Sun Plaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sun Plaza
LokasiMedan
AlamatJalan KH Zainul Arifin Nomor. 7, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan, Sumatra Utara 20152
Tanggal dibuka1 Januari 2004
Tanggal diresmikan1 Januari 2004
PengembangLippo Malls
PengurusLippo Malls
PemilikLippo Group
Jumlah toko dan jasa351
Jumlah toko induk351
Total luas pertokoan100.000 m2
Jumlah lantai6
Parkir2.000 (mobil), 2.000 (motor)
Situs webSitus resmi
Sun Plaza
Informasi umum
JenisPusat perbelanjaan
LokasiJalan KH Zainul Arifin Nomor. 7, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan, Sumatra Utara 20152
Pembukaan1 Januari 2004
Diresmikan1 Januari 2004
PemilikLippo Group
Informasi teknis
Jumlah lantai6
Luas lantai100.000 m2
Lift6
Desain dan konstruksi
PengembangLippo Malls
Informasi lain
Toko351
Penyewa351
Parkir2.000 (mobil), 2.000 (motor)
Situs web
Situs resmi

Sun Plaza adalah pusat perbelanjaan dan hiburan komersial terbesar di Madras Hulu, Medan Polonia, Medan berupa bangunan enam lantai (termasuk Lower Ground dan Ground Floor) yang dirancang dengan konsep keluarga oleh Lippo Group melalui Lippo Malls. Diresmikan pada tanggal 1 Januari 2004. Sun Plaza terletak di Jalan KH Zainul Arifin Nomor. 7, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan. Diresmikan pada tanggal 1 Januari 2004. Sun Plaza Medan diresmikan pada tanggal 1 Januari 2004 letaknya yang sangat strategis membuat pusat perbelanjaan ini ramai dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, serta para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sun Plaza juga berdekatan dengan Kantor Gubernur Sumatra Utara, Mesjid Agung Medan (mesjid terbesar di Sumatra), SMA Negeri 1 Medan, dan Apartemen Cambridge. Di pusat perbelanjaan ini terdapat bioskop Cinemaxx, dan department store Sogo.

Pusat perbelanjaan dan Hiburan[sunting | sunting sumber]

Sun Plaza diresmikan pada tanggal 1 Januari 2004. Mal ini dibangun tidak jauh dari berbagai fasilitas publik, mulai dari kantor pemerintah (Kantor Gubernur Sumatra Utara), sekolah (SMA Negeri 1 Medan), rumah ibadah (Masjid Agung Medan, mesjid terbesar di Medan), hingga hunian (Apartemen Cambridge). Lokasi strategis membuat mal ini mudah dijangkau serta banyak dikunjungi berbagai kalangan. Tenant utamanya adalah Sogo Department Store, Hypermart, Ace Hardware, H&M serta penyewa lain terdiri dari berbagai brand lokal maupun internasional di antaranya Gramedia, Disc Tarra, Starbucks, J.CO Donuts dan lain sebagainya.

Arsitektur Bangunan[sunting | sunting sumber]

Sun Plaza dibangun di atas lahan seluas lebih dari 29.000 meter persegi. Total luas bangunan adalah lebih dari 87.000 meter persegi dengan total area yang disewakan lebih dari 62.000 meter persegi.

Konsep Umum[sunting | sunting sumber]

Arsitek dan desainer bangunan ini bermaksud mewujudkan tempat yang tidak sekadar berfungsi sebagai lokasi perbelanjaan, melainkan wadah komunitas yang diwarnai spirit atau keyakinan akan masa depan yang lebih baik. Mereka ingin menciptakan suatu tempat yang di dalamnya orang dapat memperoleh pengalaman yang menyenangkan, dan arsitektur bangunan menyatu dengan keberadaan pengunjung serta meninggalkan kesan. Ide-ide yang dikembangkan dalam proses perancangan ini bertujuan membangun sikap positif siapa saja yang mengunjungi Sun Plaza. Selain lewat bentuk fasad dan elemen-elemen bangunan, semangat ini juga diekspresikan lewat delapan buah patung figur manusia di jalan masuk utama, yang menyambut pengunjung dengan berbagai postur yang dinamis.

Matahari[sunting | sunting sumber]

Matahari merupakan simbol universal yang kuat, dan dapat menjadi simbol antar-budaya yang merefleksikan kota Medan sendiri, dengan masyarakatnya yang energetik serta akrab dengan dunia industri. Selain itu, matahari merefleksikan kehidupan, kehangatan, energi, cahaya, harapan untuk masa depan yang lebih baik, serta berbagai kesan positif lain yang dapat menempatkan pengunjung dalam spirit dan suasana hati yang tepat untuk berbelanja atau menikmati acara bersama keluarga atau kerabat.

Simbol matahari muncul dalam berbagai bentuk abstrak di dalam bangunan maupun di fasad utama. Di dalam atrium terdapat instalasi delapan belas bola yang merepresentasikan matahari, dengan latar antariksa pada langit-langit atrium.

Hitung Mundur Tahun Baru Sun Plaza[sunting | sunting sumber]

2019[sunting | sunting sumber]

Untuk merayakan kedatangan tahun 2020, pada Malam tahun baru 2019, kembang api ditambahkan ke pertunjukan di atap gedung-gedung yang berpartisipasi di kedua sisi kawasan pusat bisnis.

Selain itu, selama 20 detik terakhir sebelum memasuki tahun 2020 (23:59:40 WIB), Sun Plaza mulai menembakkan kembang api dari dinding luar kembang api, yang menghadap Jalan Zainul Arifin, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan, dan berhitung mundur. Selama 10 menit pertama tahun 2020, (00:00:00 WIB), Beberapa markas besar percakaran langit tertinggi di Jalan Zainul Arifin, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan yang berpartisipasi dari kedua sisi pusat perbelanjaan dan hiburan komersial mengadakan pertunjukan kembang api bertema, bersama dengan Sun Plaza, untuk merayakan kedatangan tahun baru. NET. menyiarkan pertunjukan itu langsung ke seluruh nasional pada malam itu dan diresmikan oleh Gubernur Sumatra Utara adalah Edy Rahmayadi dekat Kantor Gubernur Sumatra Utara, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan.

Perayaan Hitung Mundur Tahun Baru Medan[sunting | sunting sumber]

Perayaan Hitung Mundur Tahun Baru Medan adalah perayaan hitung mundur tahun baru yang diadakan di Jalan Zainul Arifin, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan mulai 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020, dan mengikuti ini untuk setiap tahun dan diresmikan oleh Gubernur Sumatra Utara adalah Edy Rahmayadi dekat Kantor Gubernur Sumatra Utara, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

2019-2020[sunting | sunting sumber]

Perayaan Hitung Mundur Tahun Baru Kembang api pertama di Kota Medan adalah bagian dari Lippo Malls, dinamai "Sun Plaza Hitung Mundur Tahun Baru." Selain dari Sun Plaza sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan komersial terbesar di Madras Hulu, Medan Polonia, Medan pada saat itu, acara ini juga menampilkan banyak bangunan lain di kedua sisi Jalan Zainul Arifin, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan dan diresmikan oleh Gubernur Sumatra Utara adalah Edy Rahmayadi dekat Kantor Gubernur Sumatra Utara, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]