Seri IndyCar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Artikel ini merujuk pada ajang balapan IndyCar, untuk lembaga yang membawahi ajang balapan ini silakan lihat Indy Racing League
Seri IndyCar
IndyCar Series 2014.png
Logo resmi balapan
Kategori Mobil roda terbuka
Negara atau daerah International
Musim pertama 1996
Pembalap 29
Tim 15
Konstruktor Dallara
Pemasok mesin Honda, Chevrolet
Juara pembalap Bendera Selandia Baru Scott Dixon
Juara tim Bendera Amerika Serikat Chip Ganassi Racing
Situs web resmi IndyCar.com
Motorsport current event.svg Musim terkini

Seri IndyCar atau IndyCar Series (dikenal dengan nama Verizon IndyCar Series untuk alasan sponsorship) adalah balapan kelas utama dari ajang balap mobil roda terbuka khas Amerika Serikat. Kejuaraan ini didirikan oleh pemilik Indianapolis Motor Speedway Tony George yang dimulai pada tahun 1996 sebagai pesaing untuk CART yang sebelumnya dikenal sebagai Indy Racing League (IRL). Mengutip kekurangan dari CART yaitu ketergantungan yang meningkat biaya balapan dan banyaknya pembalap non-AS, George kemudian menciptakan sebuah balapan alternatif dengan biaya lebih rendah. Pada tahun 2008, Seri IndyCar bergabung dengan Champ Car World Series (dahulu CART).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

CART (kependekan dari Championship Auto Racing Team) dan IRL (kependekan dari Indy Racing League) telah berperang selama lebih dari satu dekade untuk membuktikan siapa yang paling superior dalam balap mobil roda terbuka Amerika. Perang ini baru berakhir pada 2008 saat ChampCar (nama lain CART) bangkrut dan melebur ke IndyCar (nama lain IRL). Perlahan tetapi pasti, kejuaraan balap mobil roda terbuka Amerika kembali ke asalnya seperti di era 1980-an dan awal 1990-an.

Perang CART vs. IRL[sunting | sunting sumber]

Pada 1996, cucu Tony Hulman yaitu Tony George yang juga menjabat sebagai presiden Indianapolis Motor Speedway mendirikan Indy Racing League (IRL), sebuah kejuaraan terpisah dari CART yang mengambil nama dari lomba legendaris Indianapolis 500 yang kemudian mencoret tim-tim yang berlaga di CART dari ajang ini. Untuk selanjutnya hasil dari ajang IRL baik tercantum di samping kejuaraan nasional yang ada saat itu (yaitu CART) ataupun yang terpisah sendiri diperlakukan sebagai suatu entitas yang berbeda.

Pada bulan Maret 1996, CART mengajukan gugatan terhadap Indianapolis Motor Speedway dalam upaya untuk melindungi lisensi untuk merek IndyCar yang Indianapolis Motor Speedway coba rebut dari tangan mereka. Pada bulan April, Indianapolis Motor Speedway mengajukan gugatan balik terhadap CART untuk mencegah mereka dari penggunaan lebih lanjut dari merek IndyCar tersebut. Akhirnya penyelesaian tercapai di mana CART setuju untuk menyerah penggunaan merek IndyCar setelah musim 1996 dan IRL tidak bisa menggunakan nama sebelum akhir musim 2002. George awalnya membiarkan USAC terus menjadi pengawas IRL, namun setelah terjadi kontroversi di lomba Indy 500 1997 dan dalam intern Texas Motor Speedway akhirnya George memilih menggantikan USAC dengan pihak pengawas internal dari dalam tubuh IRL.

Selanjutnya IRL berhasil mengklaim lomba Indianapolis 500 sebagai lomba eksklusif IRL, CART lantas membuat lomba tandingan yaitu US 500 yang digelar di Michigan yang waktunya bersamaan dengan Indy 500. Sayang euforia CART ini gagal karena fans dan pembalap lebih mencintai lomba Indy 500 yang lebih bersejarah ketimbang lomba baru asal jadi. Tradisi dan sejarah Indy 500 yang kuat setidaknya mampu menyelamatkan muka Tony George dari anggapan pemikiran keliru ketika ia membuat IRL setelah sebelumnya ia mengizinkan NASCAR berlomba di Indianapolis Motor Speedway sejak 1994 dan menjalin hubungan dengan Bernie Ecclestone untuk menggelar lomba F1 mulai tahun 2000. Perlahan tetapi pasti, IRL mulai dikenal luas di mata masyarakat AS.

