Museum Perjuangan TNI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Museum Perjuangan TNI Kodam 1 Bukit Barisan merupakan museum yang terletak di Jalan Zainul Arifin no.8 Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Petisah, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Walaupun namanya adalah Museum perjuangan TNI, tetapi koleksi yang terdapat pada museum ini tidak hanya perlengkapan militer namun juga peninggalan arkeologi, senirupa, relief dan monumen.

Bangunan Museum Perjuangan TNI Kodam I Bukit Barisan ini memiliki sejarah yang cukup panjang hingga menjadi Museum. Didirikan pada tahun 1928, bangunan ini awalnya digunakan sebagai bangunan Asuransi NV. Levensverzekering Mattschappiy "Arhnehen". Pada tahun 1942-1945, bangunan ini dikuasai oleh Jepang seiring pendudukan Jepang di Nusantara. tiga tahun dikuasai Jepang bangunan ini beralih penguasaan di tangan Inggris yang membonceng sekutu pada tahun 1945-1947. Setelah itu bangunan ini dikuasai lagi oleh Belanda selama dua tahun (1947-1949). Pada tahun 1949-1959 bangunan ini dikuasai Indonesia dan difungsikan sebagai kantor Pangdam I sampai III. Berlanjut tahun 1959-1971 berubah menjadi Kantor Angkutan Kodam (Angdam) hingga tahun 1971 barulah menjadi Gedung Museum Perjuangan TNI. Pada tanggal 5 Oktober 1996 Pangdam I Bukit Barisan meresmikan bangunan ini yang sudah selesai direnovasi dan meresmikan namanya menjadi Museum Perjuangan TNI.

Museum ini dapat dikunjungi oleh masyarakat umum pada hari kerja. Waktu kunjungannya Senin-jumat pada pukul 07.00-15.00 WIB. Namun pada hari Sabtu-Minggu museum akan dibuka jika ada permintaan. Tiket masuk museum ini tidak dipatok secara khusus, artinya pengunjung membayar secara sukarela. Fasilitas yang tersedia di Museum Perjuangan TNI Kodam I Bukit Barisan cukup lengkap. Fasilitas tersebut ialah ruang pamer, ruang pamer temporer,ruang perpustakaan, ruang penyimpanan koleksi, ruang administrasi dan toilet.[1][2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DIREKTORI MUSEUM INDONESIA. Jakarta: Sekretariat Direktori Jenderal Kebudayaan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. 2012. hlm. 645–646. 
  2. ^ Akhyar, Aqmarul. "Museum Perjuangan TNI Miliki Koleksi Bendera Merah Putih Pertama yang Dikibarkan di Kota Medan". Tribunnews.com.