Mozilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mozilla logo

Mozilla adalah nama asli resmi dari Mozilla Application Suite buatan Mozilla Foundation, yang sekarang dikenal sebagai SeaMonkey.

Sebelumnya, nama ini dipakai sebagai:

  • nama sandi (codename) untuk proyek peranti lunak Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar)
  • kependekan nama produk Mozilla Application Suite
  • maskot Netscape.

Sekarang nama Mozilla dipakai dengan kombinasi nama-nama produk Mozilla Foundation.

Berbagai penggunaan nama "Mozilla" dapat dilihat pada daftar di bawah ini (diurut berdasarkan sejarahnya):

Nama Sandi Netscape Navigator[sunting | sunting sumber]

Mozilla telah dipakai secara internal di Netscape Communication Corp. sebagai nama sandi peranti lunak Netscape Navigator web browser sejak awal proyeknya. Jamie Zawinski mengusulkan nama ini ketika rapat perusahaan.[1] Nama tersebut mengacu pada nama monster dongeng: Godzilla.

Maskot Netscape[sunting | sunting sumber]

Mozilla Mascot.svg

Mozilla adalah maskot Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar) yang pada awalnya bernama Mosaic Communications Corporation. Sebelumnya, maskot perusahaan ini berganti-ganti, termasuk astronaut atau "spaceman", tapi akhirnya pilihan dijatuhkan pada seekor kadal mirip Godzilla agar sesuai dengan namanya yang mirip Godzilla. Didesain oleh Dave Titus tahun 1994.

Mozilla boxing.gif

Mozilla ditampilkan di website Netscape pada tahun-tahun awal perusahaan tersebut. Namun, berhubung perusahaan ingin menampilkan citra yang lebih "professional" (terutama ke para klien perusahaan) maka maskot tersebut disingkirkan. Mozilla masih tetap dipakai di kalangan internal Netscape, misalnya di T-shirt yang dibagikan kepada para staff atau dalam gambar-gambar/poster pada dinding kampus Netscape di Mountain View.

Keika Netscape mengakuisisi perusahaan direktori website bernama NewHoo tahun 1998, mereka menjuluki perusahaan pembuat [Open Directory Project]] tersebut dengan "dmoz" (Directory of Mozilla), karena banyak kesamaan dengan proyek Mozilla. Gambar-gambar Mozilla dipakai di halaman website mereka, sampai sekarang, walau Netscape telah dijual kepada AOL.

Bagian dari "user agent string" di berbagai browsers[sunting | sunting sumber]

Saat seseorang mengunjungi sebuah website (melalui sebuah 'user agent' seperti 'web browser'), sebuah text string biasanya dikirim untuk memperkenalkan 'user agent' tersebut ke web server. Ini disebut "user agent string". Netscape web browser mengidentifikasi dirinya sebagai "Mozilla/<version>" diikuti informasi mengenai sistem operasi yang digunakan.

Oleh karena Netscape browser banyak mengimplementasikan berbagai kegunaan yang tidak terdapat pada browsers lain, bahkan kemudian menjadi dominan di pasar, maka berbagai website didesain untuk berfungsi hanya bila mereka mengenali Mozilla yang sesuai di user agent string. Akibatnya, browser-browser saingan mulai meniru (emulate / "cloak" / "spoof") string tersebut agar juga dapat berfungsi di website-website tersebut. Contoh: Internet Explorer menggunakan user agent string yang dimulai dengan "Mozilla/<version> (compatible; MSIE <version>...", agar dapat menerima isi website yang ditujukan bagi Netscape, saingan utamanya pada saat itu. Format user agent string ini sudah disalin berbagai user agent lainnya, dan bertahan walau Internet Explorer yang sekarang mendominasi pasar browser.

Proyek Mozilla[sunting | sunting sumber]

Yayasan Mozilla[sunting | sunting sumber]

Mozilla Foundation logo

"Mozilla" juga sering digunakan untuk mengacu pada proyek perangkat lunak bebas/sumber terbuka yang dibentuk untuk menghasilkan aplikasi Internet generasi baru bagi Netscape. Mozilla Organization didirikan tahun 1998 untuk menghasilkan perangkat lunak tersebut. Tanggal 15 Juli 2003, organisasi tersebut secara resmi terdaftar sebagai organisasi nirlaba dan bernama Yayasan Mozilla. Yayasan tersebut telah menghasilkan peramban web Mozilla Firefox dan klien surel Mozilla Thunderbird, serta beberapa peranti lunak lainnya. Merek dagang (merk dagang) Mozilla dimiliki Yayasan Mozilla sejak 2006.

