Bahasa Arab Baku Modern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Arab Baku Modern
Bahasa Arab Standar Modern
العربية الفصحى, عربي فصيح
al-ʻArabīyah al-Fuṣḥā, ʻArabī Faṣīḥ[note 1]
Arabic albayancalligraphy.svg
al-ʻArabīyah ditulis dalam Abjad Arab
Pelafalan/al ʕaraˈbijja lˈfusˤħaː/, lihat variasi[note 2]
WilayahTerutama di Liga Arab, di Timur Tengah dan Afrika Utara; dan di Tanduk Afrika;
bahasa liturgis Islam
Penutur bahasa
Tidak ada[1]
(hanya sebagai bahasa kedua)[note 3]
Afroasiatik
Bentuk awal
Arab Kuno
Abjad Arab
Status resmi
Bahasa resmi di
27 negara[2]
Diatur oleh
Kode bahasa
ISO 639-3arb
LINGUIST List
arb-mod
Glottologstan1318[3]
{{{mapalt}}}
Persebaran bahasa Arab baku modern sebagai bahasa resmi di dunia Arab.
Satu-satunya bahasa resmi (hijau); salah satu dari bahasa resmi (biru).
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Arab Baku Modern (MSA), atau Bahasa Arab Tulisan Modern (disingkat menjadi MWA),[4] ialah istilah yang sebagian besar digunakan oleh ahli bahasa Barat[5] untuk merujuk pada varietas baku, sastra Bahasa Arab yang berkembang di Dunia Arab pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Meskipun bahasa ini digunakan dalam buku, surat kabar, dan aturan akademik, bahasa Arab baku modern umumnya tidak dituturkan sebagai bahasa ibu, seperti Bahasa Latin Klasik atau bahasa Prancis Soutenu.[5] Bahasa Arab baku modern ialah bahasa baku plurisentris yang diajarkan di seluruh dunia Arab dalam pendidikan formal. Bahasa ini berbeda secara signifikan dari banyak varietas bahasa Arab vernakular yang umumnya dituturkan sebagai bahasa ibu di kawasan tersebut dan hanya dapat dimengerti sebagian dengan bahasa Arab baku modern dan dengan satu sama lain tergantung pada kedekatan mereka dalam kesinambungan dialek Bahasa Arab.

Bahasa Arab baku modern berbeda dari bahasa yang oleh ahli bahasa Barat disebut sebagai Bahasa Arab Klasik (CA; اللغة العربية الفصحى التراثية al-Lughah al-ʻArabīyah al-Fuṣḥā al-Turāthīyah)—varietas bahasa Arab baku dalam Alquran dan sastra Islam awal (abad ke-7 hingga 9)—yang paling nyata ialah kata-kata buatan dari akar bahasa Arab (seperti سيارة mobil atau باخرة kapal uap) atau kata adaptasi dari bahasa Eropa (seperti ورشة lokakarya atau إنترنت Internet) untuk menggambarkan kehidupan industri dan pascaindustri.

Penutur asli bahasa Arab umumnya tidak membedakan antara "bahasa Arab baku modern" dan "bahasa Arab klasik" sebagai bahasa yang terpisah; mereka menyebut keduanya sebagai al-ʻArabīyah al-Fuṣḥā (العربية الفصحى)[6] yang berarti "bahasa Arab asli". Mereka menganggap kedua bentuk tersebut menjadi laras bahasa dari satu bahasa. Ketika perbedaan dibuat, bahasa ini masing-masing disebut sebagai فصحى العصر Fuṣḥā al-ʻAṣr (Bahasa Arab baku modern) dan فصحى التراث Fuṣḥā al-Turāth (Bahasa Arab Klasik).[6]

Bahasa Arab Klasik[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ejaan untuk huruf terakhir yāʼ berbeda di Mesir, Sudan, dan kadang-kadang di daerah lain seperti Yaman. Itu digunakan tanpa titik ى, karenanya عربى فصيح.
  2. ^ Pelafalan bervariasi di setiap wilayah. Berikut contohnya:
  3. ^ Bahasa Arab baku modern tidak umum diajarkan sebagai bahasa asli di Dunia berbahasa Arab. Sebagai penutur berbagai dialek bahasa Arab akan pertama-tama belajar bertutur dengan dialek setempat masing-masing. Bahasa Arab baku modern ialah bentuk standar bahasa Arab yang paling umum diajarkan di pendidikan dasar di seluruh Dunia Arab.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bahasa Arab Baku Modern di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Wright, 2001, p. 492.
  3. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Standard Arabic". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  4. ^ Gully, Adrian; Carter, Mike; Badawi, Elsaid (July 29, 2015). Modern Written Arabic: A Comprehensive Grammar (edisi ke-2). Routledge. hlm. 2. ISBN 978-0415667494. 
  5. ^ a b Kamusella, Tomasz (2017). "The Arabic Language: A Latin of Modernity?" (PDF). Journal of Nationalism, Memory & Language Politics. 11 (2). 
  6. ^ a b Alaa Elgibali and El-Said M. Badawi. Understanding Arabic: Essays in Contemporary Arabic Linguistics in Honor of El-Said M. Badawi, 1996. Page 105.

Daftar pustaka

  • Holes, Clive (2004) Modern Arabic: Structures, Functions, and Varieties Georgetown University Press. ISBN 1-58901-022-1

Pranala luar[sunting | sunting sumber]