Tanzania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Republik Persatuan Tanzania
Jamhuri ya Muungano wa Tanzania
Bendera
MottoUhuru na Umoja
(Swahili: "Kemerdekaan dan Persatuan")
Lagu kebangsaanMungu ibariki Afrika
Ibu kota Dodoma

capitals_coordinates =

Kota terbesar Dar es Salaam
Bahasa resmi Swahili, Inggris
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Jakaya Mrisho Kikwete
 -  Perdana Menteri Mizengo Pinda
Kemerdekaan Dari Britania Raya
 -  Tanganyika
Zanzibar
Bersatu
9 Desember 1961
19 Desember 1963
26 April 1964 
Luas
 -  Total 945,203 km2 (31)
 -  Perairan (%) 6,2
Penduduk
 -  Sensus 2012 44,928,923[1] 
 -  Kepadatan 47,5/km2 
PDB (KKB) Perkiraan 2012
 -  Total US$73.859 miliar[2] (81)
 -  Per kapita US$1,566[2]a 
Mata uang Shilling Tanzania (TZS)
Zona waktu (UTC+3)
 -  Musim panas (DST)  (UTC+3)
Ranah Internet .tz
Kode telepon 255b
a. Berdasarkan perkiraan populasi tahun 2006 untuk tahun 2012, dengan angka 47,1 juta tidak seperti hasil sensus 2012 sebesar 44,9 juta.
b. +007 dari Kenya dan Uganda.

Persatuan Republik Tanzania atau Tanzania (bahasa Swahili: Jamhuri ya Muungano wa Tanzania) adalah negara cantik yang terletak di Afrika bagian Timur, beriklim tropis, dahulu dikenal dengan nama Tanganyika, karena di Tanzania ada sebuah danau yang sangat terkenal yaitu Danau Tangayika. Berbatasan dengan banyak negara, antara lain: Kenya, Uganda, Rwanda, Burundi, Democrsatic Republic of Congo, Zambia, Malawi, dan Mozambique. Tanzania mempunyai sebuah gunung tertinggi di Afrika, yaitu Gunung Kilimanjaro (5.985 m) serta taman margasatwa yang sangat elok dan banyak dikunjungi oleh turis, baik domestik maupun mancanegara. Ada 3 (tiga) pulau besar di Tanzania, yaitu Zanzibar (terkenal dengan cengkeh dan pemimpin serta ulama Islamnya), pulau Pemba dan pulau Mafia

Luas wilayah Tanzania adalah 945.087 km2, dengan penduduk berjumlah sekitar 35.922.454 orang, 95% berasal dari penduduk asli Afrika (ras Bantu) terbagi dalam 130 suku. Angka pertumbuhan penduduk rata-rata 1,72% per-tahun, angka kelahiran 39,5 per-seribu dan angka kematian 17,38. Jumlah penganut Islam 35%, Kristen 30%, Animisme 35%, sedangkan pulau Zanzibar mempunyai penganut Islam terbesar, yaitu sekitrar 95% dari total penduduknya.

Bahasa nasional mereka adalah Kiswahili atau Swahili, bahasa ibu ras Bantu yang perbendaharaan bahasanya banyak berasal dari bahasa Arab. Bahasa Swahili semula adalah bahasa komunitas muslim di Afrika Timur, yang akhirnya banyak dipergunakan oleh negara-negara Afrika bagian tengah dan timur. Sedangkan bahasa Inggris banyak dipergunakan di lingkungan perekonomian, administrasi dan pendidikan tinggi, sedangkan bahasa Arab banyak dipergunakan di pulau Zanzibar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanzania mungkin salah satu tempat berpenduduk tertua di dunia yang diketahui.

