Komunitas daring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komunitas daring, juga dikenal dengan komunitas internet atau komunitas web, adalah sebuah komunitas yang mana umumnya, anggotanya berinteraksi dengan satu sama lain melalui internet (secara daring). Anggota dari sebuah komunitas daring umumnya memiliki minat bersama. Untuk banyak orang, komunitas daring terasa seperti rumah, yang terdiri dari "keluarga teman yang tak terlihat". Selain itu, "teman" ini dapat terhubung melalui komunitas dan perusahaan gaming. Bagi yang berminat untuk memasuki sebuah komunitas daring umumnya harus menjadi anggota via situs spesifik, yang nantinya akan mendapat akses untuk konten atau tautan spesifik.

Satu definisi terpelajar (ilmiah) dari sebuah komunitas daring adalah: "...didefinisikan sebagai sebuah kumpulan individu atau mitra kerja yang berinteraksi seputar minat bersama, yang dimana interaksi tersebut setidaknya sebagian didukung atau dimediasi teknologi (atau keduanya), dan dipandu oleh beberapa protokol atau norma".[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Porter, Constance Elise. (2004). "A Typology of Virtual Communities: A Multi-Disciplinary Foundation for Future Research".