Marvell City

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Marvell City
Marvell City.png
Lokasi Surabaya
Alamat Jl. Ngagel 123
Surabaya 60246
Tanggal dibuka 4 Desember 2015
Situs web www.marvellcity.com

Marvell City adalah superblok di Surabaya. Tempat ini dibuka pada tanggal 4 Desember 2015. Pusat perbelanjaannya terdiri dari 5 lantai dengan penyewa - penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Lotte Mart, CGV blitz, Electronic Solution, Fun World, J.CO Donuts, Pandora Escape Game, Tous Les Jours dan masih banyak lagi.

Marvell City Mall merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Sejarah pengembangan[sunting | sunting sumber]

Bangunan yang terletak dekat dengan jembatan BAT Surabaya ini sebetulnya telah memasuki proses pembangunan sekitar 1980an-1990an dengan nama Adistana, dimana di dalamnya terdapat apartemen dan sejumlah fasilitas lainnya. Pada konsep awalnya bangunan apartemen ini menggunakan cladding berwarna merah, yang cukup populer untuk sebuah apartemen saat itu. Namun pada tahun 1990an, bangunan apartemen ini kemudian dibiarkan mangkrak selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2004, sebuah developer asing membeli apartemen Adistana dan mulai melanjutkan pembangunan apartemen ini. Selain itu perusahaan asing tersebut menambah bangunan baru yang disebut E-Square yang rencananya akan menjadi pusat perbelanjaan dengan lantai terbanyak di Surabaya. Apartemen Adistana yang telah ada sebelumnya juga ikut menjadi bagian dari E-Square, dimana antara Adistana dengan mall E-Square dihubungkan melalui jembatan. Namun setelah itu dibiarkan mangkrak lagi selama bertahun-tahun. Akibatnya, penyewa utama E-Square yaitu Carrefour masuk ke mall Central Point, yang tidak jauh dari E-Square.

Pada tahun 2012, superblok ini kembali dibangun dengan nama Marvell City dengan tetap menggunakan bangunan lama Adistana, namum kedua bangunan itu tetap dibiarkan 15 lantai seperti ketika kondisi terakhir sebelum mangkrak. Selain itu juga terdapat penambahan satu tower baru berlantai 36. Sementara mall E-Square yang berada di sebelah utara komplek ini tidak ikut dilanjutkan.

Pada tahun 2015, superblok ini telah selesai dibangun dan pada tanggal 4 Desember pada tahun yang sama, superblok ini resmi dibuka dengan tenant utama Lotte Mart dan juga CGV blitz, yang menjadi CGV blitz pertama di Surabaya.

Pusat perbelanjaan lain yang bersaing dengan Marvell City[sunting | sunting sumber]

Selesai dibangun[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]