Loch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemandangan Loch Lomond, ke arah Ben Lomond

Loch (/lɒx) adalah suatu kata dalam bahasa Irlandia, Gaelik Skotlandia, dan Scots untuk menyebut danau atau teluk laut kecil (inlet). Kata ini serumpun dengan kata bahasa Manx lough, Cornish logh, dan Welsh llyn untuk menyebut danau.

Dalam bahasa Inggris (di Inggris) dan Hiberno-Inggris (di Irlandia dan Irlandia Utara), ejaan yang diinggriskan lough (/lɒx/ atau /lɒk/) umumnya ditemukan pada nama-nama tempat; namun dalam bahasa dataran rendah Skotlandia dan Inggris Skotlandia, ejaan "loch" lah yang selalu digunakan.

Beberapa loch juga dapat disebut dengan nama firth, fyord, estuari, selat atau teluk. Teluk laut kecil juga sering disebut sea loch atau sea lough. Banyak lough yang dihubungkan dengan cerita-cerita "kemunculan danau" (lake-burst) sebagai legenda asal-usul kejadian mereka.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pemandangan sepanjang Loch Long, yang merupakan sea loch
Loch Lubnaig, sebuah waduk
Danau Menteith (Loch Innis MoCholmaig)
Loch Derculich di Perthshire

Nama untuk kumpulan air ini berasal dari bahasa Keltik Kepulauan[1] dan dipakai untuk sebagian besar danau di Skotlandia dan banyak teluk laut kecil di barat dan utara Skotlandia. Kata tersebut berasal dari rumpun bahasa Indo-Eropa; lih. Latin lacus.

Ortografi dataran rendah Skotlandia, sebagaimana bahasa Gaelik Skotlandia, Wales, dan Irlandia, melambangkan /x/ dengan ch, sehingga kata tersebut diserap secara identik sesuai dengan ejaannya.

Bahasa Inggris sebelumnya menyerap kata tersebut secara terpisah dari sejumlah lough dari bahasa Cumbria pada daerah-daerah di Northumbria dan Cumbria. Bentuk awal dalam bahasa Inggris menyerap suara /x/ sebagai gh (bandingkan bahasa Scots bricht dengan bahasa Inggris bright). Namun, pada saat Skotlandia dan Inggris bergabung di bawah satu parlemen, bahasa Inggris telah kehilangan suara /x/ tersebut. Bentuk tersebut oleh karenanya dipakai pada saat Inggris mulai menetap di Irlandia. Konvensi dalam bahasa Scots tetap menggunakan ch, yang kemudian dalam bahasa Inggris Skotlanida modern kata tersebut menjadi loch.

Demikian pula, dalam rumpun bahasa Keltik Kepulauan, representasi (/lɒ/), adalah lu dalam Welsh Kuno dan llw dalam Welsh Pertengahan, seperti nama-nama tempat Weslh pada saat ini Llanllwchaiarn, Llwchwr, Llyn Cwm Llwch, Amlwch, Maesllwch. Bahasa Goidelik lo diserap ke dalam bahasa Gaelik Skotlandia, dengan penggantian sercara bertahap banyak ortografi Brittonik dengan ortografi Goidelik di Skotlandia.

Banyak lough di Inggris Utara sebelumnya juga pernah disebut "mere" (dialek Inggris Utara yang berarti "danau", dan kata arkais bahasa Inggris Baku yang berarti "danau yang luas dalam kaitannya dengan kedalaman"), misalnya Black Lough di Northumberland.[2] Namun, penyebutan danau, teluk kecil dan lain-lain sebagai lough bukanlah hal yang umum.

Meskipun tidak ada definisi yang pasti tentang ukurannya, suatu loch yang kecil sering disebut sebagai lochan (dalam bahasa Gaelik Skotlandia; dalam bahasa Irlandia dieja lochán).

