Flickr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Flickr
Flickr gamma Logo.svg
URL Flickr.com
Komersial? Ya
Jenis situs Foto
Video
Jejaring foto dan video
Bahasa Inggris
Cina
Perancis
Jerman
Italia
Portugis
Bahasa Spanyol
Korea
Indonesia
Pemilik Yahoo! Inc.
Dibuat oleh Ludicorp
Diluncurkan Februari 2004
Peringkat Alexa
  1. 30[1]
Status saat ini Aktif

Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online yang inovatif yang memperbolehkan foto-foto diberi tanda dan dicari secara folksonomi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Flickr dikembangkan oleh Ludicorp, sebuah perusahaan yang berbasiskan di Vancouver, Kanada yang dibangun pada tahun 2002. Ludicorp meluncurkan Flickr pada Februari 2004. Layanan ini dikembangkan pada awalnya untuk membuat Game Neverending, sebuah MMORPG. Flickr dianggap sebagai sebuah proyek yang lebih masuk akal dan Game Neverending ditunda pembuatannya.

Bentuk awal dari Flickr difokuskan sebagai chat room dengan banyak pengguna dengan nama FlickrLive dengan kemampuan berbagi foto secara langsung (real time). Yang lebih banyak terjadi adalah membagi foto atau gambar yang ditemukan di web daripada foto yang dibuat oleh para pengguna sendiri. Eveolusi berikutnya lebih ditekankan untuk uploading dan chat room menghilang dari peta situsnya.

Pada tahun 2005, Yahoo! Inc. mengambil alih Ludicorp dan Flickr. Pada 28 Juni 2005, semua daftar isi dari server Kanada dipindahkan ke server yang berada di Amerika Serikat, yang menyebabkan semua data yang ada berada di bawah hukum federal Amerika Serikat.[2]

Pada 16 Mei 2006, Flickr memperbaharui layanannya dari Beta ke "Gamma" dengan perubahan pada desain dan struktur. Berdasarkan FAQ pada situsnya, maksud dari "gamma", yang jarang digunakan dalam tahap perkembangan perangkat lunak, adalah bahwa layanan ini selalu dicoba oleh para penggunanya dan dalam kondisi pengembangan secara berkelanjutan. [3] Secara keseluruhan, layanan ini berada dalam tahap stabil.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Flickr memperbolehkan para pengirim gambar untuk memberikan kategori dengan menggunakan tag (suatu bentuk dari metadata), yang mempermudah para pencari gambar dalam mencari gambar berdasarkan topik tertentu seperti nama tempat. Flickr menyediakan akses yang cepat dalam mengakses gambar yang diberi tag dengan kata yang paling populer. Dikarenakan dukungan akan tag yang dibuat oleh pengguna, Flickr berulang kali dijadikan sebagai contoh utama penggunaan folksonomi secara efektif, walaupun Thomas Vander Wal menganggap Flickr bukanlah contoh terbaik dalam folksonomi.[4] Selain itu, Flickr juga menjadi situs web pertama yang mengimplementasikan awan tag.

Flickr memperbolehkan suatu foto dikumpulkan dalam beberapa "set", atau sekumpulan foto yang memiliki judul yang sama. Penggunaan set ini lebih fleksibel daripada penggunaan metode folder / berkas tradisional dalam mengatur file, dikarenakan satu foto dapat diletakkan dalam lebih dari satu set yang berbeda, dalam satu set, atau tidak dalam satu set pun (konsepnya analogis dengan "labels" dalam Gmail Google). "Sets" dalam Flickr lebih merupakan sebuah bentuk dari metadata kategori daripada hirarki fisik.

Organizer[sunting | sunting sumber]

Organizer merupakan sebuah aplikasi web untuk mengatur foto dalam akun Flickr. Aplikasi ini memperbolehkan pengguna untuk mengubah tag, deskripsi, dan grup set, serta meletakkan foto dalam sebuah peta dunia (sebuah fitur yang disediakan oleh Yahoo! Maps). Aplikasi ini menggunakan Ajax untuk membuat tampilan, lingkungan, dan aplikasi manajemen foto dalam desktop yang berfungsi dengan segera. Oleh karena itu, Organizr sangat mempermudah pengaturan foto, yang mana lebih sulit dilakukan dengan antar-muka web.

