McDonald's

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
McDonald's
Publik
Simbol sahamNYSE: MCD
Dow Jones Industrial Average Component
IndustriRestoran
Didirikan15 Mei 1940 in San Bernardino, California;
McDonald's Corporation, April 15, 1955 in Des Plaines, Illinois
PendiriDick dan Mac McDonald Konsep restoran McDonald's;
Ray Kroc, Pemilik perusahaan McDonald's.
Kantor
pusat
,
Cabang
32,000+ Internasional[1]
Wilayah operasi
Internasional
Tokoh
kunci
James A. Skinner
(Chairman & CEO)
ProdukMakanan cepat saji
(hamburgers • chicken • french fries • soft drinks • coffee • milkshakes • salads • desserts • breakfast)
Pendapatan US$ 24.075 billion (2010)[2]
US$ 7.473 billion (2010)[2]
US$ 4.949 billion (2010)[2]
Total aset US$ 31.975 billion (2010)[2]
Total ekuitas US$ 14.634 billion (2010)[2]
Karyawan
400,000 (Januari 2010)[2]
Situs webMcDonalds.com

McDonald's Corporation NYSE: MCD (di Indonesia terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mekdi) adalah waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger, tetapi mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Lambang McDonald's adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.

Restoran McDonald's pertama didirikan pada tahun 1940 oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald, tetapi kemudian dibelinya oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia.

Sampai pada tahun 2004, McDonald's memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata 50.000.000 orang dan pengunjung per hari dan rumah makan 1.700 orang.

Restoran McDonald's pertama di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia. Pada awalnya, pemegang hak waralaba McDonald's di Indonesia adalah PT Bina Nusa Rama milik Bambang Rachmadi. Pada tanggal 3 Juni 2009, hak waralaba McDonald's di Indonesia diambil alih oleh PT Rekso Nasional Food, yang merupakan anak perusahaan Rekso Group, yang merupakan induk usaha perusahaan minuman ringan Sinar Sosro.

Pada tanggal 1 Oktober 2009, McDonald's berubah menjadi Tony Jack's Indonesia tetapi tidak seluruh gerai McDonald's. Terdapat 13 gerai McDonald’s milik Bambang Rachmadi yang berubah antara lain berlokasi di Sarinah (Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading, Sunter, Bandung Indah Plaza, Plaza Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua, Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk. Sayang, keberadaan Tony Jack's Indonesia tidak berlangsung lama. Beberapa bulan kemudian, Tony Jack's Indonesia bangkrut dan diambil alih kembali oleh McDonald's.[butuh rujukan]

McDonald's menawarkan menu yang berbeda-beda di berbagai negara. Di Norwegia terdapat McLaks, yaitu sandwich salmon, di India terdapat Maharaja Macs dengan daging kambing dan McAloo Tikki burger untuk umat Hindu vegetarian.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bisnis perusahaan ini dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji modern. Maskot awal McDonald's yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald pada tahun 1963.

McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya.[3] Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965.[4]

Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, tetapi akhirnya McDonald bersaudaralah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monumen.[5]

Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika.

Pada bulan September 2003, McDonald's mulai menggunakan slogan i'm lovin' it di seluruh dunia.

Pada tanggal 4 Juni 2018, kantor pusat global McDonald's berpindah dari Oak Brook ke Chicago, Illinois.

Pesan antar di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Layanan pesan antar di seluruh wilayah di Indonesia dapat dihubungi melalui telepon yaitu 14045.

Galeri gambar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McDonald's publication. "Corporate FAQ". McDonald's Corporation. Diakses tanggal 2007-11-24. 
  2. ^ a b c d e f "2010 Form 10-K, McDonald's Corporation". United States Securities and Exchange Commission. Diakses tanggal 2011-03-03. 
  3. ^ "McDonald's history 1954-1955". www.mcdonalds.com. Diakses tanggal 2008-06-22. 
  4. ^ "McDonald's history 1965-1973". www.mcdonalds.com. Diakses tanggal 2008-06-22. 
  5. ^ McDonaold's history from Route-66.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]