Ovi (Nokia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Ovi.

Ovi by Nokia adalah merek layanan Internet Nokia yang dapat digunakan dari peranti bergerak, komputer (melalui Nokia Ovi Suite) atau situs web (Ovi.com). Nokia berfokus pada lima bidang layanan kunci: permainan, peta, media, pengiriman pesan, dan musik. Ovi ditujukan untuk dapat menyertakan pihak ketiga, seperti operator dan layanan pihak ketiga seperti Flickr. Dengan diumumkannya API Ovi Maps Player [1], Nokia telah mulai mengembangkan layanan mereka menjadi suatu platform yang memungkinkan pihak ketiga untuk menggunakan layanan Ovi Nokia. Ovi memiliki peranan bagi langkah Nokia untuk masuk lebih dalam ke dunia layanan Internet yang menyebabkannya harus bersaing langsung dengan Microsoft, Google, dan Apple Inc. [2]. Signifikansinya adalah bahwa Nokia bergerak lebih dalam ke dalam dunia servis internet, di mana persaingan dengan Microsoft, Google, dan Apple akan tidak dapat dihindarkan. Ovi berasal dari bahasa Finlandia yang berarti “pintu”. Hingga 28 Februari 2010 terdapat hampir 1,5 juta download setiap harinya di seluruh penjuru dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ovi diluncurkan pada 29 Agustus 2007 saat event Go Play di London. Versi Beta nya dirilis pada 28 Agustus 2008. Dari waktu ke waktu Nokia telah memperoleh kunci untuk membangun Ovi yang meliputi IP, paten, dan komponen kunci seperti sinkronisasi. IP yang didapatkan dan paten meliputi perusahaan seperti Starfish Software, Intellisync, NAVTEQ, Gate5, Plazes, dan lainnya. Komponen lainnya telah dikembangkan secara internal.

Layanan[sunting | sunting sumber]

Nokia Ovi Suite[sunting | sunting sumber]

Nokia Ovi Suite memberikan fasilitas bagi pengguna handphone Nokia untuk mengorganisir dan berbagi foto mereka serta data PIM antara PC dan handset mereka. Nokia Ovi Suite adalah generasi selanjutnya dari Nokia PC Suite dan secepatnya Nokia Ovi Suite akan menjadi satu-satunya aplikasi komputer yang ditawarkan oleh Nokia. Iklan komersial Nokia Ovi Suite diluncurkan pada pukul 3.46 tanggal 03-5. Nokia Ovi Suite yang kompatibel dengan MAC OS X diumumkan pada November 2008. Handphone Nokia dapat dihubungkan dengan komputer Mac dengan aplikasi Apple’s iSync.

Ovi Sync[sunting | sunting sumber]

Ovi Sync memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk mensinkronisasikan kontak, serta kalender event dan catatan dalam handphone mereka ke ovi.com. Kemudian nantinya dapat digunakan untuk backup data, atau menyunting file dari telepon genggam ke komputer lalu mengirimkannya kembali ke handphone. Hingga sekarang belum terdapat auto-sinkronisasi.

Ovi Store[sunting | sunting sumber]

Ovi Store diluncurkan di dunia pada bulan Mei 2009. Sedangkan di Indonesia Ovi Store diluncurkan pada bulan Juni 2010. Di Ovi Store pengguna dapat mengunduh permainan, aplikasi handphone, nada dering, video, serta gambar ke handphone Nokia mereka. Beberapa dari kontennya ada yang gratis, ada yang bisa diunduh dengan memasukkan kode voucher (voucher musik yang hanya diberikan setelah pembelian beberapa tipe handphone Nokia), dan ada pula yang berbayar baik menggunakan kartu kredit maupun dengan mengenakan biaya tambahan pada operator selular tertentu. Konten di Ovi Store dikategorikan ke dalam beberapa kategori : Musik, Games, Aplikasi, dan Bursa Musik Ovi. Ovi Store dimaksudkan untuk menawarkan kepada pelanggan, konten yang sesuai dengan handphone mereka dan relevan dengan selera serta lokasi di mana mereka berada. Misalnya, Ovi Store di Indonesia, yang menawarkan konten lagu Indonesia. Pelanggan dapat berbagi rekomendasi dengan teman-teman mereka, melihat apa yang mereka unduh, serta melihat konten yang menjadi minat mereka. Untuk konten publisher, Nokia menawarkan peralatan self-service agar membawa konten yang mereka miliki ke Ovi Store. Tipe konten yang mendukung meliputi : Java ME, aplikasi flash, widget, nada dering, wallpaper, tema, dan lebih lagi untuk Nokia seri 40 dan S60. Nokia menawarkan 70% pembagian keuntungan dari penjualan kotor, pajak yang lebih kecil, serta biaya operator yang stabil. Ovi Store menggantikan servis Nokia sebelumnya, seperti Widsets, Download! dan MOSH.

Ovi Maps[sunting | sunting sumber]

Dengan layanan Ovi Maps, pelanggan dapat mencari tempat-tempat dari seluruh dunia, rencana perjalanan, mencari alamat dan lokasi menarik, kemudian menyimpannya di Ovi. Ovi Maps untuk internet dapat digunakan untuk internet browser jenis apapun dan sistem operasi untuk PC dan Mac. Untuk menginstall Ovi Maps plug-in yang memberikan fitur lebih, pelanggan memerlukan Microsoft Windows XP/Vista dengan Microsoft Internet Explorer versi 6 ke atas atau Mozilla Firefox versi 3 ke atas, atau Apple Mac OS X dengan Safari 3 ke atas. Ketika aplikasi Ovi Maps 3.0 (dulu bernama Nokia Maps) diinstall ke handphone Nokia yang mendukung, maka pengguna dapat mensinkronisasikan tempat serta rute di antara Ovi Maps dan handphone yang digunakan. Dibutuhkan akun Nokia untuk dapat melakukan sinkronisasi. Menggunakan Nokia Ovi Suite atau Nokia Map Loader di Microsoft Windows XP atau Vista, pengguna dapat mengunduh dan membuka data peta serta suara navigasi ke handphone mereka. Dengan begini pengguna bisa menghemat uang serta waktu karena hanya data kecil yang diperlukan untuk diunduh saat beroperasi. Data peta dapat pula diunduh tanpa Nokia Ovi Suite atau Nokia Map Loader dengan menunjuk web browser dalam file lokasi peta.

