Cisco Systems

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cisco Systems, Inc.
Publik
Simbol saham
IndustriPerangkat keras jaringan
Perangkat lunak jaringan
Didirikan10 Desember 1984; 36 tahun lalu (1984-12-10) di San Francisco, California, Amerika Serikat
Pendiri
Kantor
pusat
,
Amerika Serikat[1]
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
ProdukDaftar produk Cisco
Pendapatan
  • Increase US$14,21 miliar (2019)[2]
  • Increase US$11,62 miliar (2019)[2]
Total aset
  • US$97,79 miliar (2019)[2]
Total ekuitas
  • US$33,57 miliar (2019)[2]
Karyawan
75,900 (2019)[2]
Anak
usaha
Daftar akuisisi oleh Cisco Systems
Situs webwww.cisco.com

Cisco Systems Inc. NASDAQ: CSCO SEHK: 4333 merupakan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini mempekerjakan 51.480 pekerja.

Saham Cisco ditambahkan ke Dow Jones Industrial Average pada 8 Juni 2009, dan juga termasuk dalam S&P 500 Index, Russell 1000 Index, NASDAQ-100 Index dan Russell 1000 Growth Stock Index.[3]

Pada tahun 2020, Majalah Fortune menempatkan Cisco di peringkat empat pada daftar tahunan mereka dari 100 Best Companies to Work For pada tahun 2020 berdasarkan survei kepuasan karyawan.[4]

Gambaran perusahaan[sunting | sunting sumber]

Produk dari perusahaan ini dapat ditemukan dari ruang tamu sampai ke perusahaan yang bergerak untuk skala internasional.Visi dari Cisco System.Inc (Cisco) yaitu “mengubah bagaimana cara hidup,bekerja,bermain dan belajar”,dan bagian dari Slogan dari Cisco adalah “ Selamat datang kedalam dunia Jaringan “ (welcome to the human network).Cisco adalah salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia,terutama untuk sytem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya.

Deskripsi Bisnis Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Cisco System (Cisco) menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router, swicth, network access, IP telephony, keamanan, Jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan.

Produk Cisco di tujukan kepada korporate bisnis, institusi umum, perusahaan telekomunikasi dan segala jenis ukuran bisnis juga sampai ke rumah rumah. Perusahaan Cisco juga menyediakan produk yang digunakan untuk mengantar data, suara, video untuk antar gedung, antar kampus dan seluruh dunia. Model pengelolaan bisnis Cisco lebih ke globalisasi dan termanagement melalui 5 bagian negara yaitu ; Canada, Eropa, Asia pasifik dan jepang serta market yang ada.

Untuk Sekedar informasi, bisnis perusahaan ini bergerak di dua bagian segment yaitu produk dan pelayanan. Dan untuk kedepan, produk akan dibagi lagi menjadi 4 bagian yaitu : router, switches, teknologi terbaru dan yang lainnya.

Produk Cisco routing menawarkan fitur yang terdepan untuk menaikkan kemampuan system, keamanan, kestabilan dan performa yang baik dalam pengiriman data informasi. Teknologi Routing di ciptakan untuk Internet dan intranet. Router digunakan untuk menyambungkan beberapa jaringan komputer, mengantarkan informasi, diantaranya data, suara dan video untuk satu jaringan ke jaringan lain. Perusahaan Cisco menawarkan router dengan beberapa penawaran, untuk perusahaan yang bergerak di bagian infrastruktur jaringan, untuk ISP (Internet Service Provider) dan perusahaan besar yang menggunakan router untuk diakses oleh semua orang.

Produk Cisco Switching menawarkan bermacam macam model koneksi yang digunakan oleh pelanggan. Kumpulan komputer dan server dan fungsi untuk mengumpulkan semua LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Switch adalah produk yang menggabungkan beberapa teknologi jaringan yang digunakan untuk gedung gedung dan kampus yang biasanya disebut LAN dan untuk melalui beberapa kota biasa disebut dengan MAN, serta teknologi yang melalui beberapa daerah yang biasa disebut dengan WAN. Cisco mengenalkan beberapa produk diantaranya: Ethernet, gigabit Ethernet, 10-gigabit Ethernet, sikronis transfer data, SONET (packet over synchronous optical network) dan multi-protocol label switching.

Keuntungan teknologi Cisco untuk kedepannya menawarkan produk dan pelayanan melalui jaringan komputer serta komunikasi. Kategori dari produk dan pelayanan yang ditawarkan termasuk aplikasi pelayanan jaringan, jaringan rumah, perusahaan kecil, jaringan optik, keamanan, jaringan data center, komunikasi, sistem video dan teknologi wireless.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Contact Cisco". Diakses tanggal March 1, 2017. 
  2. ^ a b c d e f "Cisco Systems, Inc. 2019 Annual Report Form (10-K)" (PDF). U.S. Securities and Exchange Commission. August 2019. Diakses tanggal April 1, 2019. 
  3. ^ Browning, E.S. (June 1, 2009). "Travelers, Cisco Replace Citi, GM in Dow". Wall Street Journal. Dow Jones & Company, Inc. Diakses tanggal June 2, 2009. 
  4. ^ https://www.businessinsider.com/best-companies-to-work-for-based-on-employee-satisfaction-fortune-2020-2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]