Hewlett Packard Enterprise

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hewlett Packard Enterprise Company
Public
Simbol saham
IndustriInformation technology
PendahuluHewlett-Packard
Kantor
pusat
3000 Hanover Street, ,
Wilayah operasi
Worldwide
Tokoh
kunci
PendapatanUS$50,1 billion
Karyawan
50,000
Divisi
  • Enterprise Group (services, storage, network, networking, consulting, support)
  • Software
  • Financial Services
Situs webwww.hpe.com

Hewlett Packard Enterprise Company (sering disebut sebagai Hewlett Packard Enterprise atau HPE) adalah sebuah perusahaan multinasional teknologi informasi asal Amerika Serikat yang berpusat di Palo Alto, California, yang didirikan pada 1 Juli 2015 sebagai bagian dari pemecahan perusahaan Hewlett-Packard. HPE adalah sebuah bisnis yang berfokus pada organisasi dengan empat divisi: Enterprise Group, yang bekerja di server, penyimpanan, jaringan, konsultasi dan dukungan; Services; Software; dan Financial Services.

Perpecahan itu terstruktur sehingga Hewlett-Packard yang lama berubah nama menjadi HP Inc. dan Hewlett Packard Enterprise dilepas sebagai perusahaan yang baru didirikan. HP Inc. mempertahankan bisnis komputer pribadi dan printer milik HP yang lama, serta simbol saham NYSE yang lama untuk Hewlett-Packard; Hewlett Packard Enterprise berdagang di bawah simbol sahamnya sendiri: HPE. Menurut catatan dari 2015, pendapatan HPE agak lebih sedikit dari HP Inc. Pada tahun 2017, HPE melepas bisnis Enterprise Services-nya dan bergabung dengan Computer Sciences Corporation untuk menjadi DXC Technology. HPE juga melepas bisnis perangkat lunaknya dan bergabung dengan Micro Focus.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Nama lengkap perusahaan ini adalah Hewlett Packard Enterprise Company, yang menghilangkan tanda hubung yang sebelumnya ada di antara "Hewlett" dan "Packard" dari bekas Hewlett-Packard Company. Selama dan sejak pemisahan, banyak media salah menyebut organisasi baru tersebut dengan menggunakan "HP Enterprises"[1] atau "HP Enterprise".[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2016, perusahaan mengumumkan akan menjual divisi Enterprise Services kepada salah satu pesaingnya, Computer Sciences Corporation dalam kesepakatan senilai US$8.5 miliar.[4] Penggabungan HPE Enterprise Services dengan CSC, untuk membentuk sebuah perusahaan baru DXC Technology, telah selesai pada tanggal 10 Maret 2017. Hal ini berdampak kepada sekitar 100.000 karyawan HPE pada saat itu. Lebih dari 30.000 karyawan pelayanan dari daerah bisnis HPE yang lain akan tetap di HPE termasuk Dukungan dan Konsultasi Layanan Teknologi serta jasa profesional Perangkat Lunak.

Pada agustus 2016, perusahaan mengumumkan rencana untuk mengakuisisi Silicon Graphics Internasional (SGI), yang dikenal karena kemampuan mereka dalam komputasi kinerja tinggi.[5] Pada November 1, 2016, HPE mengumumkan menyelesaikan akuisisi, untuk US$7.75 per saham dalam bentuk tunai,[6] suatu transaksi senilai sekitar US$275 juta, bersih dari kas dan utang.[7]

Pada September 7, 2016, HPE mengumumkan "spin-merge" dengan Micro Focus, dimana Micro Focus akan memperoleh perangkat lunak "non-inti", dan pemegang saham HPE akan memiliki 50,1 persen dari perusahaan tergabung, yang akan mempertahankan nama saat ini.[8]Merger tersebut selesai pada tanggal 1 September 2017.[9]

Pada bulan November 2016, PC World menulis "HPE, dan sebelum itu, Hewlett-Packard, gagal untuk mengembangkan perangkat middleware untuk benar-benar membuat cekungan di pasar perangkat lunak, di mana perusahaan-perusahaan lain seperti IBM, SAP, dan Oracle unggul" dan bahwa "tanpa lini produk perangkat lunak utama, penawaran terpadu HPE tidak akan sekuat pesaing seperti Dell, yang memiliki aset perangkat lunak dan perangkat keras, menambahkan bahwa "Jika semua HPE yang lakukan saat ini adalah fokus sebagian besar pada perangkat keras, anda harus bertanya apa akhir permainan di sini".[10]