Kontrol akses[sunting | sunting sumber]

Flickr menyediakan tempat penyimpanan foto untuk umum dan pribadi. Seorang pengguna yang mengirimkan fotonya dapat mengatur kontrol privasi yang menentukan siapa saja yang dapat mengakses foto tersebut. Sebuah foto dapat ditandai sebagai umum maupun pribadi. Foto pribadi pada dasarnya hanya dapat diakses oleh pemilik foto, tetapi juga dapat diatur agar dapat dilihat oleh teman dan/atau keluarga. Pengaturan privasi dapat pula dilakukan dengan memasukan foto dari kumpulan foto ke suatu "grup". Bila grup itu adalah grup pribadi, maka anggota grup dapat melihat foto tersebut. Bila grup itu adalah grup umum, maka foto tersebut pun menjadi umum. Flickr juga menyediakan "daftar kontak" yang dapat digunakan untuk mengontrol akses gambar untuk sekumpulan orang dengan cara yang sama yang dilakukan LiveJournal.

Banyak pengguna yang memperbolehkan foto mereka dilihat oleh semua orang, membentuk sebuah kolaborasi database dari foto-foto yang dikategorikan. Pada dasarnya, semua orang dapat memberikan komentar pada foto yang diperbolehkan untuk dilihat oleh mereka, dan dalam beberapa kasus dapat menambahkan dalam daftar tag yang berhubungan dengan sebuah gambar.

Interaksi dan kompatibilitas[sunting | sunting sumber]

Fungsionalitas Flickr dalam RSS dan Atom feeds serta API membuat programmer independen dapat mengembangkan layanan tersebut.

Fungsionalitas inti dari situs tersebut terletak di fitur standar HTTP dan HTML, membuat kompabilitas yang luas dalam sistem operasi dan browser. Organizr menggunakan Ajax yang bagi banyak browser modern dapat menggunakannya, serta sebagian besar antarmuka Flickr untuk tag dan mengedit teks juga memiliki fungsionalitas Ajax.

Gambar dapat dikirim ke koleksi pengguna melalui lampiran surat-e, memperbolehkan pengiriman foto secara langsung melalui banyak ponsel berkamera dan aplikasi dengan kemampuan mengirim surat-e.

Flickr semakin banyak digunakan oleh pengguna web sebagai tempat penyimpanan foto yang utama, khususnya oleh anggota dari komunitas blog web. Selain itu, layanan ini juga populer di kalanagan pengguna Macintosh dan Linux, yang sering dilarang masuk ke situs berbagi foto karena mereka membutuhkan arsitektur Windows atau Internet Explorer untuk dapat bekerja.

Pengarsipan[sunting | sunting sumber]

Dengan sebuah akun gratis yang aktif, pengguna hanya dapat memiliki akses ke 200 gambar terakhir yang ia kirimkan. Gambar yang lama tidak dihapus dan tetap dapat diakses melalui URL-nya (contohnya bila terhubung dengan situs web lain). Akan tetapi, gambar-gambar tersebut tak dapat lagi diakses untuk dikutip atau di-edit dari akun pengguna Flickr tersebut.[5]

Lisensi[sunting | sunting sumber]

Flickr menawarkan pengguna kemampuan untuk menyebarkan gambar mereka di bawah beberapa lisensi penggunaan yang umum. Pilihan lisensi utama adalah lisensi dasar atribut Kreativitas Umum (Creativity Common) dan sebagian kecil kontrol isi. Dengan "tags", situs ini mempermudah pencarian hanya gambar-gambar yang berada di bawah lisensi tertentu.

Integritas dengan Yahoo! Web Search[sunting | sunting sumber]

Sejak Agustus 2006, pencarian web dengan beberapa judul, misalnya "Funny picture" menampilkan beberapa hasil dalam Flickr.[6].

Arsitektur perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Carl Henderson, seorang pengembang Flickr, mengungkapkan banyak sisi belakang layanan Flickr pada tahun 2005 dalam presentasi PowerPoint di Asosiasi PHP Vancouver. Sistem operasinya terdiri dari:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]