Vimeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vimeo, LLC
Jenis Subsidiary, limited liability company
Didirikan November 2004
Kantor pusat New York City, New York, Amerika Serikat
Wilayah Seluruh dunia
Pendiri Zach Klein, Jake Lodwick
Tokoh utama Zach Klein (CEO)
Jake Lodwick (CEO)
Pemilik IAC (2004–sekarang)
Situs web Vimeo.com
Jenis situs Video hosting service
Periklanan IAC Advertising
Pendaftaran Pilihan
Bahasa Bahasa Inggris
Status terakhir Aktif

Vimeo adalah website video sharing (berbagi video) dimana para pengguna dapat mengunggah, membagi, dan melihat video. website ini ditemukan oleh Zach Klein dan Jake Lodwick pada bulan November 2004. Nama Vimeo dibuat oleh penemunya Jake Lodwick dan merupakan memutar video kata, memasukan kata saya sebagai acuan bagi pembuat video, dan juga merupakan anagram dari film. Vimeo ini tidak mengijinkan video berbayar, video permainan, dan pornografi, atau apapun yang tidak diciptakan oleh pengguna yang akan di-host di situs.

Konten penting[sunting | sunting sumber]

Banyak musisi populer menggunakan atau telah menggunakan vimeo untuk mengunggah berbagai video musik dan konten lainnya, termasuk MIA, Kanye West, Tom Delonge, Nine Inch Nails, Moby, Beck, Palcebo, Devi yang Dude, dan Britney Spears, yang menjadi video musik barunya perdana di radar sana. Komedian Kristen Schaal, Reggie Watts, dan Weird All menggunakan Vimeo juga. Gedung putih meletakan versi high definition dari siaran untuk Vimeo. Vimeo telah membantu perbaikan beban lalu lintas server dimana-mana setelah pranks baru diumumkan, dan terus menjadi tuan rumah sebagian besar video. Vimeo juga lokasi asli dari “sehari-hari” video Nuh Kalina, dan video viral popular.

Kualitas Video[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 17 Oktober 2007, Vimeo mengumumkan dukungan untuk pemutaran high definition di 1280x720 (720p), menjadi situs berbagi video pertama untuk mendukung high definition (HD) konsumen. mengunggah high definition (HD) video secara otomatis dikonversi menjadi 720/30p video flash VP6. Non-HD video menyandi kembali dengan maksimum 30 frame/s dan mereka juga memiliki bitrate lebih tinggi dibandingkan situs video sharing (berbagi video) pesaing lainnya. Non-plus pengguna atau pengguna tak berbayar dapat mengunggah sampai dengan 500 MB video per minggu, dan hingga 1 video HD per minggu (tambahan High Definition video yang diunggah dalam minggu yang sama dikodekan ke SD atau Standart Definition).

Vimeo Plus[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 Oktober 2008, Vimeo meluncurkan 60 US Dollar per tahun paket tambahan Vimeo, yang memungkinkan pengguna pengunggah mingguan tambahan (hingga 5 GB), tak terbatas HD video, penciptaan tidak terbatas saluran, kelompok dan album, tidak ada iklan, HD komperhensif, 2-pass video menyandi kembali yang menghasilkan kualitas yang lebih tinggi, encoding prioritas, dan banyak lagi. Kedatangan tambahan Vimeo juga berarti merambat turun dari versi gratis, yang sampai saat itu juga menikmati unlimited high definition re-encoding per minggu dan penciptaan terbatas kelompok/album/saluran. Sejak februari 2010, pengguna tambahan dapat memilih untuk kembali menyandi 1080p mereka mengunggah sebagian 1080p atau 720p. Pada Juli 2010, situs ini menawarkan komperhensif terbatas HD. Pada tanggal 4 Januari 2011, pengguna Vimeo Plus dapat mengunggah sampai dengan 5GB rekaman (kira-kira setara dengan 2,5 jam video HD), yakni dengan meng-sign up Vimeo Plus. Hal ini membuat kemungkinan untuk video panjang secara penuh, film fitur high definition untuk diunggah ke Vimeo oleh pengguna tambahan vimeo atau vimeo plus.

Perbedaan[sunting | sunting sumber]

Vimeo Plus dengan Basic Vimeo[sunting | sunting sumber]