Pada bulan September, 2016, Hewlett Packard Enterprise telah mentransfer dua paten ke perusahaan Plectrum LLC yang berpusat di Texas. Dua paten teesrsebut berasal pada 3Com Corporation, yang dibeli oleh HP pada tahun 2010, bersama dengan sekitar 1.400 paten. Paten No. 6,205,149 berjudul "Perangkat dan mekanisme kendali mutu layanan," sementara Paten AS No. 5,978,951 menjelaskan penggunaan "unit manajemen tembolok berkecepatan tinggi" yang menggantikan beberapa perangkat lunak berbasis sistem dengan perangkat keras dalam rangka untuk mengurangi waktu latency.[butuh rujukan] Pada tanggal 11 April 2017, dilaporkan bahwa Synack telah mengangkat US$21 juta dalam putaran pendanaan yang termasuk Hewlett Packard Enterprise.[11]

Pada bulan April 2017, Hewlett Packard Enterprise telah menyelesaikan akuisisi produsen memori kilat, Nimble Storage Inc, US$1,2 miliar atau US$12.50 per saham. Pada bulan Oktober, Reuters melaporkan bahwa perusahaan telah memungkinkan badan pertahanan Rusiauntuk memeriksa sistem pertahanan siber yang digunakan oleh Pentagon.[12]

Pada tahun Mei 2019, Hewlett Packard Enterprise mengumumkan rencana untuk mengakuisisi produsen superkomputer Cray sebesar hampir $1.3 miliar atau $35 per saham.

Pimpinan eksekutif[sunting | sunting sumber]

  • Meg Whitman - Chief Executive Officer;
  • Antonio Neri - President dan General Manager, Enterprise Group;
  • Henry Gomez - Executive Vice President, Chief Marketing and Communications Officer;
  • Tim Stonesifer - Executive Vice President, Chief Financial Officer;
  • John Schultz - Executive Vice President, General Counsel dan Sekretaris Perusahaan;
  • Alan Mei - Wakil Presiden Eksekutif, Sumber Daya Manusia.

Produk[sunting | sunting sumber]

  • HPE Server:
    • ProLiant;
    • HPE Integrity Servers;
    • NonStop;
    • HPE Superdome;
    • Apollo (High-Performance Computing);
    • Simplivity (HyperConvergence);
  • HPE Networking:
    • ProCurve;
    • 3Com;
    • Aruba Networks;
  • HPE Storage:
    • HPE 3PAR;
    • Nimble Storage;
    • HP XP;

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "HP to Cut Up to 30,000 Jobs". September 15, 2015. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  2. ^ Larry Dignan (November 2, 2015). "HP Inc., HPE launch: Questions abound for both". ZDNet. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  3. ^ Mark Tyson (November 2, 2015). "Hewlett-Packard becomes HP Inc. and Hewlett Packard Enterprise". Hexus. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  4. ^ Brandon Bailey (May 24, 2016). "HP Enterprise selling tech services business to rival". AP. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  5. ^ "Hewlett Packard Enterprise Wins "Gold" in Data Analytics, High-Performance Computing with Acquisition of SGI". www.hpe.com. August 11, 2016. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  6. ^ Hewlett Packard Enterprise (November 1, 2016). Hewlett Packard Enterprise Completes Acquisition of SGI. Siaran pers. Diakses pada September 28, 2017.
  7. ^ (August 11, 2016). Hewlett Packard Enterprise to Acquire SGI to Extend Leadership in High Growth Big Data Analytics and High Performance Computing. Siaran pers. Diakses pada September 28, 2017.
  8. ^ Christine Wang (September 7, 2016). "Hewlett Packard Enterprise earnings: 49 cents per share vs 44 cents EPS est". CNBC. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  9. ^ James Titcomb (September 1, 2017). "Micro Focus becomes UK's biggest tech company as it completes £7bn HPE deal". The Telegraph. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  10. ^ Agam Shah (November 30, 2016). "A year after separation, HP and HP Enterprise are still trying to shed rust". PC World. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  11. ^ Hannah Kuchler (April 11, 2017). "Hacker-for-hire company Synack raises $21m". Financial Times. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  12. ^ Schectman, Joel; Volz, Dustin; Stubbs, Jack (October 2, 2017). "Special Report: HP Enterprise let Russia scrutinize cyberdefense system used by Pentagon". Reuters. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Data bisnis