Bandung Indah Plaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandung Indah Plaza
ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ ᮆᮔ᮪ᮓᮂ ᮕᮣᮐ
Bandung Éndah Plaza
AlamatJalan Merdeka No.56
Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan
Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Tanggal dibuka19 Agustus 1990 (umur 31)
PengembangLippo Malls
PengurusPT Lippo Karawaci Tbk
PemilikLippo Malls
Jumlah lantai6 Lantai

Bandung Indah Plaza (Aksara Sunda Baku: ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ ᮆᮔ᮪ᮓᮂ ᮕᮣᮐ, Bandung Éndah Plaza) adalah salah satu pusat perbelanjaan besar di kota Bandung. Mall ini merupakan pusat perbelanjaan tertua di Bandung. Didirikan pada akhir tahun 80-an, mulai buka tahun 1989 dan secara resminya dibuka pada 19 Agustus 1990.

Dikenal dengan nama BIP, menjadi sebuah ikon belanja di Bandung masa itu. Sebelumnya, masyarakat Bandung hanya mengenal konsep department store dan pasar swalayan. Terletak di pusat kota, Jalan Merdeka Bandung. Dengan ada BIP maka kawasan ini menjadi tempat nongkrong/hang out baru beralih dari kawasan Alun-Alun kota dan juga menjadi awal pembangunan mall dan pusat perbelanjaan di Bandung Utara (sebelumnya hampir semuanya ada di Bandung selatan, batas rel kereta api).


Insiden[sunting | sunting sumber]

  • Pada tanggal 28 Januari 2015, kebakaran terjadi di sebuah tenant toko Misyelle, sumber api tersebut berasal dari lantai 2, namun api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban terlibat insiden ini.[1][2]
  • Pada tanggal 24 April 2022, kebakaran terjadi di parkiran basement dan penyebab kebakaran tersebut berasal dari mobil pada saat menyalakan mesin dan muncul percikan api dan menyebabkan korsleting, tidak ada korban terlibat dari insiden ini.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bandung Indah Plaza Terbakar, Api Muncul dari Toko Tas dan Sepatu". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Februari, 2015. Diakses tanggal 28 Januari, 2015. 
  2. ^ "Kebakaran di Bandung Indah Plaza Berhasil Dipadamkan". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juli, 2015. Diakses tanggal 28 Januari, 2015. 
  3. ^ "Mall BIP Bandung Kebakaran, Diskar Ungkap Penyebabnya". Pikiran Rakyat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-24. Diakses tanggal 24 April 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]