Ovi Mail[sunting | sunting sumber]

Ovi Mail adalah alamat email yang didesain untuk digunakan dari handphone Nokia dan web browser yang mendukung. Versi beta diluncurkan pada bulan Desember 2008, dan dapat digunakan ke semua pengguna Ovi pada 20 Februari 2009. Satu juta akun diaktivasi dalam 6 bulan pertamanya, dan 650.000 melalui handphone. 5 juta akun diaktivasi dalam satu tahun pertama masa operasinya. Ovi Mail populer di Indonesia, Afrika Selatan, Filipina, Meksiko, Brazil, dan India. Terdapat lebih dari 35 handphone tipe S40 dan S60 yang mendukung Ovi Mail. Web mail nya bekerja dengan browser standar seperti Opera, IE 6, IE 7, Firefox 2, Firefox 3 serta Google Chrome dan hingga saat ini tersedia dalam 15 bahasa – Inggris Amerika, Inggris UK, Indonesia, Malay, Bengal, Tagalog, Perancis, Jerman, Hindi, Italia, Portugis (Brazil), Cina (simple), Portugis (Portugal) serta Spanyol.

Instant Message[sunting | sunting sumber]

Handphone Nokia dengan tipe baru telah dilengkapi dengan software yang dapat melakukan instant messaging (IM). Pengguna dapat menggunakan akun Ovi nya untuk mengirim dan menerima instant message ke dan dari pengguna Ovi lainnya. Menggunakan instant message dapat menjadi lebih murah dari mengirim SMS karena pesan yang berukuran kilobyte kecil (dengan volume-based).

Ovi Share[sunting | sunting sumber]

Ovi Share adalah website media sharing. Dulunya disebut Twango, website ini memberikan fasilitas di mana penggunanya dapat mengunggah dan menyimpan foto, video, dll. Pengguna dapat mengunggah secara langsung dari handphone Nokia mereka dengan menggunakan aplikasi Share Online 3.0, atau dapat juga menggunakan PC.

Ovi Files[sunting | sunting sumber]

Ovi Files memberikan fasilitas pada penggunanya untuk mengakses, mengirim, dan membuat bayangan dari file yang disimpan oleh mereka di Windows PC atau komputer Macintosh dari web browser di handphone maupun komputer. Fitur tambahan membuat pengguna dapat mengunggah konten dari komputer yang terpisah dan melihat tampilan dokumen Microsoft Office serta Adobe PDF tanpa aplikasi browser plug-in atau aplikasi yang terinstall di dalamnya. Ovi Files berdasarkan atas servis berbasis “akses dan berbagi” yang diciptakan oleh Avvenu Incorporated, yang diperoleh Nokia pada 5 Desember 2007. Awalnya servis ini bersifat premium, namun kemudian penggunaannya gratis pada Juli 2009. Namun pada awal September 2010, Nokia mengumumkan kepada pelanggan Ovi melalui email bahwa mereka akan menutup layanan Ovi Files pada 15 Oktober 2010.

Ovi Music Store[sunting | sunting sumber]

Ovi music store memberikan fasilitas untuk membeli musik secara langsung dari handphone maupun PC dengan lebih dari 11 juta lagu di dalamnya. Ovi music store telah tersedia di Indonesia dengan koleksi lebih dari 3 juta lagu. Untuk mendapatkan musik di Ovi music store, pengguna dapat memilih untuk menggunakan voucher prabayar atau musik Ovi sesukamu di mana pengguna dapat mengunduh lagu tanpa batas selama 12 bulan dengan disertai pembelian handphone Nokia Comes With Music yaitu Nokia X6. tapi sekarang nokia sudah usang

Ovi Player[sunting | sunting sumber]

Nokia Ovi Player, yang sebelumnya dikenal dengan Nokia Music PC Client, adalah software pemutar dan manajemen musik untuk PC. Nokia Music Player diperlukan untuk mengakses Nokia Music Store dan layanan Nokia Comes With Music. Download Nokia Ovi Player tersedia dari http://www.nokia.co.id/layanan-dan-aplikasi/hiburan. Nokia Ovi Player memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk mengunduh lagu dari music stores dan menyediakan fasilitas transfer lagu yang mudah ke handphone atau MP3 Player yang mendukung MTP over standard USB.

Mempublikasikan Konten[sunting | sunting sumber]

Konten publisher atau Independent Software Vendors (ISVs) dapat bergabung dengan program Ovi dengan dikenakan biaya €50. Nokia menyimpan 30% dari pendapatan yang dihasilkan developer atas penjualan produk mereka. Namun jika produk dibeli menggunakan Operator Billing, maka 40-50% harga yang dibayar oleh konsumen pertama kali akan diberikan kepada operator. Konten yang dikembangkan publisher akan direview oleh Nokia sebelum publikasi. Aplikasi Symbian, Java, dan Flash lite harus terdaftar oleh Symbian Signed. Symbian Signed adalah program penanda yang diadministrasi oleh Symbian Foundation. Symbian Signed memerlukan Publisher ID yang harganya $200 per tahun dan setiap kali menandai file SIS akan menambah biaya €10 ketika menggunakan Express Signed.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]