Melilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Melilla
Mřič  (Tarifit)
Pemandangan udara
Pemandangan udara
Melilla di Spanyol
Melilla
Melilla
Lokasi Melilla
Koordinat: 35°18′N 2°57′W / 35.300°N 2.950°W / 35.300; -2.950Koordinat: 35°18′N 2°57′W / 35.300°N 2.950°W / 35.300; -2.950
NegaraSpanyol
Pemerintahan
 • Mayor PresidenEduardo de Castro (Ind.)
Luas
 • Total12,3 km2 (47 sq mi)
Peringkatke-19
Populasi
 (2018)[1]
 • Total86.384
 • Peringkatke-19
 • Kepadatan700/km2 (1,800/sq mi)
 • % dari Spanyol
0,16%
DemonimMelillan
melillense (es)
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Kode ISO 3166
ES-ML
Bahasa resmiSpanyol
Statuta Otonomi14 Maret 1995
ParlemenMajelis Melilla
Kongres1 deputi (dari 350)
Senat2 senator (dari 264)
Situs webwww.melilla.es
Peta

Melilla (US /məˈljə/ mə-LEE-yə, UK /mɛˈ-/ MEH--;[2][3] bahasa Spanyol: [meˈliʎa]; Arab: مليلية [maˈliːlja]) adalah sebuah kota otonomi Spanyol yang terletak di pesisir Maroko bagian timur, Afrika Utara. Bernaung di bawah provinsi Malaga sebelum diberikan Status Otonomi, Melilla dahulunya merupakan pelabuhan bebas sebelum Spanyol bergabung dengan Uni Eropa; industri utamanya ialah perikanan. Sumber penghasilan lainnya berupa perdagangan lintas-batas (legal maupun gelap) dan bantuan dari Spanyol dan Eropa. Pada 1994, populasinya berjumlah 63.670 jiwa yang mayoritas memeluk agama Katolik diikuti oleh kelompok minoritas seperti Yahudi, Hindu dan Islam.

Sejak kemerdekaannya dari Prancis dan Spanyol, Maroko mengklaim Melilla, Ceuta, Kepulauan Canary dan beberapa pulau kecil milik Spanyol di dekat daratan Afrika (Plaza de soberania) sebagai wilayahnya. Klaim itu berdasar dari perbandingan serupa mengenai tuntutan Spanyol atas wilayah Gibraltar. Namun, pemerintah Spanyol menolak perbandingan tersebut (penduduk wilayah yang diklaim turut menolak) dengan alasan Ceuta dan Melilla adalah bagian dari negara Spanyol yang utuh, sedangkan Gibraltar, sebuah wilayah luar negeri Britania, tidak akan pernah menjadi bagian Britania Raya.

Banyak pengungsi asal Afrika yang mencoba masuk ke wilayah Melilla, bagian dari Uni Eropa. Pagar perbatasan Melilla, berupa dua pagar setinggi 3 m dilengkapi dengan menara pengintai, melindungi perbatasan tersebut. Tetapi beberapa pengungsi sering kali berhasil melewatinya secara ilegal sehingga dapat menghindar dari langkah polisi Spanyol yang akan mendeportasi mereka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Melilla pertama kali dikuasai oleh Kerajaan Fenisia sebelum menjadi bagian dari Punic di bawah nama Rusadir. Kemudian ia menjadi bagian dari provinsi Mauretania Tingitana milik Romawi. Kerajaan Vandal, Byzantine Visigothic dan Umayyah Islam turut menguasai Melilla selanjutnya. Melilla berada di garis perbatasan Kerajaan Tlemcen dan Fes ketika adipati Medina Sidonia menaklukannya tahun pada 1497, beberapa tahun setelah Spanyol menguasai kerajaan Al-Andalus milik suku Moor yang terakhir.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ . Instituto Nacional de Estadística.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ "Melilla"[pranala nonaktif permanen] (US) and "Melilla". Oxford Dictionaries UK Dictionary. Oxford University Press. Diakses tanggal 19 May 2019. 
  3. ^ "Melilla". Merriam-Webster Dictionary. Diakses tanggal 19 May 2019.