Konsensus ilmiah pendapat tempat asal usul manusia di Great Rift Valley, yang mendominasi pemandangan banyak Afrika Timur. Tanzania Utara Olduvai Gorge telah memberikan bukti kaya prasejarah daerah, termasuk fosil sisa-sisa beberapa nenek moyang umat manusia awal.

besar keanekaragaman Interior Tanzania budaya dan bahasa adalah karena berbagai sejarah migrasi dari tempat lain di wilayah ini. Dalam beberapa kasus, kelompok migran terpisah, yang menyebabkan perkembangan budaya yang berbeda. Dalam kasus lain, berbagai kelompok bergabung, menciptakan identitas budaya baru dan bahasa. Kebanyakan Tanzania menyadari asal usul budaya dan sejarah tradisional masyarakat etnis dengan yang mereka mengidentifikasi. Bangsa interior diperdagangkan dengan masyarakat pesisir, yang pada gilirannya diperdagangkan dengan semua negara-negara yang berbatasan dengan Samudera Hindia. pola berdiri panjang organisasi politik, produksi ekonomi, dan perdagangan terganggu akibat meningkatnya kekerasan dari budak Arab yang dipimpin dan perdagangan gading pada abad 18 dan 19. Bagamoyo di pantai dan kota Zanzibar adalah pelabuhan utama yang melayani pasar budak untuk tenaga kerja budak sebagian besar di dunia Arab. Kedua masyarakat tersebut, sudah sangat tertekan oleh kekerasan dari perdagangan budak, berada di bawah tekanan lebih lanjut setelah penjelajah Eropa (kebanyakan militer, beberapa misionaris) membuka jalan untuk penaklukan Eropa (pertama oleh perusahaan Eropa semi-swasta, kemudian oleh negara-negara Eropa) dari pertengahan abad ke-19 ke awal abad 20.

Pesisir dan pulau Tanzania diorganisir menjadi negara-kota sekitar 1.500 tahun yang lalu. Kota Swahili-negara diperdagangkan dengan bangsa interior dan masyarakat dari Samudera Hindia dan di luar (termasuk China). Banyak pedagang dari negara-negara mitra dagang (terutama dari daratan Afrika, dunia Arab, Persia dan India) yang didirikan sendiri di komunitas-komunitas pesisir dan kepulauan, yang menjadi kosmopolitan dalam rasa. Navigator Portugis Vasco da Gama menjelajahi pantai Afrika Timur tahun 1498 dalam perjalanan ke India. Pada 1506, Portugis diklaim atas seluruh pantai. Kontrol ini adalah nominal Namun, karena Portugis tidak menyelesaikan daerah tersebut (kecuali untuk beberapa benteng) atau menjelajahi interior. Sebaliknya, mereka keras menegakkan monopoli perdagangan Samudra Hindia, menyangkal kota-negara Swahili sarana utama kehidupan mereka. Portugis juga menuntut upeti, membombardir dan penjarahan masyarakat yang menolak membayar uang perlindungan. Masyarakat pesisir bangkit melawan Portugis di akhir 1700-an. Resistensi itu dibantu oleh salah satu mitra dagang utama mereka, orang-orang Arab Oman. Pada awal abad ke-19 Portugis dipaksa keluar dari pantai utara Afrika Timur Sungai Ruvuma dan Oman pindah masuk

Berbasis di Zanzibar, Kesultanan Oman dipelihara perdagangan dekat dan hubungan diplomatik dengan kekuatan perdagangan utama, termasuk Amerika Serikat pada 1837. Mereka juga memelihara hubungan erat dengan beberapa negara bagian di interior dengan siapa mereka merupakan mitra dalam perdagangan gading dan budak. eksplorasi Eropa interior dimulai segera setelah Oman telah konsolidasi kendali mereka dari pantai dan Zanzibar. Dua misionaris Jerman mencapai Mt. Kilimanjaro pada tahun 1840-an. penjelajah Inggris Richard Burton dan John Speke interior menyeberang ke Danau Tanganyika pada tahun 1857, dengan Speke pergi ke Danau Victoria. David Livingstone, misionaris Skotlandia-penjelajah yang crusaded melawan perdagangan budak, mendirikan misi terakhir di Ujiji, di mana ia "ditemukan" oleh Henry Morton Stanley, seorang wartawan penjelajah-Amerika, yang telah ditugaskan oleh New York Herald untuk menemukan dia.

