Vancouver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Artikel ini merujuk pada kota di British Columbia, Kanada, Vancouver bisa juga tertuju pada Vancouver, Washington, A.S.. Untuk lainnya, lihat Vancouver (disambiguasi).
Vancouver
Kota
Kota Vancouver
Bendera Vancouver
Logo resmi Vancouver
Julukan: 
Motto: 
"By Sea, Land, and Air We Prosper"
Lokasi Vancouver dalam wilayah Metro Vancouver, British Coloumbia, Kanada.
Lokasi Vancouver dalam wilayah Metro Vancouver, British Coloumbia, Kanada.
Negara Kanada
ProvinsiBorder British Columbia
RegionLower Mainland
Distrik regionalMetro Vancouver
Incorporated1886
Dinamai berdasarkanCaptain George Vancouver
Pemerintahan
 • MayorGregor Robertson (Vision Vancouver)
 • City Council
 • MPs (Fed.)
 • MLAs (Prov.)
Luas
 • Kota114,67 km2 (4,427 sq mi)
 • Luas metropolitan
2.878,52 km2 (111,140 sq mi)
Ketinggian
2 m (7 ft)
Populasi
 • Kota578.041 (8th)
 • Kepadatan5.335/km2 (13,820/sq mi)
 • Metropolitan
2.116.581 (3rd)
 • Demonym
Vancouverite
Zona waktuUTC−8 (PST)
 • Musim panas (DST)UTC−7 (PDT)
Postal code span
V5K to V6Z
Kode area telepon604, 778
NTS Map092G03
GNBC CodeJBRIK
Situs webCity of Vancouver
Vancouver

Vancouver (/væn.ˈkvər/ atau /væŋˈkvər/[2]) adalah sebuah kota besar di Provinsi British Columbia, Kanada. Sebagai kota dengan penduduk paling terbanyak di Provinsi British Columbia, sensus 2021 mencatat 662.248 orang di kota Vancouver, bertambah dari 631.486 orang pada tahun 2016. Area Greater Vancouver memiliki populasi 2,6 juta orang di tahun 2021, menjadikan Vancouver sebagai kota metropolitan terbesar ketiga di Kanada. Vancouver memiliki densitas populasi tertinggi di Kanada, dengan lebih dari 5.400 orang per kilometer persegi. Vancouver adalah salah satu kota dengan etnis dan bahasa paling beragam di Kanada: 52 persen dari penduduknya bukan penutur asli Bahasa Inggris, 48,9 persennya bukan penutur asli Bahasa Inggris atau Bahasa Prancis, dan 50,6 persen dari penduduknya termasuk kelompok minoritas.

Vancouver adalah salah satu kota yang paling layak dihuni di Kanada dan di dunia. Perihal keterjangkauan perumahan, Vancouver juga merupakan salah satu kota paling mahal di Kanada dan di dunia. Vancouver berencana untuk menjadi kota paling hijau di dunia. Vancouverism adalah filosofi perencanaan kota Vancouver.

Pemukiman penduduk asli (Indigenous people) Vancouver tercatat sudah lebih dari 10.000 tahun yang lalu, dan kota Vancouver terletak di teritori tradisional dan tak terserahkan (Bahasa Inggris: unceded) suku Squamish, Musqueam, dan Tsleil-Waututh (Burrard). Awal mula dari kota modern Vancouver, yang sebelumnya dinamakan Gastown, berkembang di sekitar lokasi kedai minum sementara yang terletak di tepi barat Hastings Mill yang dibangun pada 1 Juli 1867, dan dimiliki oleh Gassy Jack. Situs aslinya ditandai dengan jam uap Gastown. Gastown kemudian diregistrasi sebagai 'townsite' yang dinamai Granville, Burrard Inlet. Kemudian, pada tahun 1886 melalui kesepakatan dengan Canadian Pacific Railway (CPR), nama kota tersebut diubah menjadi "Vancouver." Jalur kereta api transkontinental Canadian Pacific kemudian diperpanjang hingga kota Vancouver pada tahun 1887. Pelabuhan besar yang dimiliki oleh kota Vancouver, menghadap Samudera Pasifik, secara alami menjadi penghubung penting dalam perdagangan internasional antara Asia-Pasifik, Asia Timur, Eropa, dan Kanada bagian timur.