Kejuaraan CART kemudian tetap jadi dominan usai kisruh kontroversi awal melawan IRL dengan beberapa keunggulan, diantaranya uang yang mengalir dari sponsorship FedEx dan beberapa pembalap ternama seperti dari Keluarga Andretti, Jimmy Vasser, Alex Zanardi dan Greg Moore. IRL lantas mendapat momentum saat tim papan atas CART sekelas Chip Ganassi Racing dan Roger Penske membelot pindah ke IRL sekaligus membuat CART perlahan-lahan mundur popularitasnya dan semakin hilang sisi Amerika-nya dengan lomba-lomba yang makin jauh dari trek oval dan bahkan semakin melenceng dengan menggelar lomba-lomba di Eropa yang bukanlah pasar dari CART. Sejarah panjang balapan di trek oval di Amerika inilah yang sejak lama membedakan tradisi balap mobil sekelas IRL dan NASCAR dengan F1 di Eropa. IRL mengambil langkah tepat dibandingkan CART dengan bertahan di trek oval untuk lomba-lomba yang digelar mereka.

Kemunduran CART semakin terlihat pada 2003 saat pabrikan mesin seperti Honda dan Toyota dan sponsor FedEx membelot pindah ke IRL. Hal ini membuat CART alami kesulitan keuangan dan kemudian berubah nama menjadi Champ Car World Series. Selanjutnya pada 2007 giliran Bridgestone dan Ford Motor Company yang mundur dari ajang ChampCar dan akibatnya pada awal 2008 praktis semua kegiatan CART terhenti dan dinyatakan bangkrut sampai akhirnya IRL masuk dan mengambil alih semua aset CART. Semua catatan sejarah CART lantas diakui IRL dan membuat kejuaraan balap roda terbuka Amerika bersatu lagi untuk pertama kali sejak 1978.

Perkembangan IndyCar[sunting | sunting sumber]

Karena penyelesaian hukum dengan CART, Indy Racing League tidak bisa memakai nama IndyCar sampai awal musim 2003. Untuk 1996-1997, seri ini hanya disebut sebagai Indy Racing League. Untuk 1998-1999, seri mendapatkan sponsor utama mereka dan mengiklankan diri sebagai Pep Boys Indy Racing League. Kontrak itu tidak diperpanjang setelah tahun kedua. Pada tahun 2000, seri menjual hak penamaan untuk mesin pencari Internet Northern Light selama lima musim dan kemudian membuat namanya dikenal sebagai Indy Racing Northern Light Series. Setelah hanya dua musim perjanjian sponsorship berakhir ketika Northern Light mengevaluasi ulang rencana bisnis dan memilih mengakhiri kegiatan untuk semua bentuk sponsorship.

Liga balap ini kemudian kembali ke nama Indy Racing League untuk musim 2002, tanpa sponsor utama. Nama IndyCar Series secara resmi diadopsi mulai tahun 2003 sesuai perjanjian hukum dengan CART. Pada tahun 2006, IndyCar menjalin aliansi dengan Simmons-Abramson Marketing (dipimpin oleh Gene Simmons dari hard band rock Kiss) dengan opsi menjanjikan untuk menjadi "aktif terlibat dalam pemasaran liga, acara, humas, sponsor, merchandising dan branding dari ajang Seri IndyCar dan lomba legendaris Indianapolis 500". Simmons juga turut menulis lagu tema khusus untuk IndyCar berjudul "I'm Indy". Untuk musim 2008, DirecTV masuk sebagai sponsor presentasi dan seri sempat diiklankan dengan slogan IndyCar Series in DIRECTV HD.

IZOD masuk sebagai sponsor utama seri dimulai pada tanggal 5 November 2009. Besaran dana sponsorshipnya tidak diumumkan secara pasti tetapi kesepakatan bernilai setidaknya $10 juta per tahun dan berlangsung selama minimal 5 tahun. IZOD akhiri sponsorship mereka setelah musim 2013 usai.

Pada tanggal 14 Maret 2014, Verizon Wireless diumumkan sebagai sponsor utama baru seri menggantikan IZOD.

Masa depan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]