Kesultanan Oman, yang telah banyak terlibat dalam menjual budak Afrika terutama untuk dunia Arab, melarang perdagangan budak pada tahun 1876. pengaruh Inggris terhadap Kesultanan terus meningkat pada tahun 1880-an sampai Zanzibar resmi menjadi Protektorat Inggris pada tahun 1890.

kepentingan kolonial Jerman pertama kali maju pada tahun 1884. Karl Peters, yang membentuk Masyarakat Kolonisasi Jerman, menyimpulkan serangkaian perjanjian yang meragukan validitas dengan "pemimpin" berdiri dipertanyakan mengaku menerima Jerman "perlindungan" bagi negara-negara mereka pedalaman Afrika. pemerintah Pangeran Otto von Bismarck didukung Peters dalam pendirian berikutnya dari Jerman Timur Afrika Company. Pada tahun 1886 dan 1890, perjanjian Anglo-Jerman telah dinegosiasikan yang digambarkan dengan bola Inggris dan Jerman pengaruh di pedalaman Afrika Timur dan di sepanjang jalur pantai sebelumnya diklaim oleh sultan Oman dari Zanzibar. Pada tahun 1891, Pemerintah Jerman langsung mengambil alih administrasi wilayah dari Afrika Jerman Timur Perusahaan dan menunjuk seorang gubernur dengan markas di Dar es Salaam.

Jerman aturan, yang menampilkan "pajak pondok" dan tenaga kerja wajib militer untuk mendanai administrasi dan infrastruktur yang pemukim Jerman manfaat pada kerugian besar masyarakat Afrika, memprovokasi resistensi Afrika. Pemberontakan Maji Maji dari 1905-1907 bersatu rakyat Dataran Tinggi Selatan dalam perjuangan untuk mengusir pemerintahan Jerman. Militer Jerman menewaskan 120.000 Afrika dalam menekan pemberontakan.

dominasi kolonial Jerman Tanganyika berakhir setelah Perang Dunia I ketika menguasai sebagian besar wilayah dilewatkan ke Britania Raya di bawah mandat Liga Bangsa-Bangsa. Setelah Perang Dunia II, Tanganyika menjadi wilayah PBB kepercayaan di bawah kontrol Inggris. tahun berikutnya menyaksikan Tanganyika bergerak secara bertahap menuju pemerintahan sendiri dan kemerdekaan.

Pada tahun 1954, Julius K. Nyerere, seorang guru sekolah yang kemudian salah satu dari hanya dua Tanganyikans dididik di luar negeri di tingkat universitas (University of Edinburgh, Skotlandia), menyelenggarakan partai politik - yang Tanganyika African National Union (Tanu). Tanu kandidat menang dalam pemilihan Dewan Legislatif September 1958 dan Februari 1959. Pada bulan Desember 1959, Inggris setuju untuk pembentukan internal pemerintah sendiri berikut pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 1960. Nyerere bernama menteri kepala pemerintahan berikutnya.

Pada bulan Mei 1961, Tanganyika menjadi otonom, dan Nyerere menjadi Perdana Menteri di bawah konstitusi baru. kemerdekaan penuh dicapai pada tanggal 9 Desember 1961. Julius Nyerere, kemudian umur 39, terpilih menjadi Presiden saat Tanganyika menjadi republik dalam Persemakmuran setahun setelah kemerdekaan. Tanganyika adalah negara Afrika Timur pertama untuk mendapatkan kemerdekaan.

Kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Tanganyika merdeka pada 9 Desember, 1961 dan Zanzibar pada 10 Desember, 1963. Pada tanggal 26 April 1964, dua negara bergabung ke dalam Republik Serikat Tanganyika dan Zanzibar. Nama itu diubah ke Tanzania enam bulan kemudian.

