Bandung Indah Plaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bandung Indah Plaza
ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ ᮆᮔ᮪ᮓᮂ ᮕᮣᮐ
Bandung Éndah Plaza
Berkas:Bandungindahplaza.png
AlamatJalan Merdeka No.56
Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan
Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Tanggal dibuka19 Agustus 1990 (umur 31)
PengembangLippo Malls
PengurusPT Lippo Karawaci Tbk
PemilikLippo Malls
Jumlah lantai6 Lantai

Bandung Indah Plaza (Aksara Sunda Baku: ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ ᮆᮔ᮪ᮓᮂ ᮕᮣᮐ, Bandung Éndah Plaza) adalah salah satu pusat perbelanjaan besar di kota Bandung. Mall ini merupakan pusat perbelanjaan tertua di Bandung. Didirikan pada akhir tahun 80-an, mulai buka tahun 1989 dan secara resminya dibuka pada 19 Agustus 1990.

Dikenal dengan nama BIP, menjadi sebuah ikon belanja di Bandung masa itu. Sebelumnya, masyarakat Bandung hanya mengenal konsep department store dan pasar swalayan. Terletak di pusat kota, Jalan Merdeka Bandung. Dengan ada BIP maka kawasan ini menjadi tempat nongkrong/hang out baru beralih dari kawasan Alun-Alun kota dan juga menjadi awal pembangunan mall dan pusat perbelanjaan di Bandung Utara (sebelumnya hampir semuanya ada di Bandung selatan, batas rel kereta api).

BIP yang sekarang sudah mengalami perluasan dan renovasi bangunannya, serta berpindah management/pemilik lama ke yang pemilik baru disertai dengan perubahan konsep baru pula. Di mall ini terdapat beberapa tenant seperti Toserba Yogya (ditutup pada 2009), Hypermart, Matahari Department Store, Bioskop 21, Pizza Hut, Timezone, dan lain-lain. Mall ini terintergrasi dengan hotel Hyatt Regency Bandung.

Penyewa[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar penyewa di pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza

Lantai Penyewa
B NOBU National Bank, Yopie Salon
LG Century Healthcare
GF BASO by Mister Baso, D'Cost Seafood, Goldmart, Hypermart, Burger King, Jesslyn K Cakes, McDonald's, Optik Melawai, Optik Seis, The Body Shop, Starbucks, J.Co, Pizza Hut, Giordano, Es Teler 77, Rotiboy, Guardian, Kopi Kenangan, Brunbrun Paris, Samsung, C&F Perfumery, Maxx Coffee, ATM BNI, ATM Danamon, ATM Mandiri, ATM Mega, Emina
UG ATM BJB
1 Sport Station, Zoya, Skaters, Adidas, Matahari Department Store, Books & Beyond, Baskin Robbins, Bata, Fladeo, Johnny Andrean, Dauky, Colorbox, ATM BCA, Pegadaian, 101 Shoes, Alexis, Fisik Sport, Hush Puppies, Manzone, Minimal, Logo, Cardinal, Gabino, Hammer, Jaco TV Shopping, Ixobox
2 Fun World, Sharks, Matahari Department Store, 3Second, Timezone, Chatime, Exsport, Bodypack, Wardah, Ada Fashion, Eiger, Ultra Jaya, MR. D.I.Y.
3 A&W, Bandung Empire XXI, Justus Burger & Steak, Happy Kiddy, Dinopark, Ayam Goreng Fatmawati, Kangkung Bakar, Miniso, Baceno Shoes, Chil's, Bakso Kota Cak Man, Hop Hop

Keterangan: *) Foodcourt

Insiden[sunting | sunting sumber]

  • Pada tanggal 28 Januari 2015, kebakaran terjadi di sebuah tenant toko Misyelle, sumber api tersebut berasal dari lantai 2, namun api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban terlibat insiden ini.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bandung Indah Plaza Terbakar, Api Muncul dari Toko Tas dan Sepatu". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Februari, 2015. Diakses tanggal 28 Januari, 2015. 
  2. ^ "Kebakaran di Bandung Indah Plaza Berhasil Dipadamkan". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juli, 2015. Diakses tanggal 28 Januari, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]