Teknologi tinggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pabrik otomotif di Leipzig, Jerman, tampak menggunakan mekanisasi yang canggih.

Teknologi tinggi adalah teknologi yang memiliki taraf paling tinggi: teknologi yang paling canggih yang tersedia.[1] Lawan kata dari teknologi tinggi adalah teknologi rendah, yang menggambarkan penggunaan teknologi tradisional atau mekanis yang sederhana, contohnya mistar hitung adalah alat menghitung yang tergolong teknologi rendah.[2]

Klasifikasi industri manufaktur teknologi tinggi yang banyak digunakan disediakan oleh OECD.[3] Ini didasarkan pada intensitas penelitian dan kegiatan pengembangan yang digunakan dalam industri-industri ini di negara-negara OECD, menghasilkan empat kategori berbeda.

Startup bekerja pada teknologi tinggi (atau mengembangkan teknologi tinggi baru) kadang-kadang disebut sebagai teknologi dalam; Istilah ini juga dapat merujuk pada teknologi mengganggu berdasarkan penemuan ilmiah di beberapa cabang.[4]

Teknologi tinggi, yang bertentangan dengan sentuhan tinggi, dapat merujuk pada pengalaman swalayan yang tidak memerlukan interaksi manusia.[5]

Jangka waktu teknologi perbatasan atau perbatasan juga ada.[6][7]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cortright, Joseph; Mayer, Heike (January 2001). High Tech Specialization: A Comparison of High Technology Centers (PDF). Brookings Institution, Center on Urban & Metropolitan Policy. 
  2. ^ "Know How To Use a Slide Rule? - Slashdot". science.slashdot.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  3. ^ Hatzichronoglou, Thomas: "Revision of the High-Technology Sector and Product Classification", OECD Science, Technology and Industry Working Papers, No. 1997/02, OECD Publishing, Paris.
  4. ^ "What is Deep Tech and which startups are marking the road (not Uber)". Startup Business (dalam bahasa Italia). 2018-04-20. Diakses tanggal 2020-10-13. 
  5. ^ Williams, Howard (6 June 2019). "Do Customers Want High Tech or High Touch?". Home Business Magazine. Diakses tanggal 2020-03-22. 
  6. ^ What is Frontier Technology? Introducing the Next Generation of Gensuite
  7. ^ Frontier technology definition