Mistar hitung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah mistar hitung siswa khas berukuran 10 inci (Pickett N902-T simplex trig)

Mistar hitung adalah komputer analog mekanis. Mistar hitung digunakan terutama untuk perkalian dan pembagian, dan juga untuk fungsi seperti perpangkatan, akar, logaritma dan trigonometri, namun biasanya bukan untuk penambahan atau pengurangan. Meskipun serupa dalam nama dan penampilan dengan penggaris standar, mistar hitung tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk mengukur panjang atau menggambar garis lurus.

Mistar hitung ada dalam beragam gaya dan umumnya muncul dalam bentuk linier atau melingkar dengan seperangkat tanda standar (skala) yang penting untuk melakukan perhitungan matematis. Mistar hitung yang dibuat untuk bidang khusus seperti penerbangan atau keuangan biasanya menampilkan skala tambahan yang membantu perhitungan yang umum dilakukan di bidang tersebut.

Paling sederhana, masing-masing bilangan dikalikan diwakili oleh sebuah garis pada mistar hitung. Sebagai penguasa masing-masing memiliki skala logaritma, adalah mungkin untuk menyelaraskan mereka untuk membaca jumlah logaritma, dan dengan demikian menghitung produk, dari dua angka tersebut.

Pendeta William Oughtred dan yang lainnya mengembangkan mistar hitung pada abad ke-17 berdasarkan karya yang muncul pada logaritma oleh John Napier. Sebelum munculnya kalkulator elektronik, mistar hitung merupakan alat perhitungan yang paling umum digunakan dalam ilmu pengetahuan dan teknik. Penggunaan mistar hitung terus berkembang sampai tahun 1950-an dan 1960-an bahkan saat komputer diperkenalkan secara bertahap; tapi sekitar tahun 1974 kalkulator ilmiah elektronik genggam membuat mistar hitung sangat usang[1][2][3][4] dan sebagian besar pemasok meninggalkan bisnis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Behrens, Lawrence; Rosen, Leonard J. (1982). Writing and reading across the curriculum. Little, Brown. hlm. 273. Then, just a decade ago, the invention of the pocket calculator made the slide rule obsolete almost overnight... 
  2. ^ Maor, Eli (2009). e: The Story of a Number. Princeton University Press. hlm. 16. ISBN 978-0-691-14134-3. Then in the early 1970s the first electronic hand-held calculators appeared on the market, and within ten years the slide rule was obsolete. 
  3. ^ Castleden, Rodney (2007). Inventions that Changed the World. Futura. hlm. 157. ISBN 978-0-7088-0786-6. With the invention of the calculator the slide rule became instantly obsolete. 
  4. ^ Denning, Peter J.; Metcalfe, Robert M. (1998). Beyond calculation: the next fifty years of computing. Springer. hlm. xiv. ISBN 978-0-387-98588-6. The first hand calculator appeared in 1972 and made the slide rule obsolete overnight. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Informasi umum, sejarah