LaTeX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
LaTeX
The LaTeX Project logo
TipePengolah kata
BerdasarkaTeX
Versi pertama1984; 40 tahun lalu (1984)
Versi stabil
November 2023 LaTeX release (1r November 2023)
GenreTypesetting
LisensiLisensi Publik Proyek LaTeX (LPPL)
Karakteristik teknis
Sistem operasiLintas platform
Bahasa pemrogramanTeX
Informasi pengembang
PembuatLeslie Lamport
PengembangLeslie Lamport
Sumber kode
Informasi tambahan
Situs weblatex-project.org
Stack ExchangeEtiqueta
Free Software DirectoryLaTeX
SubredditLaTeX
Panduan penggunaLaman panduan
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TeX. Tex merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau membuat formula matematika. LaTeX memungkinkan penulis/penggunanya untuk melakukan typesetting dan mencetak hasil kerjanya dalam bentuk tipografi yang terbaik. Oleh karenanya LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya.[1]

Pada awalnya LaTeX ditulis pada awal 1980-an oleh Leslie Lamport di SRI International.[2] Versi sekarang adalah LateX2e, dirilis pada 1994, tetapi diperbarui pada 2020.

Pengucapan dan penulis "LaTeX"[sunting | sunting sumber]

Logo LaTeX

Karakter 'T', 'E', dan 'X' dalam nama berasal dari huruf kapital Yunani tau, epsilon, dan chi, karena nama TeX berasal dari bahasa Yunani Kuno: τέχνη ('keterampilan', 'seni', 'teknik'); untuk alasan ini, Pembuat TeX, Donald Knuth, mempromosikan pengucapannya sebagai /tɛx/ (tekh)[3] (yaitu, dengan frikatif velar tak bersuara seperti dalam bahasa Yunani Modern, mirip dengan ch dalam loch). Lamport berkomentar bahwa "TeX biasanya diucapkan tech, membuat lah-tech, lah-tech, dan lay-tech pilihan logis; tetapi bahasa tidak selalu logis, jadi lay-tecks juga dimungkinkan."[4]

Perangkat lunak terkait[sunting | sunting sumber]

Sebagai paket makro, LaTeX menyediakan satu set makro untuk ditafsirkan oleh TeX. Ada banyak paket makro lainnya untuk TeX, termasuk Plain TeX, GNU Texinfo, AMSTeX, dan ConTeXt.

Saat TeX "compiles" sebuah dokumen, ini mengikuti (dari sudut pandang pengguna) urutan pemrosesan berikut: Macros → TeX → Driver → Output. Implementasi yang berbeda dari masing-masing langkah ini biasanya tersedia di distribusi TeX. TeX tradisional akan menampilkan file DVI, yang biasanya dikonversi ke file PostScript.

Ada juga banyak editor untuk LaTeX, beberapa di antaranya offline, berbasis-kode-sumber sementara yang lain online, berbasis WYSIWYG parsial. Untuk lebih lanjut, lihat Perbandingan editor TeX.

Kelebihan dan kekurangan[sunting | sunting sumber]

Beberapa keuntungan menggunakan LaTeX ialah:[5]

  1. Memiliki format dokumen yang terstruktur sehingga membuat dokumen terlihat sangat profesional dan sempurna.
  2. Segala jenis formula matematis dapat dituliskan dengan mudah.
  3. List gambar, List tabel, Daftar Pustaka, footnote bahkan daftar isi dapat secara otomatis dibuat oleh program.
  4. LaTeX melatih dan memaksa pengguna untuk membuat dokumen dengan struktur yang baik dan benar, sehingga tidak terjadi kerancuan dalam penulisan.

Kerugian menggunakan LaTeX:[5]

  1. Sangat sulit untuk menuliskan dokumen yang tidak terstruktur.
  2. Memerlukan kecerdasan manusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

LaTeX dibuat pada awal tahun 1980-an oleh Leslie Lamport, saat dia bekerja di SRI. Dia perlu menulis makro TeX untuk digunakan sendiri, dan berpikir bahwa dengan sedikit usaha ekstra dia bisa membuat paket umum dapat digunakan oleh orang lain. Peter Gordon, seorang editor di Addison-Wesley, meyakinkannya untuk menulis manual pengguna LaTeX untuk publikasi (Lamport awalnya skeptis bahwa siapa pun akan membayar uang untuk itu);[6] itu keluar pada tahun 1986[7] dan terjual ratusan ribu eksemplar.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What are TeX, LaTeX and friends?". 
  2. ^ Leslie Lamport (April 23, 2007). "The Writings of Leslie Lamport: LaTeX: A Document Preparation System". Leslie Lamport's Home Page. Diakses tanggal 2007-04-27. 
  3. ^ Donald E. Knuth, The TeXbook, Addison–Wesley, Boston, 1986, p. 1.
  4. ^ Lamport (1994), p 5
  5. ^ a b Oetiker Tobias, 2014. "The Not So Short Introduction to LATEX 2ε, Free Software Foundation" Inc., 675 Mass Ave, Cambridge, MA 02139, USA
  6. ^ a b Lamport, Leslie (23 August 2018). "My Writings" (PDF). hlm. 48–49. Diakses tanggal 5 September 2018. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Lamport1986

Pranala luar[sunting | sunting sumber]