Kota Vancouver telah menyelenggarakan berbagai konferensi dan acara internasional, termasuk Pesta Olahraga Kerajaan Inggris dan Persemakmuran 1954, UN Habitat I, Expo 86, APEC Canada 1997, World Police and Fire Games tahun 1989 dan 2008, beberapa pertandingan 2015 FIFA Women's World Cup, termasuk pertandingan final di BC Place di pusat kota Vancouver, dan Olimpiade Musim Dingin 2010 dan Paralimpiade yang disenggelarakan di Vancouver dan Whistler, sebuah komunitas resort 125 km (78 mi) utara kota Vancouver. Pada tahun 1969, Greenpeace ditemukan di Vancouver. Kemudian, kota Vancouver menjadi rumah permanen bagi konferensi TED di tahun 2014.

Sejak tahun 2016, Pelabuhan Metro Vancouver adalah pelabuhan terbesar keempat oleh tonnase di seluruh kontinen Amerika, pelabuhan tersibuk dan terbesar di Kanada. Walaupun produk kehutanan tetap menjadi industri terbesar, Vancouver juga terkenal dengan pusat kotanya yang dikelilingi oleh alam, menjadikan turisme sebagai industri terbesar kedua di kota tersebut. Studio produksi film di Vancouver dan Burnaby menjadikan Vancouver Raya dan area di sekitarnya sebagai salah satu pusat produksi film terbesar di Amerika Utara, dan juga dikenal sebagai "Hollywood Utara."

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama kota Vancouver diambil dari George Vancouver, penjelajah yang menemukan pelabuhan dalam Burrard Inlet pada tahun 1792 dan memberikan nama-nama Inggris di berbagai macam tempat. Nama keluarga "Vancouver" sendiri berasal dari Bahasa Belanda "van Coevorden" yang menunjukkan bahwa orang tersebut berasal dari kota Coevorden, Belanda. Leluhur penjelajah George Vancouver datang ke Inggris "dari Coevorden", menjadikan nama keluarga tersebut sebagai asal usul dari nama "Vancouver".

Penduduk asli suku Squamish yang tinggal di daerah yang meliputi barat daya Provinsi British Columbia, termasuk kota Vancouver, memberikan kota ini dengan nama K'emk'emeláy̓ yang berarti "tempat dengan banyak pohon maple". Nama tersebut sebelumnya diberikan hanya untuk sebuah desa yang ditinggali oleh penduduk asli tersebut, yang mana pada akhirnya sebuah kilang gergaji didirikan oleh Kapten Edward Stamp di desa tersebut sebagai salah satu bagian dari fondasi penghunian Inggris.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Vancouver terletak di 49°16′N 123°7′W / 49.267°N 123.117°W / 49.267; -123.117, berbatasan dengan Selat Georgia yang dipisahkan dari Samudera Pasifik oleh Pulau Vancouver. Vancouver masuk kedalam zona waktu Pasifik (UTC-8) dan Zona Ekologi Maritim Pasifik. Vancouver tidak terletak di Pulau Vancouver melainkan di Semenanjung Burrard. Walau begitu, nama kota dan pulau tersebut diambil dari nama George Vancouver, seorang kapten angkatan laut dari Britania Raya yang menjelajahi daerah ini pada tahun 1792.

Vancouver memiliki area seluas 114,67 km² terdiri dari daerah rata dan berbukit. Selain itu, Vancouver juga dikelilingi banyak perairan. Catatan sejarah menunjukkan sedikitnya 50 aliran sungai dan cabangnya di Vancouver namun seiring perkembangan kota, hanya tersisa 4 buah.

