Breaking Bad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Breaking Bad
GenreDrama kejahatan
Cerita seru[1]
Kontemporer Barat[2][3]
Komedi hitam[4]
PembuatVince Gilligan
PemeranBryan Cranston
Anna Gunn
Aaron Paul
Dean Norris
Betsy Brandt
RJ Mitte
Bob Odenkirk
Giancarlo Esposito
Jonathan Banks
Laura Fraser
Jesse Plemons
Lagu pembuka"Tema Breaking Bad"
KomposerDave Porter
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim5
Jmlh. episode62 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifVince Gilligan
Mark Johnson
Michelle MacLaren
Produser
Lokasi produksiAlbuquerque, New Mexico
Sinematografi
  • John Toll (episode pilot)
  • Michael Slovis
Editor
  • Kelley Dixon
  • Skip MacDonald
  • Lynne Willingham
Durasi47–55 menit
Rumah produksiHigh Bridge Entertainment
Gran Via Productions
Sony Pictures Television
Rilis
Jaringan asliAMC
Format gambar16:9 HDTV
Tanggal tayang asli20 Januari 2008 (2008-01-20) –
29 September 2013 (2013-9-29)
Kronologi
Acara terkaitBetter Call Saul
Metástasis
Pranala luar
Situs web

Breaking Bad adalah serial TV Amerika bertema drama kejahatan, ditulis dan diproduksi oleh Vince Gilligan. Acara ini disiarkan AMC selama 5 musim, dari 20 Januari 2008 sampai 29 September 2013. Breaking Bad menceritakan kisah seorang guru kimia SMA bernama Walter White (Bryan Cranston) yang didiagnosa kanker paru-paru, bersama mantan muridnya Pinkman|Jesse Pinkman (Paul|Aaron Paul), terjun ke dunia kejahatan dengan memproduksi dan menjual kristal metamfetamin untuk menjamin masa depan keuangan keluarganya sebelum ia meninggal. Breaking Bad berlokasi dan difilmkan di Albuquerque, New Mexico.

Pada saat episode terakhir Breaking Bad ditayangkan, seri ini merupakan salah satu acara tv kabel yang paling banyak ditonton dalam pertelevisian Amerika. Acara ini telah mendapat banyak penghargaan, termasuk 16 Penghargaan Emmy Primetime, 8 Penghargaan Satellite, 2 Penghargaan Golden Globe, 2 Penghargaan Peabody dan 1 People's Choice Awards. Bryan Cranston, pemeran tokoh utama, empat kali memenangkan Penghargaan Emmy Primetime untuk Penampilan Tokoh Utama Terbaik dalam Serial Drama. Pada tahun 2013, Breaking Bad masuk dalam Guinness World Records sebagai acara dengan rating tertinggi sepanjang sejarah.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Breaking Bad bercerita tentang tentang seorang guru kimia SMA di Albuquerque, New Mexico, bernama Walter White (Bryan Cranston) yang miskin dan harus menambah pendapatan dengan bekerja sebagai tukang cuci mobil. Ia menikah dan memiliki satu anak. Ketika istrinya diketahui mengandung anak kedua, White tiba-tiba didiagnosa penyakit kanker paru-paru. Karena terpaksa, ia mencari uang dengan memasak dan menjual methamphetamine bersama salah seorang mantan muridnya, Jesse Pinkman. Disini (Aaron Paul).

Breaking Bad diciptakan oleh penulis serial The X-Files, Vince Gilligan. Ide ceritanya menurut saya cukup kreatif, yakni seorang pria paruh baya jenius di bidang kimia (namun karena satu dan lain hal, hanya menjadi guru SMA) yang divonis kanker paru-paru stadium lanjut, memutuskan untuk menghabiskan sisa hidupnya dengan memproduksi narkoba meth (atau yang di Indonesia dikenal dengan shabu-shabu) agar keluarganya mempunyai cukup uang untuk melangsungkan hidup tanpa dirinya. Sebenarnya ide ini serupa dengan serial yang pernah ada, yakni Weeds, dan ini diakui sendiri oleh Gilligan, yang berkata jika ia mengetahui lebih awal bahwa sudah ada serial dengan tema serupa, ia sebenarnya tidak akan melanjutkan ide Breaking Bad ini. Namun untungnya, Breaking Bad tetap berjalan. Dan memang setelah menyelesaikan keseluruhan episodenya, saya merasa serial ini memang layak menyandang pujian sebagai salah satu serial terbaik, atau bahkan yang terbaik yang pernah ada.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Poniewozik, James (June 21, 2010). "Breaking Bad: TV's Best Thriller". TIME. Diakses tanggal November 5, 2013. 
  2. ^ Nevins, Bill (March 27, 2013). "Contemporary Western: An Interview with Vince Gilligan". Local IQ. Diakses tanggal May 31, 2013. 
  3. ^ "Breaking Bad Finale: Lost Interviews With Bryan Cranston & Vince Gilligan". The Daily Beast. September 29, 2013. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama black-comedy

Pranala luar[sunting | sunting sumber]