Apache HTTP Server

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Apache HTTP Server
Tipeserver software (en)
BerdasarkaNCSA HTTPd (en)
Versi pertama1995; 29 tahun lalu (1995)[1]
Versi stabil
2.4.58 (19 Oktober 2023)
GenreServer web
LisensiApache License 2.0
Bahasa
EponimApache dan Tambalan
Karakteristik teknis
Sistem operasiMirip Unix, Microsoft Windows,[2] OpenVMS
Bahasa pemrogramanC
Informasi pengembang
PembuatRobert McCool
PengembangApache Software Foundation
Informasi tambahan
Situs webhttpd.apache.org Sunting ini di Wikidata
Stack ExchangeEtiqueta
Free Software DirectoryApache_HTTP_Server
GitHub: apache/httpd
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awal mulanya, Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang menjadi alternatif dari server web Netscape (sekarang dikenal sebagai Sun Java System Web Server). Sejak April 1996 Apache menjadi server web terpopuler di Internet. Pada Mei 1999, Apache digunakan di 57% dari semua web server di dunia. Pada November 2005 persentase ini naik menjadi 71%. (sumber: Netcraft Web Server Survey, November 2005).

Asal mula nama Apache berasal ketika sebuah server web populer yang dikembangkan pada awal 1995 yang bernama NCSA HTTPd 1.3 memiliki sejumlah perubahan besar terhadap kode sumbernya (patch). Saking banyaknya patch pada perangkat lunak tersebut sehingga disebut sebuah server yang memiliki banyak patch ("a patchy" server). Tetapi pada halaman FAQ situs web resminya, disebutkan bahwa "Apache" dipilih untuk menghormati suku asli Indian Amerika Apache (Indé), yang dikenal karena keahlian dan strategi perangnya. Versi 2 dari Apache ditulis dari awal tanpa mengandung kode sumber dari NCSA.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Apache adalah komponen server web dari paket perangkat lunak LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP/Perl/bahasa pemrograman Python).

Kompetitor[sunting | sunting sumber]

Menurut statistik dari Netcraft, Apache merupakan server web yang paling banyak digunakan di dunia per 2005 [1]. Microsoft Internet Information Services (IIS) merupakan kompetitor utama Apache, diikuti oleh Sun Java Web Server dari Sun Microsystem.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About the Apache HTTP Server Project". Apache Software Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 June 2008. Diakses tanggal 2008-06-25. 
  2. ^ "Compiling and Installing". httpd.apache.org. The Apache Software Foundation. Diakses tanggal 9 May 2016. 
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-02. Diakses tanggal 2016-02-27. 
  4. ^ "Languages". Apache HTTP Server. Black Duck Software. Ohloh. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 April 2014. Diakses tanggal 2 April 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]