Pemandangan[sunting | sunting sumber]

Vancouver dikenal di dunia akan keindahannya. Kota ini memiliki salah satu dari taman kota terbesar di Amerika Utara, Stanley Park. Lansekap kota ini didominasi Pegunugan Pesisir Utara dan pemandangan pada hari yang cerah dapat mencapai Gunung Baker di Washington, Amerika Serikat; Pulau Vancouver di seberang Selat Georgia, dan Pantai Sunshine.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Stanley Park di kala hujan di Vancouver.

Iklim di Vancouver termasuk sedang dalam ukuran Kanada. Setelah Victoria, kota ini adalah kota terhangat kedua di waktu musim dingin dengan suhu minimum di bawah 0 °C dalam rata-rata 46 hari per tahun dan di bawah -10 °C hanya dalam 2 hari per tahun. Lebih dari setengah hari di musim dingin mengalami hujan, hanya 9 hari yang mengalami salju, dan 3 yang bersalju lebih dari 5 cm. Curah hujannya bervariasi antara 1.100 mm sampai 3.500 mm. Di musim panas, suhunya sedang dengan hari cerah dan kering. Rata-rata suhu tertinggi bulan Juli dan Agustus mencapai 22 °C, mencapai lebih dari 30 °C hanya sekali tiap lima musim panas. Badai petir tergolong jarang.

Musim semi dan gugur biasanya banyak hujan dan sejuk. Curah hujan sering terjadi di musim dingin. Salju turun di pegunungan sekitarnya dan daerah-daerah yang letaknya lebih tinggi seperti di pinggiran kota sebelah timur, tetapi lebih jarang di daerah ketinggian laut, meskipun adakalanya di musim salju kota Vancouver mendapatkan cukup salju sehingga sekolah-sekolah harus ditutup. Bahkan sedikit salju saja dapat menyebabkan masalah lalu lintas yang serius. Badai salju jarang terjadi, tetapi bisa menyebabkan lumpuhnya kebanyakan daerah Daratan Rendah. Badai salju yang terjadi pada 1996 menyebabkan salju lebih dari 60 cm di Vancouver. Hal ini mengakibatkan kerusakan hingga berjuta-juta dolar.

Meskipun Vancouver banyak dikenal sebagai kota hujan, hanya 166 hari rata-rata per tahun curah hujannya dapat dihitung, dan 289 hari dengan sinar matahari yang dapat dihitung pula. Kendati demikian, musim dingin di Vancouver bisa suram, karena langit sering kali ditutupi dengan awan kelabu yang rendah. Selama beberapa malam dekat solstis musim panas, langit utara tetap disinari matahari dan malam hanya berlangsung selama 6 jam.

Vancouver mempunyai banyak spesies tanaman, termasuk sejumlah tanaman yang eksotik, karena iklimnya yang sedang.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalan bebas hambatan dalam kota Vancouver dihambat pembangunannya oleh berbagai faktor seperti peraturan daerah dan geografi kota sendiri. Satu-satunya jalan bebas hambatan di daerah Vancouver adalah Highway 1 di daerah timur.

Masalah jalan dan transportasi publik diurus oleh TransLink, otoritas transportasi Greater Vancouver Regional District. TransLink menyediakan berbagai layanan bus, feri yang dikenal dengan nama SeaBus, dua jalur metro bernama SkyTrain, dan kereta api komuter West Coast Express.

Bandara utama di Vancouver adalah Bandara Internasional Vancouver (YVR) di Pulau Sea dalam daerah City of Richmond yang berada di selatan Vancouver.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Census 2006 Community Profiles: Vancouver, City and CMA". Government of Canada. 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-04. Diakses tanggal 2011-10-10. 
  2. ^ Jane Flick (1971). "Smollett's Manipulation of Language in the Tabitha Bramble and Winifred Jenkins Letters in Humphry Clinker". University of British Columbia. hlm. 117. Diakses tanggal 2011-10-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]