original dan Kindle 2 tidak membolehkan pengguna untuk mengatur buku dalam folder. Tetapi ada pilihan untuk memilih dokumen, buku, atau apapun dalam perangkat yang akan muncul di halaman muka. Pilihan lainnya adalah mengatur benda-benda yang ada di halaman muka berdasarkan judul, penulis, atau tanggal diunduh. Buku elektronik juga dapat ditandai dengan satu atau lebih kata kunci dengan memasukkan kata kunci ke catatan yang ditambahkan ke buku elektronik. Pengguna lalu dapat mencari buku berdasarkan kata kunci. Perangkat lunak Kindle versi 2.5 (diluncurkan Juli 2010) membolehkan pengaturan buku elektronik ke dalam "koleksi," walaupun satu buku dapat ditambahkan ke beberapa koleksi.

Pengguna dapat menandai buku, menandai kata, dan melihat konten. Selain itu, catatan bisa ditambahkan di konten yang relevan. Ketika buku ditampilkan, pilihan menu dapat mencari sinonim dan definisi dari kamus yang sudah ditanam dalam perangkat. Perangkat juga mengingat halaman terakhir yang dibaca pada tiap buku. Halaman dapat disimpan sebagai kliping, atau berkas teks dari teks yang baru saja ditampilkan. Semua kliping akan ditambahkan dalam berkas tunggal yang dapat diunduh melalui kabel USB.

Platform Teks Digital[sunting | sunting sumber]

Berkaitan dengan perangkat Amazon Kindle, Amazon meluncurkan platform teks digital, sebuah sistem bagi penulis untuk menerbitkan bukunya langsung di Kindle. Dalam tahap percobaan pada akhir tahun 2007, platform ini dipromosikan untuk penulis dengan surat elektronik dan dengan iklan di Amazon.com. Penulis dapat mengunggah dokumen dalam beberapa format untuk dikirim melalui Whispernet dan dikenai biaya antara $ 0.99 sampai $ 200.00 sekali unduh. Penulis mendapatkan 35% penghasilan berdasarkan harga awal buku. Pada 5 Desember 2009 hasil wawancara dengan CEO, Jeff Bezos, mengungkapkan bahwa Amazon.com menyimpan 65% hasil penjualan semua buku elektronik untuk Kindle. Sisa 35% adalah untuk penulis dan penerbit. Setelah beberapa komentar, toko Apple yang populer, App Store, menawarkan 70% royalti kepada penerbit. Amazon lalu memulai program yang menawarkan 70% royalti untuk penerbit Kindle yang setuju pada kondisi tertentu.

Amazon Kindle di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesia tidak termasuk ke dalam daftar 100 negara yang menjadi sasaran penjualan perangkat Amazon Kindle versi internasional. Beberapa pencinta buku di Indonesia masih dapat menikmati perangkat Kindle ini dengan meminta teman atau seseorang yang berada di Amerika untuk membelinya di Amazon.com. Arnold Pacey mengemukakan teori Technology Practice. Teori ini dapat digunakan untuk melihat Amazon Kindle di Indonesia. Pertama, dilihat dari aspek organisasi. Amazon Kindle tidak secara resmi dirilis di Indonesia, sehingga tidak ada dukungan dari aspek organisasi untuk mendapatkan perangkat Kindle ataupun mengunduh buku elektronik langsung dari perangkat Kindle. Kedua, dilihat dari aspek budaya. Amazon Kindle dapat digunakan untuk melihat status ekonomi seseorang, orang yang memiliki Amazon Kindle berasal dari status ekonomi yang tinggi. Ketiga, dilihat dari aspek teknik. Di Indonesia tidak ada infrastruktur yang mendukung perangkat ini, sehingga sulit untuk langsung mengunduh buku elektronik dari situs Amazon.com, orang yang memiliki perangkat Kindle harus memindahkannya secara manual melalui kabel USB atau menggunakan Wi-Fi bila tersedia layanan tersebut.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Konten dari Amazon dan konten dari layanan lain dikodekan dalam format Kindle yang dimiliki Amazon (AZW). Hal lain yang mungkin adalah mengisi konten dengan format yang beragam dari komputer dengan mengirimnya ke dalam Kindle dengan USB (secara gratis) atau dengan mengirim surat elektronik ke alamat surat elektronik yang sudah terdaftar oleh Amazon (gratis jika dilakukan melalui Wi-Fi); layanan surat elektronik bisa mengubah format dokumen menjadi format AZW Amazon dan mengirimkan hasilnya ke Kindle melalui Whispernet.

Persyaratan penggunaan Kindle melarang perpindahan buku elektronik Amazon kepada pengguna lain atau perangkat lain. pengguna dapat memilih buku elektronik dengan Kindle atau melalui komputer di Amazon Kindle store dan dapat mengunduh sekitar 650.000 judul buku elektronik pada 24 Juli 2010. Pada akhir tahun 2007, New York Times best sellers ditawarkan dengan harga US$ 11, bab pertama buku ditawarkan gratis sebagai contoh. Banyak buku, termasuk yang klasik, ditawarkan secara gratis atau dengan harga yang rendah, sebagai biaya adaptasi buku ke format Kindle. Majalah, surat kabar, dan blog melalui RSS disediakan oleh Amazon dengan biaya langganan per bulan atau mencoba periode gratis. Untuk berlangganan surat kabar dikenakan biaya mulai dari US$ 5.99 sampai US$ 19.99 per bulan, majalah dikenakan biaya di antara US$ 1.25 dan US$ 10.99 per bulan, dan blog dikenakan biaya dari US$ 0.99 sampai US$ 1.99 per bulan. Penjualan buku elektronik Amazon melampaui penjualan buku cetak pertama kali pada 25 Desember 2009.

Pengguna Kindle internasional membayar harga yang berbeda untuk buku tergantung dari negara mereka. Pelanggan Amerika Serikat yang melakukan perjalanan ke luar negeri dikenakan biaya US$ 1.99 untuk mengunduh buku melalui akses 3G. Biaya ini mengalami penurunan pada Mei 2010. Biaya akan tetap untuk pengiriman nirkabel dari periode berlangganan dan dokumen pribadi.

Pembayaran konten yang dibeli di Kindle store dapat melalui berbagai sumber independen, seperti Fictionwise, Mobipocket, dan Webscriptions. Judul-judul yang berada di domain publik dapat diperoleh untuk Kindle melalui layanan konten seperti Project Gutenberg dan World Public Library.

Pengguna dapat membeli berbagai kamus dari Kindle store seperti spesifikasi yang terdapat di pegangan manual. Kindle juga berisi fitur eksperimental gratis seperti web browser. Pengguna juga dapat memutar lagu dalam berkas mp3, jika berkas tersebut telah dimasukkan ke dalam Kindle. Update operating system dirancang untuk diterima secara otomatis dengan nirkabel dan secara otomatis dipasang selama periode sleep mode dengan nirkabel dinyalakan.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. Pacey, Arnold. (2000). The Culture of Technology. Cambridge, MA: The MIT Press
  2. Mirabito, M.A.M., & Morgenstern, B.L (2004). New Communication Technology: Applications, Policy, and Impact, Fifth Edition, UK: Focal Press. (MM)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bezos about the Kindle November 19, 2007]