Invasi oleh pasukan Uganda di November 1978 ini diikuti oleh balasan pada Januari 1979, di mana 5.000 tentara Tanzania bergabung dengan 3.000 orang buangan menentang Presiden Uganda Idi Amin. Dalam sebulan, perang skala penuh dikembangkan. Presiden Tanzania Julius Nyerere disimpan pasukan di Uganda untuk mendukung mantan presiden Uganda Milton Obote, meski protes dari kelompok oposisi, sampai pemilihan nasional pada Desember 1980.

Pada November 1985, Nyerere mengundurkan diri sebagai presiden. Ali Hassan Mwinyi, wakil presidennya, menggantikan dia. Menjalankan dilawan, Mwinyi terpilih sebagai presiden pada bulan Oktober. Tak lama kemudian rencana diumumkan untuk mempelajari manfaat melembagakan demokrasi multipartai, dan pada Oktober 1995 pemilu pertama di negara multipartai sejak kemerdekaan terjadi.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Tanzania termasuk dalam kategori negara termiskin di dunia. Perekonomian mereka sangat tergantung pada sektor pertanian, yang menyumbang separuh GDP, menyumbang 85% angka export serta menyerap 80% tenaga kerja. Angka pertumbuhan ekonomi rata-rata 6,1%, dengan inflasi rata-rata 4,8%. Pendapatan per-kapita US $ 600,-. Angkatan kerja diserap oleh sektor pertanian sebesar 80%, industri dan jasa 20%. Hasil tambang mereka adalah emas dan berlian, sedangkan hasil pertaniannya adalah kopi, teh, kapas, cengkeh, tembakau, tapioca, buah-buahan, biri-biri dan domba.

Ekspor terutama ke India, Jepang, Belanda, Inggris, Belgia, Kenya dan Jerman berasal dari komoditi emas, kopi kapas, dan manufaktur senilai 863 juta dolar Amerika. Sedangkan import mereka senilai 1,67 milyar dolar Amerika berasal dari Afrika Selatan, Cina, Kenya, India, Inggris, Jepang, Amerika Serikat dan Australia. Komoditi yang diimport adalah mesin dan alat transportasi serta minyak. Indonesia sama sekali belum menjadi patner export maupun importnya. Mata uang Tanzania adalah Tanzanian Shilling ((TZS), US $ 1, = 876,41 TZS.

Setelah kemerdekaan, Tanzania mengadopsi kebijakan ekonomi sosialis, mengakibatkan penurunan ekonomi yang parah. Negara menguasai ekonomi dan dimiliki semua perusahaan besar. Kebijakan nilai tukar dan harga berdasarkan mekanisme non-pasar, membuat ekspor rendah dan pertumbuhan PDB riil, inflasi tinggi, dan kekurangan luas. Produksi pertanian, andalan ekonomi, terus menurun.

Pada tahun 1986, Tanzania mulai liberalisasi ekonomi dan melakukan reformasi ekonomi parsial yang berorientasi pasar. Meskipun pemerintah liberalisasi sistem pemasaran pertanian dan harga domestik dan reformasi sistem dimulai keuangan, pertumbuhan ekonomi sangat lambat antara tahun 1986 dan 1995.

Sejak tahun 1996, Tanzania telah mengambil langkah-langkah agresif terhadap stabilisasi makroekonomi dan reformasi struktural. Munculnya Departemen Keuangan yang kuat, yang didukung oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan mitra pembangunan lainnya, berperan dalam mempercepat reformasi fiskal dan membina perputaran kinerja fiskal. Secara keseluruhan, pertumbuhan PDB riil rata-rata sekitar 6% per tahun selama 7 tahun terakhir, yang lebih tinggi dari pertumbuhan rata-rata tahunan kurang dari 5% pada akhir 1990-an. pembayaran jasa Jumlah hutang untuk tahun 2010 adalah $ 85 juta. terbaru Utang IMF Keberlanjutan Analisis menunjukkan bahwa bantuan utang bawah Berat Indebted Poor Countries (HIPC) Initiative dikombinasikan dengan kebijakan makroekonomi yang sehat menempatkannya berisiko rendah kesulitan utang. layanan masyarakat utang luar negeri adalah sekitar 1% dari PDB pada tahun 2009 dan diharapkan tetap demikian untuk tahun 2010 dan 2011.

