Ekonomi pasar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ekonomi pasar adalah sebuah sistem ekonomi dimana keputusan terkait investasi, produksi, dan distribusi berbasis pada permainan antar suplai dan tuntutan,[1] yang menentukan harga-harga barang dan jasa.[2] Karakteristik utama dari ekonomi pasar adalah bahwa keputusan investasi, atau alokasi barang produsen, utamanya dibuat melalui pasar kapital dan finansial.[3] Hal ini berseberangan dengan ekonomi terencana, dimana keputusan investasi dan produksi ditubuhkan dalam sebuah rencana terintegrasi dari produksi yang didirikan oleh sebuah negara atau badan organisasional lainnya yang mengendalikan faktor produksi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gregory and Stuart, Paul and Robert (2004). Comparing Economic Systems in the Twenty-First Century, Seventh Edition. George Hoffman. p. 538. ISBN 0-618-26181-8. Market Economy: Economy in which fundamentals of supply and demand provide signals regarding resource utilization. 
  2. ^ Altvater, E. (1993). The Future of the Market: An Essay on the Regulation of Money and Nature After the Collapse of "Actually Existing Socialism. Verso. p. 57. 
  3. ^ Paul M. Johnson (2005). "A Glossary of Political Economy Terms, Market economy". Auburn University. Diakses tanggal 28 December 2012.