Beberapa perbedaan vimeo biasa dengan vimeo plus yakni : Dari sisi ruang penyimpanan, basic vimeo terdiri dari 500MB/week sedangkan vimeo plus terdiri dari 5GB /week. Dari sisi Banner Ads, basic vimeo terdapat Banner Ads sedangkan vimeo plus tidak. Pada basic vimeo juga tidak terdapat prioritas mengunggah sedangkan vimeo plus memberikan prioritas mengunggah. Pada sisi HD, basic vimeo yakni HD tidak tertanam sedangkan pada vimeo plus HD tertanam dan melekat. Dari sisi kostumisasi pemain, basic vimeo adalah standar atau mendasar sedangkan pada vimeo plus kostumisasi pemain yang ada yakni full control. Dari sisi grup/channel/Album, basic vimeo terdiri dari 1/1/3 sedangkan pada vimeo plus yakni tidak terbatas atau unlimited. Pada sisi kemajuan statistik, basic vimeo tidak memilikinya sedangkan vimeo plus memiliki sisi kemajuan statistik. Pada tingkat dominan privasi, basic vimeo tidak memiliki tingkat dominan privasi sedangkan vimeo plus memiliki tingakat dominan privasi. Dan terakhir pada sisi sumber file download, basic vimeo memiliki waktu yakni satu minggu sedangkan vimeo plus selalu dapat melakukannya.

Penghargaan Vimeo[sunting | sunting sumber]

Penghargaan tahunan pertama Vimeo Awards berlangsung pada 8-9 oktober 2010 di New York City, didedikasikan terhadap penampilan dan penghargaan video konten kreatif di situs tuan rumah. Juri festival untuk Sembilan kategori kompetitif termasuk David Lynch, Morgan Spurlock, Rian Johnson, MIA, Charlie White. Kompetisi menerima lebih dari 6500 peserta. Pemenang dipilih untuk setiap kategori, dengan finalis documenter “Last Minute with Oden” membawa pulang hadiah utama 2.5000 US Dollar. Ben Briand penulis cerita singkat “Apricot” memenangkan komunitas choice awards. Festival dua hari ini, termasuk pemutaran video dan lokakarya dari orang seperti Philip Bloom, Lawrence Lessig, dan DJ Spooky, dan pemandu acara penghargaan oleh Ze Frank. Sebuah proyeksi pemetaan 3D yang ditampilkan pada bangunan Vimeo HQ/IAC menyimpulkan festival penghargaan.

Popularitas[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 2010, Vimeo memiliki lebih dari 3 juta anggota dan rata-rata lebih dari 16.000 video baru diunggah setiap hari. Sekitar 10% dari pengunggahan berada di high definition (HD).

Penghapusan Video Permainan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Juli 2008, Vimeo mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi membiarkan video permainan ada di situsnya, dikarenakan menurut Blake Whitman, Community Director, dikatakan “ permainan video secara alami dengan signifikan lebih besar dan lebih lama dari aliran lainnya di Vimeo . Selama beberapa bulan terakhir mereka telah menjadi alasan tunggal untuk transcoder kami menunggu.” Pra-video permainan yang ada telah dihapus pada tanggal 1 September 2008. Semua unggahan baru pada saat ini tunduk pada aturan ini. Namun, video seperti Video Machinima dengan cerita mereka sendiri masih diperbolehkan.

Negara yang Menyensor[sunting | sunting sumber]

Vimeo adalah disensor oleh beberapa negara seperti:

  • China
  • Thailand
  • Vietnam
  • Iran

Perbandingan Vimeo dengan Situs Layanan Video Lainnya[sunting | sunting sumber]

Dibandingkan dengan situs video sharing (berbagi video) lainnya seperti Youtube, Vimeo unggul pada beberapa sisi kelebihan. Vimeo dibandingkan dengan situs berbagi video lainnya menawarkan kualitas konten video yang lebih baik dan lebih terseleksi. Pada bagian lain Vimeo juga hadir dengan high definition (HD) yang lebih detail dibandingkan situs seperti Youtube, sehingga menghasilkan kualitas gambar dan video yang lebih baik dan lebih tajam pada videonya untuk ditonton. Terdapat beberapa perbandingan situs Vimeo dibandingkan dengan situs berbagi video lainnya, seperti: Vimeo terdiri dari 4,62 Mbps, 2-pass (4,5 Mbps untuk video, 128 kbps untuk audio), memiliki perbedaan pixel 513204 px, dan 1080p yang hanya diaktifkan pada Vimeo jika pengguna vimeo plus secara spesifik memeriksa kotak 1080p dalam preferensi video tersebut. Pada bagian lainnya Vimeo terdiri dari 2 Mbps, 2-pass (termasuk 128 kbps audio) dan memiliki perbedaan pixel 213288 px yang diaktifkan pada 270p pada video di Vimeo. Pada beberapa sisi ini mungkin nilai tidak terlalu jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh situs lainnya, tetapi sebenarnya sangat terlihat saat menonton sesuatu. Pada Vimeo untuk 1080p telah menemukan tempat yang baik pada 4,6Mbps yakni dengan kualitas yang memang juara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Putri, Astari. 2008. Tata Cara Menggunakan Video. Jakarta : Nun Publisher.
  • Coulter, George. 1996. Video, You make it work. New York : Rourke Publications.
  • Zimmerman, Jan. 2010. Social Media Marketing All-in-One. Indiana : For Dummies

Pranala luar[sunting | sunting sumber]