Namun, pertumbuhan ekonomi belum diterjemahkan secara signifikan memperbaiki kehidupan Tanzania rata-rata. Perekonomian masih sangat bergantung donor, 30% dari anggaran tergantung pada bantuan donor. Krisis keuangan global berdampak signifikan terhadap industri pariwisata, salah satu penerima atas Tanzania valuta asing, namun, Tanzania mampu mempertahankan pertumbuhan yang relatif kuat pada tahun 2010. harga pangan Lanjutan tinggi karena lonjakan pada tahun 2008 telah memberi kontribusi kenaikan inflasi menjadi lebih dari 10%, peningkatan yang substansial dari inflasi yang moderat lebih awal dekade.

Pertanian merupakan sektor yang paling penting dari perekonomian, menyediakan sekitar 27% dari PDB dan 80% dari pekerjaan. Kas tanaman - termasuk kopi, teh, kapas, kacang mete, sisal, cengkeh, dan pyrethrum - rekening untuk sebagian besar pendapatan ekspor. Sedangkan volume tanaman utama - baik tunai dan barang dipasarkan melalui jalur resmi - meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah besar menghasilkan tidak pernah mencapai pasar. harga Miskin dan arus kas tidak dapat diandalkan untuk petani terus menggagalkan pertumbuhan sektor pertanian.

Akuntansi sekitar 22,6% dari PDB, sektor industri Tanzania adalah salah satu yang terkecil di Afrika. Kegiatan industri utama hanya didominasi oleh usaha kecil dan menengah (UKM) yang mengkhususkan diri dalam pengolahan makanan termasuk produk-produk susu, pengepakan daging, buah-buahan melestarikan dan sayuran, produksi tekstil dan pakaian jadi, penyamakan kulit, dan plastik. Sebuah pabrik yang lebih besar sedikit memproduksi semen, baja gulungan, seng, lembaran aluminium, rokok, minuman bir dan pembotolan, jus buah, dan air mineral. pabrik-pabrik lain memproduksi bahan baku, substitusi impor, dan produk pertanian olahan. air yang buruk dan sistem infrastruktur ketenagalistrikan terus menghambat manufaktur. Secara umum, sektor manufaktur Tanzania terutama target pasar domestik dengan ekspor barang-barang manufaktur terbatas. Sebagian besar industri ini terkonsentrasi di Dar es Salaam.

Umumnya, Tanzania memiliki sikap yang baik terhadap investasi langsung asing (FDI) dan telah melakukan upaya untuk mendorong investasi asing. Langkah pemerintah untuk memperbaiki iklim usaha termasuk menggambar ulang kode pajak, nilai tukar mengambang, lisensi bank asing, dan menciptakan sebuah pusat promosi investasi untuk memotong pita merah. Namun, Tanzania masih harus mengatasi warisan sosialisme. Keluhan paling umum dari investor, asing dan domestik, adalah birokrasi bermusuhan dan sistem peradilan yang lemah.

ekonomi Zanzibar adalah terutama didasarkan pada produksi cengkeh (90% tumbuh di pulau Pemba), penghasil uang utama asing. Ekspor telah menderita dengan penurunan di pasar cengkeh. Pariwisata merupakan sektor yang menjanjikan dengan sejumlah hotel baru dan resor yang telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir. Kekurangan listrik berkepanjangan dari Desember 2009 sampai Maret 2010 menyampaikan pukulan bagi ekonomi Zanzibar's, sangat mempengaruhi pariwisata dan menyebabkan peningkatan pesat harga komoditas.

sektor manufaktur Pulau terbatas terutama untuk industri substitusi impor, seperti rokok, sepatu, dan olahan produk pertanian. Pada tahun 1992, pemerintah ditunjuk dua zona ekspor-memproduksi dan mendorong pengembangan layanan keuangan lepas pantai. Zanzibar masih mengimpor banyak kebutuhan pokok, produk minyak bumi, dan barang diproduksi.

