Netflix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Netflix, Inc.
Publik (NASDAQ: NFLX)
IndustriPerdagangan elektronik
DidirikanAugust 29, 1997; 20 tahun yang lalu di Scotts Valley, California, Amerika Serikat
PendiriMarc Randolph Reed Hastings
Kantor
pusat
Bendera Amerika Serikat Los Gatos, California, Amerika Serikat
Wilayah operasi
190 negara
Tokoh
kunci
Reed Hastings (Pendiri dan CEO)
Barry McCarthy (CFO dan Sekretaris)
Leslie J. Kilgore (CMO)
ProdukLayanan media streaming
PendapatanGreen Arrow Up.svg US$11.692 billion (2017)
Green Arrow Up.svg US$ 839 million (2017)
Green Arrow Up.svg US$66,9 juta (2007)
Karyawan
5,400 (2017)
Anak
usaha
DVD.com

Millarworld[4]

LT-LA

Netflix Pte. Ltd.

Netflix Services UK Limited

Netflix Streaming Services International B.V.

Netflix Streaming Services, Inc.

Netflix Global, LLC

Netflix Services Germany GmbH

NetflixCS, Inc.

Netflix Luxembourg S.a r.l.

Netflix Studios
Situs webNetflix.com

Netflix (NASDAQ: NFLX) adalah salah satu penyedia layanan media streaming digital, berkantor pusat di Los Gatos, California. Didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hasting sand Marc Randolph di Scotts Valley, California. Bisnis utama dari perusahaan ini adalah layanan berlangganan streaming, yang mana ditawarkan secara online dengan beberapa program film dan televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri.

Model bisnis awal Netfilix adalah penjualan DVD dan rental melalui pengiriman. Satu tahun setelah berdiri, Netfilix fokus kepada penyewaan DVD dari pada penjualan DVD, sehingga bisnis usaha penjualan DVD ditinggalkan. Pada tahun 2007, Netflix memperluas bisnisnya dengan mengenalkan media streaming namun tetap mempertahankan layanan penyewaan DVD dan Blu-ray. Perusahaan ini memperluas usahanya secara internasional, dengan layanan streaming tersedia di Canada pada tahun 2010 dan terus berkembang layanan tersebut sejak saat itu. Sejak Januari 2016, layanan Netflix telah beroperasi lebih dari 190 negara, layanan ini tersedia secara bebas di Internet kecuali daratan China, Suriah, Republik Krimea, dan Indonesia ( beberapa penyedia layanan internet memblokirnya karena masalah sensor ).

Netflix memasuki industri produksi-konten pada tahun 2012, dengan debut series pertama mereka Lilyhammer. Netflix telah memperluas produksi film dan serial televisi sejak saat itu secara besar-besaran, dengan menawarkan konten "Netflix Original" melalui perpustakaan digital milik mereka baik dilayanan televisi maupun film. Netflix telah merilis lebih dari 126 "Original Series" atau film ditahun 2016, lebih dari keseluruhan jaringan kabel atau layanan chanel.

Sejak Juli 2018, Netflix memiliki lebih dari 130 juta total pelanggangan secara internasional, termasuk 57.38 juta di Amerika Serikat sendiri. Upaya mereka adalah untuk memproduksi konten baru, mengamankan hak untuk konten tambahan, dan perbedaan melalui 190 negara telah mengakibatkan perusahaan untuk mengajukan miliaran utang jangka panjang: $21.9 milyar per September 2017, naik dari $16.8 milyar dari tahun sebelumnya, meskipun hanya $ 6,5 milyar dari ini adalah hutang jangka panjang; sisanya adalah kewajiban jangka panjang.

Kantor pusat Netflix beralamat di 121 Albright Way, Los Gatos, California, Amerika Serikat. Mereka juga memiliki kantor di Belanda, Brasil, India, Jepang dan Korea Selatan

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Company Profile for Netflix Inc (NFLX)". Diakses tanggal 2008-10-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]