Mozilla Corporation[sunting | sunting sumber]

Tanggal August 3, 2005, Mozilla Foundation mengumumkan berdirinya Mozilla Corporation, perusahaan (pencari laba dan wajib pajak) anak dari Mozilla Foundation, yang bertugas menyebarkan Firefox ke pemakai akhir, memasarkan, dan mencari/menjadi sponsor atas produk tersebut.

Mozilla Messaging[sunting | sunting sumber]

Tanggal February 19, 2008, Mozilla Messaging didirikan, yang juga merupakan anak Mozilla Foundation untuk mencari laba. Tugasnya adalah mengembangkan dan memasarkan Thunderbird serta peranti lunak yang berhubungan dengan medi komunikasi internet lainnya.

Mozilla Application Suite[sunting | sunting sumber]

Mozilla 1.7 menampilkan halaman Wikinews

Netscape mengumumkan pada tanggal January 22, 1998 bahwa mereka akan membuka kode sumber (source code) untuk pengembangan selanjutnya.[2] Pada bulan Maret 1998, Netscape memberikan hampir semua source code Netscape Communicator Internet suite ke dalam lisensi software/open source, yang disebut Netscape Public License. Aplikasi yang dikembangkan dengan kode ini dinamakan Mozilla, sesuai dengan nama sandi asli Netscape Navigator. Setelah berbagai siklus test yang memerlukan waktu lama, Mozilla 1.0 diluncurkan tanggal June 5, 2002.

Suite tersebut sangat terkenal sebagai basis free/open source Netscape suite (versi 6 dan 7), dan kode lapisan dasarnya (Gecko layout engine) menjadi basis berbagai aplikasi, termasuk produk-produk Mozilla Foundation yaitu Firefox dan Thunderbird. Untuk membedakannya dengan produk-produk lain, internet suite tersebut dipasarkan sebagai "Mozilla Application Suite", atau "Mozilla Suite".

Kini Mozilla Foundation tidak lagi mengelola suite tersebut, karena para pengembang mereka ingin lebih fokus pada pengembangan Firefox dan Thunderbird. Pengelolaan suite tersebut kemudian diberikan pada SeaMonkey Council yang mengembangkannya sebagai SeaMonkey.

Nama umum bagi semua browser berbasis Mozilla[sunting | sunting sumber]

Untuk penyederhanaan, istilah Mozilla biasa digunakan untuk mengacu pada semua browser berbasis Mozilla. Contohnya, bila dikatakan bahwa sebuah website dapat dibuka oleh browser Mozilla, berarti ia dapat dibuka oleh Mozilla Suite, Firefox, Camino, Netscape 6, dll. Pada beberapa program statistik internet lama, istilah "Netscape 5.x" secara salah telah digunakanan untuk mengenali broser-browser yang menggunakan user agent string berawalan Mozilla/5.0.

Mozilla application framework[sunting | sunting sumber]

Istilah "Mozilla" juga digunakan untuk Mozilla application framework, sebuah cross-platform application framework untuk menulis aplikasi yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi. Terdiri dari Gecko layout engine, XUL user-interface toolkit, Necko networking library, dan berbagai komponen lain. Ini merupakan inti semua browser berbasis Mozilla dan berbagai aplikasi yang dibuat berdasar mereka.

Mozilla codebase[sunting | sunting sumber]

Source code dari berbagai peranti lunak proyek Mozilla seperti Firefox, Thunderbird, dan XULRunner dikelola secara bersama dalam sebuah CVS repository tunggal. Basis kode (codebase) yang besar ini disebut Mozilla codebase, Mozilla source code, atau "Mozilla".

Setelah proses yang panjang, Mozilla pindah dari CVS ke Mercurial untuk pengembangan Mozilla 2.[3]

Awalnya, Mozilla codebase dirilis dalam lisensi Netscape Public License. Lisensi tersebut diperbaharui menjadi versi 1.1 dan namanya diganti menjadi Mozilla Public License. Free Software Foundation dan lainnya mengingatkan bahwa sebuah modul lisensi GPL dan sebuah modul lisensi MPL tidak dapat digabung secara legal, sehingga mereka merekomendasikan kepada para pengembang agar tidak menggunakan MPL.[4] Untuk mengatasi hal ini, pada tahun 2003 Mozilla Foundation melisensikan sebagian besar codebase-nya kedalam GNU General Public License dan GNU Lesser General Public License selain Mozilla Public License.[5]

The Open Directory Project[sunting | sunting sumber]

Open Directory Project dikenal juga sebagai DMOZ, singkatan dari Directory Mozilla.

Peranti lunak Mozilla[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]