Sebuah loch Skotlandia yang paling terkenal kemungkinan adalah Loch Ness, walau terdapat beberapa contoh terkenal lainnya seperti Loch Awe, Loch Lomond dan Loch Tay.

Contoh dari sea loch di Skotlandia antara lain Loch Long, Loch Fyne, Loch Linnhe, dan Loch Eriboll.

Pemakaian loch[sunting | sunting sumber]

Beberapa waduk baru yang dibangun untuk PLTA juga mendapat nama yang sesuai dengan nama alami – sebagai contoh, Loch Sloy, Loch Laggan, dan Loch Treig (yang merupakan bagian dari pembangkit listrik Lochaber di dekat Fort William). Beberapa kumpulan air lainnya hanya disebut sebagai waduk saja, misalnya Waduk Blackwater di sebelah atas Kinlochleven.

Danau Skotlandia[sunting | sunting sumber]

Skotlandia mempunyai beberapa kumpulan air yang disebut sebagai danau. Danau Menteith, yang diinggriskan dari bahasa Scots Laich o Menteith yang berarti "bagian yang rendah dari tanah di Menteith", dinamakan demikian untuk loch tersebut karena adanya kesamaan bunyi antara kata loch and lake (danau). Hingga abad ke-19, sebelumnya kumpulan air tersebut dikenal dengan nama Loch of Menteith.[3] Danau Hirsel, Danau Pressmennan, dan Danau Louise adalah kumpulan air buatan manusia di Skotlandia, yang juga disebut sebagai danau.

Kata "loch" terkadang juga digunakan sebagai ciri percakapan pembeda (shibboleth) untuk membedakan asal para penduduk asli Inggris, karena suara frikatif [x] biasanya digunakan di Skotlandia, sedangkan penduduk Inggris lainnya biasanya mengucapkan kata tersebut sebagai "lock".

Loch diluar Skotlandia dan Irlandia[sunting | sunting sumber]

Karena "loch" adalah sebuah kata Gaelik yang umum, ia juga ditemukan sebagai akar dari beberapa nama tempat dalam bahasa Manx.

Pangkalan angkatan Amerika Serikat di Pearl Harbor, yang terletak di pantai selatan dari pulau utama Hawaii, pulau Oahu, memiliki banyak teluk-teluk laut kecil. Beberapa di antaranya dinamakan sebagai loch, misalnya South East Loch, Merry Loch, East Loch, Middle Loch, dan West Loch.

Waduk Loch Raven adalah sebuah waduk di Baltimore County, Maryland, Amerika Serikat.

Brenton Loch di Kepulauan Falkland adalah sebuah sea loch, yang berlokasi dekat Lafonia di Falkland Timur.

Di lokasi penduduk keturunan Skotlandia di Glengarry County, saat ini termasuk Eastern Ontario, Kanada, terdapat sebuah danau yang dinamakan Loch Garry.[4] Nama Loch Garry diberikan oleh orang-orang yang menetap di daerah itu, yaitu Klan MacDonell dari Glengarry, yang mengambil nama loch terkenal di tempat asal klan tersebut, yaitu Loch Garry di Skotlandia. Demikian pula, danau-danau yang dinamakan Loch Broom, Big Loch, Greendale Loch, dan Loch Lomond dapat ditemukan di Nova Scotia, serta Loch Leven di Newfoundland, dan Loch Leven di Saskatchewan, Kanada.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Daftar loch di Skotlandia
  • Daftar lough di Irlandia
  • Daftar lough di Inggris
  • Ria
  • Semburan danau

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The current form has currency in the following languages: Scottish Gaelic, Irish, Manx, and has been borrowed into Lowland Scots, Scottish English, Irish English and Standard English.
  2. ^ Beckensall, Stan (2004). Northumberland Place-Names. Thropton, Morpeth, Northumberland: Butler Publishing. ISBN 0-946928-41-X. 
  3. ^ Lake of Menteith
  4. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-20. Diakses tanggal 2012-06-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]