Nada dering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Nada dering adalah sebuah suara dari ponsel untuk memperingati penggunanya bahwa ada panggilan masuk dari panggilan seseorang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

AT&T menawarkan tujuh kombinasi gong berbeda untuk jenis dering "C" yang ditemukan pada model telepon 500 dan 2500. Gong ini memberikan "nada khas" bagi pengguna tuna rungu dan juga memungkinkan untuk membedakan telepon tertentu yang berdering ketika beberapa telepon ditempatkan dalam jarak dekat. "Bell Chime" juga ditawarkan, yang dapat diatur agar terdengar seperti bel pintu atau berdering seperti telepon standar.

Sementara dering, deringan, sinyal dering, atau apa yang mungkin dilihat sebagai sinyal panggilan yang merupakan pendahulu nada dering, telah ada sejak permulaan telepon, nada dering modern muncul pada tahun 1960-an dan telah berkembang menjadi nada dan banyak nada atau melodi yang dapat disesuaikan.[1] Bisa dibilang nada dering modern pertama muncul di film Our Man Flint pada tahun 1966, di mana kepala agen rahasia pemerintah memiliki telepon merah yang terhubung langsung ke presiden dan berdering dengan nada dering musik yang khas..[2]

A tone ringer IC: ITT SAA 1094

Diikuti aturan FCC yang mengizinkan perangkat pihak ketiga pada tahun 1975 untuk dihubungkan ke saluran telepon, produsen memproduksi dering telepon aksesori yang berdering dengan nada atau melodi elektronik daripada lonceng mekanis. Orang-orang juga membuat dering sendiri yang menggunakan chip dari kartu ucapan musikal untuk memainkan melodi pada saat adanya panggilan masuk.[3] Salah satu dering, dijelaskan dalam buku 1989, bahkan memiliki fitur suara anjing mainan yang menggonggong dan mengibas-ngibaskan ekornya ketika ada panggilan masuk.[4] Akhirnya, dering telepon elektronik menjadi standar. Beberapa dari dering ini menghasilkan nada tunggal, tetapi yang lain menghasilkan urutan dua atau tiga nada atau melodi musik.[5] Beberapa telepon baru memiliki dering yang cocok, seperti suara bebek atau klakson mobil.

Ponsel komersial pertama dengan nada dering yang dapat disesuaikan adalah Japanese NTT DoCoMo Digital Mova N103 Hyper oleh NEC, dirilis pada Mei 1996.[6] Ponsel ini memiliki beberapa lagu yang telah diatur dalam format MIDI. Pada bulan September 1996, IDO menjual Digital Minimo D319 oleh Denso, yang merupakan ponsel pertama di mana pengguna dapat memasukkan melodi asli, dan bukan lagu-lagu yang telah ditentukan. Ponsel ini terbukti populer di Jepang: sebuah buku[7] diterbitkan pada tahun 1998 memberikan rincian tentang cara menyesuaikan ponsel untuk memutar cuplikan lagu-lagu populer yang terjual lebih dari 3,5 juta salinan.

Layanan nada dering selular pertama yang dapat diunduh dibuat dan dikirim dari Finlandia pada tahun 1998 ketika Radiolinja (operator seluler Finlandia yang sekarang dikenal sebagai Elisa) memulai layanan mereka yang disebut Harmonium, ditemukan oleh Vesa-Matti Pananen.[8] Harmonium mengandung kedua alat bagi individu untuk menciptakan nada dering monofonik dan mekanisme untuk mengirimkannya melalui udara (OTA) melalui SMS ke ponsel. Pada November 1998, Digitalphone Groupe (SoftBank Mobile) memulai layanan serupa di Jepang.

Tipe suara[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, telepon genggam diluncurkan dengan nada dering hanya berbunyi beep.

Pada tahun 1902, salah satu pemain gitar Spanyol pertama kali menciptakan lagu Gran Vals yang menginspirasi Nokia yntuk membuat nada dering bernada.[9]

Pada tahu 2001, Samsung N620 - Samsung R220 mengganti sebuah nada dering dengan sebuah lagu seperti iklannya, "It Don't Ring It Sing" yang artinya "Itu Bukan Dering Tapi Lagu" yang membuat produsen lainnya mengubahnya seperti lagu.[10]

Hingga sekarang, lagu ataupun sebuah rekaman audio bisa dijadikan nada dering, baik suara berformat MP3 maupun WAV.[9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ History of the Ringtone
  2. ^ Men of the Apocalypse - Secret Agents | Entertainment / Media | Apocalypzia
  3. ^ Sokolowski, Steve (1989). "Sesuaikan Ponsel Anda", Ch. 8 "Telephone Melody Ringer". TAB Books, Blue Ridge Summit, PA. ISBN 0-8306-9354-8.
  4. ^ Sokolowski, Steve (1989). "Sesuaikan Ponsel Anda", Ch. 20 "Pendering Telepon Animasi". TAB Books, Blue Ridge Summit, PA. ISBN 0-8306-9354-8.
  5. ^ Bigelow, Carr and Winder (2001). "Memahami Elektronik Telepon", Edisi Keempat. Newnes ISBN 0-7506-7175-0.
  6. ^ (dalam bahasa Jepang) asahi.com, retrieved on September 6, 2008 (Cache)
  7. ^ ケータイ着メロ ドレミBOOK [Mobile Ringtones Do-Re-Mi Book] (dalam bahasa Japanese). July 1998. 
  8. ^ Time Magazine Europe: The Sweet Sound Of Success
  9. ^ a b Smith, Ernie (2018-03-17). "Penyebab Bunyi Ringtone Ponsel Zaman Sekarang Terdengar Menyebalkan". Vice. Diakses tanggal 2020-04-08. 
  10. ^ a b "YouTube". www.youtube.com. Diakses tanggal 2020-04-08. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Nada notifikasi