Prekuel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Prekuel dalam karya sastra, drama dan film adalah sebuah karya yang ceritanya berlatar sebelum karya sebelumnya,[1][2] yang berfokus pada kejadian yang terjadi sebelum kisah aslinya.[3] Sebuah prekuel adalah karya yanng membentuk bagian dari asal mula karya sebelumnya.

Semua prekuel menurut definisinya sebenarnya merupakan sekuel karena dikembangkan dari karya sebelumnya atau yang sudah ada.[4] Istilah ini adalah neologisme abad ke-20 yang mana merupakan dari penggabungan dari prefiks "pre-" (dari Bahasa Latin prae, "sebelum") and "sekuel".[1][2]

Sama seperti sekuel, prekuel tidaklah harus memiliki alur dari karya di mana dia diturunkan. Seringkali prekuel menjelaskan latar belakang yang menuntun kepada peristiwa-peristiwa yang ada di kisah aslinya, namun biasanya hubungannya tidak dijelaskan secara eksplisit. Terkadang, prekuel menggunakan fakta yang penonton sudah tahu apa yang akan terjadi dengan sengaja menggunakan referensi-referensi untuk membuat ironi dramatik.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Merriam-Webster's Collegiate Dictionary (10th ed.). Springfield, Massachusetts: Merriam-Webster. 1993. pp. 921, 915, 1068, 246. 
  2. ^ a b "prequel, n.". Oxford English Dictionary (online) (3rd ed.). Oxford University Press. March 2012 [March 2007]. Diakses tanggal 19 April 2012. 
  3. ^ Silverblatt, Art (2007). Genre Studies in Mass Media: A Handbook. M. E. Sharpe. p. 211. ISBN 9780765616708. Prequels focus on the action that took place before the original narrative. For instance, in Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith the audience learns about how Darth Vader originally became a villain. A prequel assumes that the audience is familiar with the original—the audience must rework the narrative so that they can understand how the prequel leads up to the beginning of the original. 
  4. ^ merriam-Webster Dictionary, Entry for sequel