Sejarah Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Semula Tanzania bernama United Republic of Tanganyika and Zanibar, namun pada tanggal 26 April 1964 berubah menjadi United Republic of Tanzania, dengan ibukotanya yang sangat terkenal Dar-es-Salam.

Sebagaimana negara-negara terbelakang atau negara berkembang lainnya, baik di Asia atau Afrika, sebagian besar adalah bekas jajahan negara Eropa. Demikian juga Tanzania, kemerdekaan yang diperoleh dari negara penjajah pun sangat berliku.

Semula Tanzania bernama Tanganyika, dan sebelum Inggris mendudukinya, Jerman telah mendahuluinya pada perang Dunia I. Isu kemerdekaan mulai ditiupkan oleh Mwalimu Julius Kambarage Nyerere, seorang Katholik dan seorang guru, bersama Abdulwahid Sykes , Sekretaris Jamiatul Islamiyya fi Tanganyika mendirikan Tangayika African National Union (TANU) pada tahun 1954. Pada tahun 1958 dan 1960, diadakan pemilihan umum, dan TANU memperoleh kemenangan yang sangat gemilang. Akhirnya pada tanggal 9 Desember 1961, Tanganyika memperoleh kemerdekaan dari Inggris, dan Zanzibar pada tanggal 19 Desember 1963.

Tanganyika dan Zanzibar menggabungkan diri menjadi United Republik of Tanganyika and Zanzibar pada tanggal 26 April 1964, dan pada tanggal 29 Oktober 1964 diubah menjadi United Repulic of Tanzania. Mwalimu Yulius K. Nyerere ditunjuk sebagai Presiden pertama, dan Wakil Presiden dijabat oleh Abedi Amani Karume dari Afr0-Shirazy Party, sekaligus sebagai Presiden Zanzibar. Pada tahun 1971, Abedi Amani Karume digantikan oleh Aboud Jumbe.

Pada tahun 1977, dua partai penguasa yaitu TANU dan Afro Shirazy Party bergabung menjadi sebuah partai baru yaitu Chama Cha Mapinduzi (CCM). Pada tahun 1984, Jumbe mengundurkan diri, dan posisinya digantikan oleh Ali Hassan Mwinyi.

Pada tahun 1985, Yulius K. Nyerere mengundurkan diri sebagai Kepala Pemerintahan Tanzania, dan kedudukannya digantikan oleh Ali Hassan Mwinyi, sedangkan Wakil Presiden dijabat oleh Idriss Abdul Wakil, sekaligus merangkap sebagai Presiden Zanzibar. Pada tahun 1990, Abdul Wakil digantikan oleh Salmin Amour.

Pada tahun 1992, Ali Hassan Mwinyi membuat sejarah baru dengan membuka kran demokrasi di Tanzania, sehingga terbentuklah 13 parpol baru di negara tersebut. Ali Hassan Mwinyi pada tahun 1995 mengundurkan diri, dan akhirnya pada tanggall 23 Nopember 1995, Benjamin William MKAPA dari CCM terpilih sebagai Presiden United Republik of Tanzania dan terpilih kembali pada tanggal 20 Oktober 2000. Pada tanggal 5 Juli 2001, Dr. Ali Mohammed SHEIN terpilih sebagai Wakil Presiden.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Population Distribution by Administrative Units, United Republic of Tanzania, 2013, page 1
  2. ^ a b "Tanzania". International Monetary Fund. Diakses 2013-04-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]