Jesse Pinkman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jesse Pinkman
Tokoh Breaking Bad
Penampilan
perdana
Penampilan
terakhir
PenciptaVince Gilligan
PemeranAaron Paul
Informasi
Nama lengkapJesse Bruce Pinkman
Alias
  • Cap 'n Cook
  • Diesel
  • Jesse Jackson
  • Mr. Driscoll
Jenis kelaminLaki-laki
Pekerjaan
  • Peracik dan pengedar meth
  • penjual narkoba
AfiliasiKerajaan narkoba Walter White
Pihak lainnya
Rumah

Jesse Bruce Pinkman adalah tokoh fiksi dalam seri televisi drama kejahatan Amerika Serikat Breaking Bad, diperankan oleh Aaron Paul. Ia adalah orang yang memasak dan menjual crystal meth dan bekerja bersama mantan guru kimia di SMU, Walter White (diperankan oleh Bryan Cranston). Jesse adalah satu-satunya tokoh selain Walter yang selalu tampil di setiap episode. Paul mengulangi perannya dalam film sekuel spin-off tahun 2019 El Camino: A Breaking Bad Movie, berlatar setelah finale, dan kembali pada 2022 untuk musim enam dan final seri sekuel prekuel spin-off Better Call Saul, menjadi salah satu dari sekian tokoh yang tampil di seri dan film.[1]

Meskipun karakter ini akan mati pada akhir musim pertama, performa Paul meyakini showrunner dan kepala penulis Vince Gilligan untuk membuat Jesse tetap hidup. Karakter dan performa Paul mendapat pujian dari kritikus dan penggemar. Kritikus terutama memuji perkembangan penokohan Jesse dari pengedar narkoba tanpa simpati menjadi pengarah moral dalam seri karena ia merasa sangat bersalah dan menyesali perbuatan ia dan Walter White saat terlibat dalam perdagangan narkoba.[2] Untuk perannya, Paul memenangkan Primetime Emmy Award for Outstanding Supporting Actor in a Drama Series pada 2010, 2012, dan 2014, menjadi aktor pertama yang memenangkan kategori tiga kali sejak pemisahan menjadi drama dan komedi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shanfeld, Ethan (April 9, 2022). "'Better Call Saul': Bryan Cranston and Aaron Paul Will Guest Star in Final Season". Variety. Diakses tanggal April 9, 2022. 
  2. ^ Schultz, Robert Downs (August 21, 2013). "It's All About the Weight, Yo: A Meditation on Jesse Pinkman's Long Road Down". PopMatters. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 23, 2013. Diakses tanggal August 23, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]