Sun Plaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sun Plaza
Sun Plaza logo
LokasiMedan
AlamatJalan KH Zainul Arifin 7
Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia
Kota Medan, Sumatra Utara 20152
Tanggal dibuka1 Januari 2004 (resmi)
Tanggal diresmikan1 Januari 2004
PengembangPT. Lippo Karawaci Tbk
PengurusLippo Malls
PemilikLippo Group
Jumlah toko dan jasa351
Jumlah toko induk351
Total luas pertokoan107,373 m2
Jumlah lantai6
Parkir2.000 (mobil), 2.000 (motor)
Situs webwww.lippomalls.com/our-mall/sun-plaza
Sun Plaza
Sun Plaza Medan (Medium).jpg
Informasi umum
JenisPusat perbelanjaan
LokasiJalan KH Zainul Arifin Nomor. 7, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan, Sumatra Utara 20152
Peletakan batu15 Juli 2002
Mulai dibangun15 Juli 2002
Selesai dibangun31 Juli 2003
Diatapkan11 Agustus 2003
Perk. selesai19 September 2003
Pembukaan1 Januari 2004 (resmi)
Diresmikan1 Januari 2004
Direnovasi1 November 2013 (Baru 1)
1 Mei 2016 (Baru 2)
1 November 2019 (Baru 3)
1 Juni 2020 (Baru 4)
PemilikLippo Group
Informasi teknis
Jumlah lantai6
Luas lantai107,373 m2
Lift6
Desain dan konstruksi
PengembangLippo Malls
Informasi lain
Toko351
Penyewa351
Parkir2.000 (mobil), 2.000 (motor)
Situs web
www.lippomalls.com/our-mall/sun-plaza

Sun Plaza adalah pusat perbelanjaan dan hiburan komersial di Madras Hulu, Medan Polonia, Medan berupa bangunan enam lantai (termasuk Lower Ground dan Ground Floor) yang dirancang dengan konsep keluarga oleh Lippo Group melalui Lippo Malls. Mal ini dibuka pada tanggal 1 Januari 2004. Sun Plaza terletak di Jalan KH Zainul Arifin 7, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan. Sun Plaza juga berdekatan dengan Kantor Gubernur Sumatra Utara, Masjid Agung Medan, SMA Negeri 1 Medan, dan Apartemen Cambridge. Di pusat perbelanjaan ini terdapat bioskop Cinépolis, dan department store Sogo.

Sejak kepemilikan saham, Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR-Trust) melalui Lippo Malls mengakuisi Sun Plaza seharga $146,7 juta dolar Singapura. LMIR-Trust dan Lippo Malls yang berbasis di Asia Tenggara (termasuk Singapura dan Indonesia) merupakan 'trust company' dari PT Lippo Karawaci Tbk (Lippo Group).

Penyewa[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar penyewa di pusat perbelanjaan Sun Plaza.

Lantai Penyewa
LB Maxx Coffee
LG Sogo, Wendy's, BreadTalk, Fore Coffee, BreadLife, Chatime, Century Healthcare, Emina, Jaco TV Shopping, KOI Thé, Liang Sandwich Bar, Yves Rocher, The Face Shop, J.CO Donuts & Coffee, Marugame Udon, Make Up For Ever, Starbucks, Pepper Lunch, Sushi Tei, Bread Talk, Pizza Hut, Oppo
GF Sogo, H&M, Zara, Gramedia, Uniqlo, Auntie Anne's, Bonia, Everbest, The Body Shop, Starbucks Coffee, Make Over, Gosh, Mango
1 Sogo, Zara, Contempo, GNC, ATM Center, Gaudi, Seiko
2 Sogo, Johnny Andrean, Bateeq, Bellagio, Hammer, Meiji Beyond Fashion
3 Sogo, Ace Hardware, D'Cost Seafood, Xing Fu Tang, Cool Kids, Adidas, Watsons, Es Teler 77, Mothercare - ELC, Bel Mondo
4 Hypermart, Cinépolis, Baskin Robbins, Burger King, Gokana, Kopi Kenangan, HokBen, Amazone, Guardian, NOBU National Bank, Steak 21, D'Crepes, Lunadorii, Sharetea, BrunBrun Paris, Dwidaya Tour, Miniso

Arsitektur Bangunan[sunting | sunting sumber]

Sun Plaza dibangun di atas lahan seluas lebih dari 29.000 meter persegi. Total luas bangunan adalah lebih dari 87.000 meter persegi dengan total area yang disewakan lebih dari 62.000 meter persegi.

Konsep Umum[sunting | sunting sumber]

Arsitek dan desainer bangunan ini bermaksud mewujudkan tempat yang tidak sekadar berfungsi sebagai lokasi perbelanjaan, melainkan wadah komunitas yang diwarnai spirit atau keyakinan akan masa depan yang lebih baik. Mereka ingin menciptakan suatu tempat yang di dalamnya orang dapat memperoleh pengalaman yang menyenangkan, dan arsitektur bangunan menyatu dengan keberadaan pengunjung serta meninggalkan kesan. Ide-ide yang dikembangkan dalam proses perancangan ini bertujuan membangun sikap positif bagi siapa saja yang mengunjungi Sun Plaza. Selain lewat bentuk fasad dan elemen-elemen bangunan, semangat ini juga diekspresikan lewat delapan buah patung figur manusia di jalan masuk utama, yang menyambut pengunjung dengan berbagai postur yang dinamis.

Matahari[sunting | sunting sumber]

Matahari merupakan simbol universal yang kuat, dan dapat menjadi simbol antar-budaya yang merefleksikan kota Medan sendiri, dengan masyarakatnya yang energetik serta akrab dengan dunia industri. Selain itu, matahari merefleksikan kehidupan, kehangatan, energi, cahaya, harapan untuk masa depan yang lebih baik, serta berbagai kesan positif lain yang dapat menempatkan pengunjung dalam spirit dan suasana hati yang tepat untuk berbelanja atau menikmati acara bersama keluarga atau kerabat.

Simbol matahari muncul dalam berbagai bentuk abstrak di dalam bangunan maupun di fasad utama. Di dalam atrium terdapat instalasi delapan belas bola yang merepresentasikan matahari, dengan latar antariksa pada langit-langit atrium.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]