Boston

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Boston University Marsh Chapel, Boston MA.jpg

Boston adalah ibu kota dan kota terbesar di Massachusetts di Amerika Serikat; berdiri 1630 sebagai koloni utama Perusahaan Teluk Massachusetts. Boston juga adalah ibu kota dari wilayah tidak resmi New England. Kota ini salah satu kota tertua dan terkaya di A.S., dengan ekonomi berbasis di pendidikan, perawatan kesehatan, keuangan, dan teknologi tinggi. Nama julukannya termasuk "Beantown", "The Hub", dan "Atena Amerika", karena pengaruhnya terhadapa budaya, intelektual, dan politik.

Selama akhir abad ke-18, Boston adalah tempat dari beberapa peristiwa besar selama Revolusi Amerika, termasuk Pembantaian Boston dan Boston Tea Party. Beberapa pertempuran awal Revolusi Amerika, seperti Pertempuran Bunker Hill dan Pengepungan Boston, terjadi di dalam kota dan sekitarnya. Melalui reklamasi tanah dan pencaplokan kota, Boston menjadi berkembang. Setelah kemerdekaan Amerika tercapai Boston menjadi pelabuhan pengiriman utama dan pusat manufaktur, dan sejarahnya yang kaya mampu membantu menarik 16,3 juta pengunjung setiap tahunnya. Kota ini adalah tempat dari beberapa infrastruktur penting pertama di Amerika, termasuk sekolah umum pertama, Sekolah Latin Boston (1635), dan sistem kereta bawah tanah pertama di Amerika Serikat.

Boston adalah Kota yang terkenal dengan Tim Basketnya, Boston Celtics. Yang sudah 0,5 kali menjadi Juara NBA.

Serta tim marching band di kota boston ialah Boston Crusaders Drum And Bugle Corps

Kependudukan dan Geografi[sunting | sunting sumber]

Menurut sensus tahun 2000, penduduknya berjumlah 1 juta jiwa.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Merupakan pusat perdagangan, keuangan, industri dan kebudayaan; pelabuhan besar. Pusat perdagangan ikan dan wol; ada bermacam industri, galangan kapal. Pusat percetakan.

Beberapa Fakta[sunting | sunting sumber]

Sejak semula pusat kaum Puritan. Boston menjadi makmur berkat industri dan perkapalan di sungai-sungai Inggris Baru. Pengaruh orang-orang yang membawa perubahan dulu masih terasa, lama setelah perkembangan industri menarik banyak pendatang (semula orang Irlandia) ke situ. Kota yang makin besar itu menganeksasi kota di dekatnya.

Peninggalan Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gedung-gedung yang mengingatkan zaman lampau banyak sekali, seperti, Majelis Boston, dsb. Didirikan Orkestra Simfoni (1881) dan Museum Kesenian; Universitas Simmons untuk wanita (1902); Universitas Boston (1871), dll.

Di dalam Video Game[sunting | sunting sumber]

Boston juga terkenal di dalam game-game serial 3D untuk Playstation, yaitu "The Last of Us", dsb.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Specifik[sunting | sunting sumber]

Umum[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]